Dinamika Subjective Well-Being dan Resiliensi Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi

  • Amelia Rizki Idhartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nurul Hidayati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: subjective well-being, resiliensi, orang tua anak berkebutuhan khusus

Abstract

Keluarga dengan anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki kompleksitas relasi antar anggota keluarganya. Hal ini seringkali menjadi stressor tersendiri yang memengaruhi subjective well-being dan resiliensi orang tua. Subjective well-being (SWB) yakni evaluasi subjektif seseorang terhadap hidupnya yang meliputi komponen kepuasan hidup, efek positif, dan efek negatif. Berbagai faktor dapat mempengaruhi SWB seseorang. Resiliensi yang dimaksud merupakan suatu bentuk kemampuan orang tua ABK dalam mengatasi kesulitan atau masalah yang diakibatkan oleh keberadaan dan kondisi ABK demi tercapainya keadaan harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh informasi dan pemahaman akurat mengenai dinamika subjective well-being dan resiliensi orang tua ABK di sekolah inklusi sehingga dapat menjadi bahan referensi bagi penelitian berikutnya dan atau bagi para pembaca luaran penelitian yang berupa artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian dilakukan dengan cara triangulasi sumber, pengumpulan data, dan waktu. Hasil penelitian yang dicapai adalah subjective well-being dan resiliensi orang tua ABK di sekolah inklusi dapat diperbaiki dan ditingkatkan dengan adanya penanganan dari sekolah khusus untuk orang tua ABK, yakni diadakannya program sosialisasi pendalaman kondisi ABK, konsultasi atau sharing session secara indivual, dan seminar tentang ABK.

Keywords: subjective well-being, resiliensi, orang tua anak berkebutuhan khusus

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Nurul Hidayati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Program Studi Pendidikan Khusus

References

Andayani, S. A., Pudjibudojo, J. K., & Tjahjono, E. (2021). External and Internal Factors Affecting Subjective Well Being Parents of Children With Special Needs. Proceedings of the International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE 2020), 530(Icpsyche 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210423.040

Djap, W., Mustikasiwi, A., Hermawati, O., Irawan, D., & Santosa, E. (2021). The Resilience of Single Mothers with Special Needs Children in Supporting Their Education and Fulfilling Their Needs During The COVID-19 Pandemic. IJDS: Indonesian Journal of Disability Studies, 8(02), 425–439. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.10

Hasanah, N., Mulyati, & Tarma. (2019). Hubungan Parenting Self-Efficacy Dengan Subjective Well-Being Pada Ibu Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 6(02), 103–108. https://doi.org/10.21009/jkkp.062.04

Indriasari, F. N. (2022). Resilience and Parenting Stress in Mothers of Children With Mental Retardation During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan Soedirman, 17(2), 63–68. https://doi.org/10.20884/1.jks.2022.17.2.5285

Kusumandari, R., Arifiana, I. Y., Saprida, J., & Gading, A. (2021). Resiliensi Orangtua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus Di Masa Pandemi. Psikologi Konseling, 18(1), 844. https://doi.org/10.24114/konseling.v18i1.27827

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Pranindita, P., & Ayriza, S. Y. (2019). The Relationship of Parenting Self-Efficacy as A Predictor of Resilience to Parents of Children with Special Needs in Inclusive Schools. 296(Icsie 2018), 29–32. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.6

Scarvanovi, B. W., Syifa, L., Agustina, S., & Hidayati, F. (2020). Hope and Resilience among Pre-Championship Athletes with Disabilities. Journal of ICSAR ISSN, 4(1), 22–26.

Sharafudeen Thanikatt, Bollapalli Raj Vijay, Thalathoti Raju, & Bollikonda Nagaraju. (2022). View of A Study on the Attitudes of the Parents of Children with Intellectual Disabilities towards inclusion of their children with Normal Children in Inclusive Education set up. Journal Of Positive School Psychology, 6(3), 8146–8163.

Shenaar-Golan, V. (2017). Hope and subjective well-being among parents of children with special needs. Child and Family Social Work, 22(1), 306–316. https://doi.org/10.1111/cfs.12241

Published
05-02-2024
How to Cite
Idhartono, A. R., & Hidayati, N. (2024). Dinamika Subjective Well-Being dan Resiliensi Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 417-426. https://doi.org/10.58230/27454312.414