Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar

  • Emelda Saputri Universitas Islam Riau
  • Laili Rahmi Universitas Islam Riau
Keywords: Media scrapbook, Sistem pencernaan manusia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, 1) Menghasilkan media scrapbook materi sistem pencernaan manusia Kelas V, 2) Menguji kelayakan media scrapbook yang dihasilkan, 3) Memahami respon siswa pada media dihasilkan. Penelitian ini yakni penelitian pengembangan. Model pengembangan dipakai didalam penelitian ini yakni model pengembangan model ADDIE dimana sudah disederhanakan yakni tahap analisis, desain, dan pengembangan. Menurut temuan studi tentang pembuatan media scrapbook untuk pendidikan ilmiah, media yang dibuat telah divalidasi oleh spesialis bahasa dan desain serta validasi materi. Persentase hasil validasi ahli bahasa rata-rata pada validasi pertama adalah 97%, dan hasil rata-rata gabungan dari kedua validasi adalah 91,42%, termasuk dalam kategori “Sangat cocok untuk digunakan” dan selanjutnya validasi ahli design dengan validasi kedua memperoleh persentase sebanyak 92%. Penerimaan siswa terhadap media pembelajaran juga ditunjukkan oleh jawaban mereka terhadap survei respons peneliti dengan hasil angket mencapai 95%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asih Pratitis Kusumaning, Shanty Hawanti, Okto Wijayanti. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Keterampilan membaca. ndonesian Journal Of Primary Education. Vol. 4, No. 1. 87-100

Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Damayanti, M. & Ulhaq Z. (2017). Pengaruh Media Scrapbook (Buku Tempel) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD. Vol. 5, No. 3, pp. 803-812

Permendiknas Nomor 22 tahun 2006

Septiani, U. R. 2020. Kelayakan Scrapbook Sub Materi Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati ndonesia. Jurnal Biologi dan Kependidikan Biologi, 53-55.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Aria Indah. 2021. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Managemen

Sundari, F. L. (2016). Tingkat Pemahaman Siswa Kelas Atas Terhadap Permainan Kasti Di Sd N Jlaban Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo. 147(March), 11–40.

Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. 2014 Metodologi pembelajran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.

Published
24-01-2024
How to Cite
Saputri, E., & Laili Rahmi. (2024). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 15-22. https://doi.org/10.58230/27454312.439