Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kewajiban dan Hak

  • Jovanka Oktavia Venneza Zahra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nurdinah Hanifah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rana Gustian Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Media Smart Box, Hasil Belajar Kognitif, Materi Kewajiban dan Hak

Abstract

Minimnya penggunaan media dalam pembelajaran PPKn melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan media smart box untuk meningkatkan hasil belajar kognitif kelas IV materi kewajiban dan hak serta mengukur peningkatan hasil belajar kognitif kelas IV materi kewajiban dan hak dengan menggunakan media smart box. Metode yang dipilih peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan desain Kemmis dan McTaggart yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sejumlah 28 peserta didik kelas IV B SDN Margamukti menjadi subyek dalam penelitian dengan melakukan 2 siklus. Berdasarkan temuan peneliti menunjukan persentase ketuntasan belajar sebelum menerapkan media smart box pada pra siklus (64%), siklus I (36%), siklus II (89%). Melihat persentase ketuntasan siklus II sebesar 89% menandakan penetapan indikator keberhasilan sebelumnya sebesar 85% telah terpenuhi, sehingga berhasilnya penelitian yaitu pada siklus II. Maka disimpulkan peningkatan hasil belajar kognitif kelas IV SD materi kewajiban dan hak dapat dicapai dengan penerapan media smart box.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aiman, U. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila dan Prestasi Belajar PKn dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Model Picture and Picture di MIN 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 159–168.

https://doi.org/10.14421/jpm.2018.31-13

Alianto, A., Hasan, R., & Irwandi, I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom dan Whatsapp Mesenger Di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah. BIODIK, 7(4), 10–17. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.13565

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan untuk: Guru, Kepala Sekolah & Pengawas (1st ed.). Aditya Media.

Aspiati, A., Hidayat, A., & Arvyaty, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini dengan Media Kotak PIntar di TK Barakati Kota Kendari. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(2), 141–150. https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal

Azizah, A. B., Huwaida, A. N., Asihaningtyas, F., & Fatharani, J. (2020). Konsep, Nilai, Moral dan Norma dalam Pembelajaran PPKn SD. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Basori, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia Dini dengan Menggunakan Media Kotak Pintar di TK Mujahadah. Jurnal Al-Abyadh, 3(2), 52–58. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/191

Budiarti, Y. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Smart Box Berbantu Audio Visual. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 37–40.

https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v4i1.1398

Dewi, D. A., Hidayat, N. A. S. N., Septian, R. N., Apriliani, S. L., & Purnamasari, Y. F. (2021). Peran Pembelajaran Pkn SD dalam Membentuk Karakter Moral Siswa untuk Mempersiapkan Masa Depan Bangsa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5258–5265. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1621

Fatah, P. R., Kisai, A. A., Nurkholis, N., & Labudasari, E. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Sebagai Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Sekolah Dasar. Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-Journal), 9(1), 21–29. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46168

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Habib, A., Astra, I. M., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. JARTIKA: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 25–35.

https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/319

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya (1st ed.). UPI PRESS.

Hanifah, N., & Rahmaniyah, A. (2022). E-Book as Edutainment-Based Learning Media as Active Learning in Social Studies Learning in Elementary Schools. Proceeding The 7th International Seminar on Social Studies and History Education (ISSSHE), 1(1), 562-571.

Hanifah, N., & Syaiba, U. M. (2020). Media Video Interaktif Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Good Character sebagai Respon terhadap Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 558-569. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/364

Kusumaningrum, P. W., Sjamsir, H., & Arbayah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar di TK Islam Terpadu Asiah Kecamatan Mentawan Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. BEduManageRs Journal: Borneo Educational Management and Research Journal, 2(2), 30–41. https://doi.org/10/30872/bedu/v2i2/1599

Mertayasa, I. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Mice Target Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.41914

Nugraha, R. G., Jalal, F., & Boeriswati, E. (2022). The Urgency of the Ecoliteracy Module in Improving the Ecoliteracy Ability of Elementary School Students. Proceedings The 1st International Conference on Language and Language Teaching (InCoLLT), 43-56.

Nugraha, R. G., & Solihin, F. K. (2017). Model “Learning Cycle” to Increase Student Critical Thinking on Learning Concept of IPS Learning Environmenr in Elementary School. JURNAL PESONA DASAR, 5(2), 34–45.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Haidst Syari ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-187. DOI: 10.3351/misykat.v3n1.171

Nursari, B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Media Konkrit Kelas II SDN 6 Baturetno Kecamatan Baturetno Tahun Pelajaran 2019/2020. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES) Conference Series, 3(4), 968-973. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3538–3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(1), 11-18. https://doi.org/10/24246/j.js/2019/v9.i1.p11-18

Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur). JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKN untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18-28. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828

Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9(4), 684–694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665

Sitepu, T. E., Perangin-angin, R. B. B., & Nasriah, N. (2023). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 213–223. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4248

Sukaryanti, A., Murjainah, M., & Syaflin, S. L. (2023). Pengembangan Media Kotak Pintar Keragaman di Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(1), 140–149.

https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.675

Sulaedah, S., Utomo, S., & Ismaya, E. A. (2022). Development of Smart Box of ASEAN Learning Media in Social Science Learning for Class VI Elementary School Students. Uniglobal of Journal Social Sciences and Humanities, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.53797/ujssh.v1i2.9.2022

Susanto, A., & Radiallahuanha, D. (2021). Pengaruh Media Poster terhadap Kreativitas dan Inovasi Anak dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 101. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.10187

Trisari, M. N., & Supriyatno, S. (2023). Pengembangan Media Kotak Misteri Pengembangan Media Kotak Misteri Dalam Pembelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD: Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 890-902. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53231

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111-126. https://jurnal.umj.ac.id.index.php/holistika/article/view/5362

Published
07-02-2024
How to Cite
Jovanka Oktavia Venneza Zahra, Nurdinah Hanifah, & Rana Gustian Nugraha. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Kewajiban dan Hak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545-554. https://doi.org/10.58230/27454312.425