Pengaruh Literasi Digital dan Modal Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Vokasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak literasi digital dan modal sosial terhadap prestasi akademis siswa. Literasi digital dalam penelitian ini menggunakan indikator kompetensi yang dikembangkan oleh DigiCom 2.0. Sementara itu, modal sosial diukur dalam dimensi struktural, fungsional, dan kognitif (Chua, 2002). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data melibatkan survei dengan skala Likert dan data sekunder. Populasi yang diteliti terdiri dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan Analis Kimia di Bogor (SMK-SMAK Bogor). Sampel sebanyak 146 responden siswa dari SMK-SMAK Bogor dipilih menggunakan metode simple random sampling. Temuan menunjukkan bahwa literasi digital dan modal sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademis siswa di SMK-SMAK Bogor.
Metrics
References
Amiri, S. (2009). The effects of information and communication technology on at risk children of low economic status: Make It-Take It Case Study. International Journal of Education and Development Using ICT, 5(3), 141–147. https://www.learntechlib.org/p/42275/
Ancok, D. (2003). Modal sosial dan kualitas masyarakat. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 8(15), 4–14. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol8.iss15.art1
Brown, B. C. (2009). An examination of the relationship between digital literacy and student achievement in Texas elementary schools. The University of Oklahoma. https://www.proquest.com/openview/4f8af75c0e5ea5e95cafa25fd6a052fd/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750
Chua, A. (2002). The influence of social interaction on knowledge creation. Journal of Intellectual Capital, 3(4), 375–392. https://doi.org/10.1108/14691930210448297
Erkan, A. (2011). Effects of social capital on academic success: A narrative synthesis. Educational Research and Reviews, 6(6), 456–461. https://academicjournals.org/journal/ERR/article-full-text-pdf/8BD71B95320
Fairlie, R. W., Beltran, D. O., & Das, K. K. (2010). Home computers and educational outcomes: Evidence from the NLSY97 and CPS. Economic Inquiry, 48(3), 771–792. https://doi.org/10.1111/j.1465-7295.2009.00218.x
Helmawati. (2018). Mendidik anak berprestasi melalui 10 kecerdasan. PT Remaja Rosdakarya.
Kuhfeld, M., Soland, J., Tarasawa, B., Johnson, A., Ruzek, E., & Liu, J. (2020). Projecting the potential impact of COVID-19 school closures on academic achievement. Educational Researcher, 49(8), 549–565.
Mishra, S. (2020). Social networks, social capital, social support and academic success in higher education: A systematic review with a special focus on ‘underrepresented’students. Educational Research Review, 29, 100307.
Moh, R. Z., & Mustajab, A. R. A. (2019). Prestasi belajar. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Neri, F., & Ville, S. (2008). Social capital renewal and the academic performance of international students in Australia. The Journal of Socio-Economics, 37(4), 1515–1538.
Olowo, B. F., Alabi, F. O., Okotoni, C. A., & Yusuf, M. A. (2020). Social media: Online modern tool to enhance secondary schools students’ academic performance. International Journal on Studies in Education, 2(1), 26–35.
Pagani, L., Argentin, G., Gui, M., & Stanca, L. (2016). The impact of digital skills on educational outcomes: evidence from performance tests. Educational Studies, 42(2), 137–162.
Sivakumar, R. (2020). Effects of social media on academic performance of the students. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 8(2), 90–97.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Van Deursen, A. J. A. M., & Van Dijk, J. A. G. M. (2009). Using the Internet: Skill related problems in users’ online behavior. Interacting with Computers, 21(5–6), 393–402.
Copyright (c) 2024 Heri Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.