Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD

  • Alif Kurnia Syam Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syekh Adiwijaya Latief Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdan Syakur Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: metode outing class, menulis deskripsi

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah metode Outing Class efektif terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Outing Class terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif atau eksperiment (pre- eksprimental design) dengan desain one-grup pretest-posttest design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SD yang berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teks menulis karangan  deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka metode belajar Outing Class dapat mempengaruhi keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD, yang dapat dilihat dari perbandingan tes hasil pretest dan posttest. Tes hasil belajar siswa pada saat Pre-test paling banyak berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 90,9% saat post-test paling banyak berada pada kategori sedang dengan persentase 36,36%. Hasil perhitungan dengan analisis uji t setelah Thitung = 4,579 dan Ttabel = 2,228 maka diperoleh Thitung ˃ Ttabel atau 4,579˃2,228 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa metode belajar Outing Class dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abid Usmansyah Fadlil. Pengaruh Penggunaan Metode OutddorStudy terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 34 Libureng. (digilib.unismuh.ac.id 2023)

Afifah Alawia. Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. (PiJIES: Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, vol. 2, no.2,Oktober 2019)

Andi Paida. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Melalui Media Animasi Kartun Pada Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar (2021 : 33)

Andri, Sumarni, Nyoman. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. (jurnal pendidikan, vol. 1, no. 2, februari 2016)

Anriyani. Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Di Sekolah Dasar. ((PiJIES: Pedagogik Journal Of Islamic Elementary School, vol. 2, no.2,Oktober 2019)

Dalman, 2018, keterampilan menulis, Depok: Rajawali Pers Demangan Yogyakarta. (Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 2, No.2, Desember2017)

Gereda Agustinus, 2020, Keterampilan Berbahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar, Tasikmalaya : EDU PUBLISHIER

Jalil Kamal Muh. Pengaruh Pembelajaran Konstektual Berbasis Outing Class terhadap Pemahaman Kosa Kata Siswa Kelas V UPT SD Negeri 27 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. (digilib.unismuh.ac.id 2023)

Karmila. Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning Berbasis Kelompok Kecerdasan Sosial. (Jurnal ADHUM vol. VIII No. 1. Januari 2018)

Kurniawan Dedi. Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning pada Kemampuan Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Materi Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Bulukumba.(digilib.unismuh.ac.id 2020)

Published
23-02-2024
How to Cite
Alif Kurnia Syam, Syekh Adiwijaya Latief, & Abdan Syakur. (2024). Efektivitas Penerapan Metode Outing Class Terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SD. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 991-998. https://doi.org/10.58230/27454312.424