Pengaruh Pembelajaran RADEC Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Kelas IV pada Materi Transformasi Energi
Abstract
Model pembelajaran yang kurang bervariasi pada saat pembelajaran akan menyebabkan rendahnya keaktifan siswa di dalam kelas serta kurangnya berpikir kritis hal tersebut juga akan berpengaruh pada kreativitas siswa, sehingga diperlukan sesuatu yang mampu mencegah hal tersebut. Yaitu model pembelajaran RADEC yang dapat membuat iklim kolaboratif ketika pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep dan kreativitas siswa kelas IV SD Negeri 3 Batujajar. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan tipe Non-Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dari 32 sekolah dasar di Kecamatan Batujajar. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling sehingga dipilih SD Negeri 3 Batujajar dengan kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kreativitas siswa. Uji paired sample t test, uji N-Gain, dan uji effect size digunakan untuk menilai hipotesis dalam penelitian ini. hasil menunjukan bahwa, (1) Model RADEC memberikan pengaruh pada kemampuan pemahaman konsep siswa, (2) Ditemukan perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada siswa yang menggunakan pembelajaran model RADEC dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) Model pembelajaran RADEC memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap kreativitas siswa.
Metrics
References
A. Muri Yusuf. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In News.Ge (Issue March).
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Annisa Nur Hidayat, Jajang Bayu Kelana, C. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Development of Teaching Materials Based on the RADEC Learning Model to Improve Understanding of Science Concepts for Class V Elem. Action Research Journal Indonesia, 76.
Ismail, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Ipa. INA-Rxiv Papers, 1–12. https://osf.io/preprints/inarxiv/fbgvh/
Ismail, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Umum. Jurnal Petik, 7(2), 87–92. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i2.1017
Khasanah, M., & Abduh, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Soal Cerita Di Sekolah Dasar 1 FKIP , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia 2 FKIP , Universitas Muhammadiyah Surakarta , Indonesia * Corresponding auth. 6(4), 1529–1543. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7277
Maulana, Y., Sopandi, W., Sujana, A., Robandi, B., Agustina, N. S., Rosmiati, I., Pebriati, T., Kelana, J. B., Fiteriani, I., Firdaus, A. R., & Fasha, L. H. (2022). Development and Validation of Student Worksheets Air Theme based on the RADEC Model and 4C Skill-oriented. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1605–1611. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1772
Nengsih, R. D., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 93 Barru. Bosowa Journal of Education, 3(2), 146–149. https://doi.org/10.35965/bje.v3i2.2637
Novanto, Y. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4665
Pohan, A. A., Abidin, Y., & Sastromiharjo, A. (2020). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 496, 250–258.
Sari, M. Z., Supriatna, N., Gunawan, A., & Handayani, S. (2023). Imajinasi Kreatif Dalam Kemampuan Berpikir Anak Sekolah Dasar , Penting Kah ? 6(4), 1926–1936. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7749
Sari, N., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran RADEC terhadap Penguasaan Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia pada Siswa Kelas V SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(4), 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i4.1460
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV SDN Wonoplintahan II Kecamatan Prambon. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(9), 1537–1547. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24196
Suryana, S. I., Sopandi, W., Sujana, A., & Pramswari, L. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran RADEC. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 225–232. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.1066
Copyright (c) 2024 Ardi Apriansah, Atep Sujana, Ali Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.