Pengaruh Media SMARD Terhadap Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VI Pada Materi Bangun Datar

  • Ratna Nindya Universitas Pendidikan Indonesia
  • I. Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia
  • Riana Irawati Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: SMARD, Pemahaman Matematis, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan mengenai urgensi dari meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dalam mempelajari matematika khususnya pada materi bangun datar. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik maka penelitian ini membahas mengenai media SMARD yang dibandingkan dengan media konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media SMARD terhadap pemahaman matematis peserta didik kelas VI. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan pretest dan postest Non-Equivalent Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI se-kecamatan Cihaurbeuti dengan jumlah keseluruhan sebanyak 29 sekolah. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik nonprobability sampling  sehingga dipilih SDN Padamulya 1 sebagai kelas eksperimen atau dengan menggunakan media SMARD dan SDN Padamulya 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional menggunakan media power point. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Media SMARD memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis, (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis pada peserta didik yang melakukan pembelajaran menggunakan media SMARD dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alpian, R., & Anggoro, B. S. (2020). Analisis Penalaran Matematis Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 96–105. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.4761

Andini, N. A. M. H. H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran TANGRAM Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Luas dan Keliling Bangun Datar. Jurnal Trunojoyo, 7, 27–37.

Anies Solichah, L., & Mariana, N. (n.d.). PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN WONOPLINTAHAN II KECAMATAN PRAMBON.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif (P. Latifah, Ed.; 1st ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Fatimah, L., Maulana, M., Isrok ’atun, I., Studi, P., Upi, P., Sumedang, K., Mayor, J., & 211 Sumedang, A. N. (2017). PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERSTRATEGI “MURDER” TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Vol. 2, Issue 1).

Fauzi, Y. N., Irawati, R., & Aeni, A. N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2749

Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50

Lestari, P., & Romdiani, N. S. (2018). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA. 1. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index

Mohammad, W., & Maulidiyah, N. R. (2023). Pengaruh Pendekatan Permainan dalam Kartu Pinmat Math Hero terhadap Pemahaman Matematika di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i1.69

Nurhidayah, N., & Waskitoningtyas, R. S. (2023). Implementation of problem-based learning models to improve understanding of mathematics concepts at Al-Hassan high school. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 9(1), 76–88. https://doi.org/10.29407/jmen.v9i1.19544

Rismayanis, A., Kusnandar, N., & Yoga Juanda, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GELAS PERKALIAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PERKALIAN (PENELITIAN EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS II SDN GUDANG KOPI II KECAMATAN SUMEDANG SELATAN KABUPATEN SUMEDANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021). In Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA) (Vol. 6, Issue 1). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Robiana, A., Handoko, D. H., Tadris Matematika, J., Syekh, I., Cirebon, N., Perjuangan, J., Sunyaragi, P., Cirebon, J., & Barat, I. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengaruh Penerapan Media UnoMath untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. 9(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Sholeha, L. A., Novianti, D., Chotimah, S., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). PENGARUH MEDIA ICT BERBASIS FOR VBA EXCEL TERHADAP SELF CONFIDENCE MATEMATIS SISWA SD PADA MATERI BANGUN RUANG. Journal On Education P, 02(01), 104–109.

Yugiarti, R., Widyaningrum, H. K., & Laksana, M. S. D. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Scrapbook terhadap Pemahaman Materi Bangun Datar Kelas III di SDN 01 Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1490-`1498.

Yusuf, M. A. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Edisi pertama). PT Fajar Interpratama Mandiri.

Published
26-01-2024
How to Cite
Nindya, R., I. Isrokatun, & Irawati, R. (2024). Pengaruh Media SMARD Terhadap Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VI Pada Materi Bangun Datar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 57-68. https://doi.org/10.58230/27454312.413