Model Numbered Heads Together Sebagai Strategi Meningkatkan Abilitas Akademik dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

  • I Wayan Yudi Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: NHT, Hasil Belajar, Abilitas Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan abilitas akademik siswa 2) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA, dan 3) mengetahui perbedaan yang simultan abilitas akademik dan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran numbered heads together dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian seluruh kelas V SD  Gugus IV Ra. Kartini Kecamatan Denpasar Barat yang berjumlah 234 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen yaitu SD Negeri 27 Pemecutan berjumlah 29. Sedangkan untuk kelas kontrol SD Negeri 19 Pemecutan berjumlah 27. Desain penelitian post-test only non equivalent control group design. Data dianalisis dengan menggunakan Anava dan Manova. Hasil penelitian yakni: (1) hasil signifikansi 0,001 < 0,005 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan abilitas akademik siswa yang dibelajarkan model pembelajaran numbered heads together dengan siswa yang tidak dibelajarkan. (2) Hasil signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran numbered heads together terhadap hasil belajar pada. (3) Hasil signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh secara simultan model numbered heads together terhadap abilitas akademik dan hasil belajar. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together berpengaruh positif terhadap abilitas akademik dan hasil belajar IPA siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amany, N., Yustiana, S., & Afandi, M. (2022). Uji Manova Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, 14, 9–20. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/desc.12866

Basyarewan, R. U., Laamena, C. M., & Ngilawajan, D. A. (2022). Efektivitas Model Nht Dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2774. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5500

Fatahullah, M. M., & Pratiwi, A. R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V. JRPD (Jurnal Riset …, 05(2), 142. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/9017%0Ahttps://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/viewFile/9017/5181

Hau, E. M., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Umbu Ratu Nggay. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(1), 89–98. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2607

Kurati, A., & Muhandaz, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Xi. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.47165/jpin.v1i1.3

Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1020. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780

Lumbantoruan, W., Sirait, J., Saut, P., Sihombing, R., Guru, P., Dasar, S., & Belajar, H. (2023). Pengaruh MHT Terhadap Hasil Belajar Kelas V Tema Makanan Sehat. Pedistara, 6(2), 191. https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/3115

Mimpin, N. W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Education Action Research, 6(3), 376. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.49527

Mustajab, A., Bahri, S., & Apriani, V. K. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dalam Materi Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 06 Pemodis. Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya (QUANTUM), 3(1), 20. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/QJIPI/article/download/1051/587

Pramartha, I. P. A., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Abilitas Akademik pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 247–256. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61576

Putra, Pujani, & Priyanka. (2023). Analisis Minat Belajar Ipa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 11(2), 23. https://doi.org/10.23887/jppii.v11i2.60897

Quraisy, A. (2022). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 3(1), 9. https://doi.org/10.36339/jhest.v3i1.42

Ramadani, N., Ananda, L. J., Rangkuti, I., Simanjuntak, E. B., & Manurung, I. F. U. (2023). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 066054 Kec. Medan Denai T.A 2022/2023. Jurnal Of Student Development Information System (JoSDIS), 3(2), 161. https://doi.org/10.36987/josdis.v3i2.4676

Saragih, K. A., Napitupulu, R. P., Sitio, H., & Tambun, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 462. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.3060

Siallagan, M., Ica, Sianturi, L., Canni, Sirait, J., Guru Sekolah Dasar, P., HKBP Nommensen Pematangsiantar, U., Sangnawaluh No, J., Suhu, S., Siantar Tim, K., Pematang Siantar, K., & Utara, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 091524 PNP Tonduhan. Journal on Education, 06(01), 5143. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3688

Solikin, A. F., & Wibowo, F. W. (2022). Uji Homogenitas Dan Heterogenitas. Fahma, 20(1), 3. https://ejournal.stmikelrahma.ac.id/index.php/fahma/article/download/39/31

Sujiyati, T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 207–218. https://doi.org/10.5281/zenodo.5232392

Tambun, N. K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(4), 511. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52105

Wahidah, A. N. (2022). Critical-Mathematical dalam Perkuliahan Metodologi Penelitian Kuantitatif pada Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Pontianak. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2469. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1566

Widiani, N. L. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) sebagai Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 537. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39475

Wiley, J., & Sons. (2021). Effects of game-based and standard executive control training on cognitive and academic abilities in elementary school children. Natural Library, 2(4), 2. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/epdf/10.1111/desc.12866#accessDenialLayout

Yeni, H. O., Anggraini, C., & Meiliana, F. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Visual. Global Health, 167(1), 11. https://www.e-ir.info/2018/01/14/securitisation-theory-an-introduction/

Yuliana, T., & Muhammad, A. F. N. (2023). Efektivitas Metode Tutor Sebaya terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 671. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.677

Yusni, A. S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Facial Foam Berlabel for Men Untuk Konsumen Pria Alifia Shafira Yusni. E-Jurnal, 12(3), 297. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/55952/44070

Published
09-02-2024
How to Cite
Yudi Antara, I. W., I Gede Margunayasa, & I Wayan Lasmawan. (2024). Model Numbered Heads Together Sebagai Strategi Meningkatkan Abilitas Akademik dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 717-726. https://doi.org/10.58230/27454312.416