Transformasi Pendidikan: Menganalisis Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka pada 3 SMA Penggerak di Jawa Tengah
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka, khususnya di Sekolah Penggerak, menghadapi berbagai macam tantangan. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak yang ada di Provinsi Jawa Tengah beserta tantangannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan desain studi kasus pada 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu SMA PGRI Wirosari Kabupaten Grobogan, SMAN 1 Gondang Kabupaten Sragen, dan SMAN 1 Sambungmacan Kabupaten Sragen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada Kepala Sekolah, dan Guru Komite Pembelajaran. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tiga sekolah telah mengimplementasikan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter. Hal ini dilakukan dengan melibatkan praktisi eksternal, menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang difokuskan pada peserta didik, dan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai sarana untuk berbagi praktik terbaik. Sementara tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang ditemukan diantaranya masih perlu adaptasi bagi peserta didik mengenai pembelajaran berbasis proyek, terdapat miskonsepsi pembelajaran berdiferensiasi, masing-masing satuan pendidik masih perlu arahan lebih lanjut mengenai pembuatan modul ajar mandiri guna menyesuaikan kebutuhan dan fase peserta didik. Penelitian ini memberi kontribusi pada gambaran yang lebih menyeluruh terkait implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat satuan pendidikan.
Metrics
References
Anwar, R. N. (2023). Training On The Preparation Of Teaching Modules For The Project On Strengthening The Profile Of Pancasila Students In The Sekolah Penggerak Program. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 37–45. https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1200
Badar, N., & Bakri, A. (2022). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal JBES:Journal Of Biology Education And Sciencee, 2(2), 1–15. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes
Dianawati, E., Nurwita, Y., & Yulianti, N. (2023). The Positive Impact Of The Independent Teaching Platform (Pmm) For Teachers In Implementation Independent Curriculum. History Of Medicine, 9(1), 1416–1421.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fitriani, S. A., & Sari, D. E. (2019). Penerapan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Penyelesaian Soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Akuntansi. Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial 2019, 73–76.
Hidayati, N., Hidayati, D., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200
Iskandar, S., Sholihah Rosmana, P., Fazilatun Nisa, F., Adzra Nisrina, F., Realistiya, R., & Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Sarana Guru Dalam Pemahaman Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 1301–1306. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/427
Jannah, F., Fathuddin, T. I., & Zahra, P. F. A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar 2022. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Jaya S, T. Van, Purba, S., & Purba, S. (2023). Improving Teacher Competence Using Independent Teaching Application Completing Learning Content Based ICT in Ceria Pantai Labu Kindergarten. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 101–110. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i1.1068
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komala, C., & Nurjannah, N. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X SMAN 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42–49.
Lestari, E. E., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sdn 12 Padanglua Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Ika: Ikatan Alumni PGSD Unars, 12(2), 131–138. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Mamah, Usharyat, Y., & Aprillilaantoni. (2023). Implementation Of Free Learning Curriculum At The Inclusive School At The Senior High School Of Human Bekasi. The Ananual International Conference on Education, 248–252.
Maula, A., & Rifqi, A. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SDN Sidotopo I/48 Surabaya. Journal Edu Learning, 1(3), 73–84.
Moye, J. N. (2019). Differentiating the Dimensions of Curriculum. In Learning Differentiated Curriculum Design in Higher Education (pp. 43–74). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-83867-114-320191006
Munthe, A. P. (2015). Pentingya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52593/klm.04.2.07
Nafisah, S., & Rasyid, H. (2023). Analisis Peralihan Kurikulum K 13 Ke Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ips Di Mts. Nur Ilahi. Jipsos: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Ilmu Ssial, 1(1), 8–14.
Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Palayukan, H., Palengka, I., Panglipur, I. R., & Mahendra, I. W. E. (2023). Pendampingan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Penerapan Merdeka Belajar Pada Tingkat Sma. Communnity Development Journal, 1(4), 8403–8408.
Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069
Puspitasari, A., Muadin, A., & Salabi, A. S. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan Model CIPP di SD Bontang I. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 49–58. http://scholar.google.com/scholar?start=120&hl=e
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Ramadhan, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Proses Adaptasi dan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Journal of Education Research, 4(4), 1846–1853.
Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps
Saraswati, D. A., Sandrina, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, & Lestari, L. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Sari, D. E., Narimo, S., Ahmad, N. L., Sarun, A., Suyatmini, S., Jatmika, S., Mustofa, R. H., Baswara, S. Y., Jannah, M., & Masithoh, D. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Application (MLA) di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 545–552. https://doi.org/10.54082/jamsi.225
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797
Shandilia, C., Ambawani, L., Meista, T., Kusuma, M., & Sumardjoko, S. B. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Akses Platform Merdeka Mengajar ( PMM ). Journal of Education Research, 4(4), 1880–1892.
Sumarsih, I., Marliani, T., Hadiyansah, Y., Hermawan, A. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3291
Sunarmi, & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 1613–1620.
Suranto, Mustofa, R. H., Sari, D. E., Ulfatun, T., Gano-an, J. C., & Amanda, B. (2023). The Contribution of Kampus Mengajar Program to the Students’ Personal Development and Employability. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 2922–2934. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3468
Suranto, Ristiny, Amanda, B., Mustofa, R. H., & Gano-an, J. C. (2023). Soft Skill Values in Basic Accounting Learning in Accounting Department of Vocational High Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 817–829.
Susanto, F., Hidayat, R., M. Rahayu, E., Hertiki, Nungki Nurbani, A., & Kamalil Qorihah, D. (2023). Strategi Penyusunan Modul Ajar Listening-Speaking Berbasis Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Pancasona: Pengabdian Dalam Capukan Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2), 383–394. https://doi.org/10.36456/pancasona.v2i2.7792
Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.
Tanjung, M. R., Amalia, L. L., Language, E., Study, E., Education, L., & Indonesia, P. (2019). the Implementation of Independent Curriculum : Teachers ’ Perception and Difficulties on Developing a Lesson Plan. Proceedings of International Conference on Education Teacher Training & Education Faculty, December.
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569
Copyright (c) 2024 Erlintang Alfin Nurjanah, Rochman Hadi Mustofa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.