Penerapan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar MYOB Siswa Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta

  • Rizal Fathurrizqy Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Titik Ulfatun Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Hasil Belajar, MYOB, Problem-Based Learning

Abstract

Dengan mengimplementasikan pendekatan Problem-Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aplikasi MYOB pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) di SMK Negeri 6 Surakarta. Metode penelitian yang diterapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan sebanyak dua siklus untuk penelitian saat ini. Ada empat Langkah dalam setiap siklus Langkah yang pertama perencanaan kedua Tindakan ketiga observasi dan yang keempat refleksi. 36 peserta didik kelas XI Akuntansi 2 dijadikan sebagai subjek penelitian. Guru dan siswa menjadi sumber data, dengan menggunakan beberapa metode pengumpulan data seperti pertanyaan pre-test dan post-test, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis indikator prestasi belajar, terdapat peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Evaluasi berdasarkan Kriteria Capaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) MYOB menunjukkan bahwa pada pra siklus, hanya 7 peserta didik (19%) yang mencapai KKTP. Pada Siklus yang pertama, jumlah peserta didik yang mencapai KKTP meningkat menjadi 17 peserta didik (47%), dan untuk siklus kedua, seluruh 36 peserta didik (100%) berhasil mencapai KKTP. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning (PBL) efektif dalam meningkatkan hasil belajar MYOB bagi siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas.

Busan, B. S. (2022). Peningkatan hasil belajar akuntansi melalui model PBL kolaboratif di SMA Negeri 1 Gombong. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 192–207. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2507

Choirun, N. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Akuntansi. XI(1), 82–99.

Hafsah. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan Akuntansi Keuangan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.

Harsono, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Ketenagakerjaan Siswa Kelas XI. UMS ETD-db, 1, 5–20.

Iswinar. (2019). Penerapan Strategi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal pendidikan, sains, dan humaniora, 7(5), 22–30.

Mustakim. (2020). Uniqbu Journal Of Exact Sciences ( UJES ). Uniqbu journalof exact sciences, 1(April), 41–45.

Nur Annisa, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017 / 2018. Kajian pendidikan akuntansi indonesia, 7(1), 1–12.

Nurcahyani, I. W., Wicaksono, H. D., & Fauzan, S. (2022). Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , and Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelejaran MYOB Accounting Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa. 2(3), 72–78.

Rahmadani, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan uksw, 7, 241–250. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.

Samsiah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Materi Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Akuntansi 1 Smk Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Variasi, 9.

Sartika, R. D. A. (2020). Pengaruh Kemampuan Akuntansi Perusahaan Dagang, Bahasa Inggris, Dan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(2), 45–61. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i2.32905

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumitro, A, H., Setyosari, Punaji., & S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Pengembangan dan Penelitian, 2(No. 9).

Tamim, G. &. (2019). Model model pembelajaran inovatif.

Winarsih et al. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Motivasi Belajar DI SMK. 5(2), 52–62.

Published
18-02-2024
How to Cite
Rizal Fathurrizqy, & Titik Ulfatun. (2024). Penerapan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar MYOB Siswa Akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 899-908. https://doi.org/10.58230/27454312.445