Pemanfaatan Spotify Sebagai Media Dongeng dalam Upaya Digitalisasi Sastra Anak

  • Sumarni Universitas Islam Malang
  • Ari Ambarwati Universitas Islam Malang
  • Moh. Badrih Universitas Islam Malang
Keywords: Dongeng, Menyimak, Sastra Anak, Spotify

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Spotify sebagai media dongeng terhadap perkembangan literasi anak-anak. Metode studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi sumber-sumber terkait sastra anak, media mendongeng, dan era digital. Spotify, sebagai platform streaming musik terkemuka, tidak hanya menyediakan musik tetapi juga menyajikan beragam dongeng anak-anak dalam format podcast. Pengalaman mendengarkan yang interaktif dengan musik latar, suara karakter, dan efek suara menciptakan keterlibatan mendalam bagi anak-anak. Meskipun memberikan manfaat positif, terdapat tantangan terkait ketergantungan teknologi, menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam memastikan konten yang diakses sesuai dengan nilai dan standar pendidikan. Keselarasan konten dengan kurikulum pendidikan menjadi penting untuk memastikan pemilihan cerita yang mendukung perkembangan anak-anak. Dengan kemampuannya sebagai alat pendidikan, Spotify dapat mendukung pengembangan literasi digital, keterampilan menyimak, dan inovasi dalam pembelajaran sastra anak. Penekanan pada potensi dan tantangan penggunaan Spotify dalam pembelajaran anak-anak menggarisbawahi peran sentral orang tua dan pendidik dalam membimbing penggunaan platform ini guna mendukung perkembangan literasi dan pendidikan positif anak-anak di era digital.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amanda, R. W. Penggunaan Media Aplikasi Spotify dalam Menulis Cerita Rakyat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Anshori, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114

Artha, B. … Az Zahra, K. (2022). Industrial Agglomeration: Suatu Studi Literatur. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 4(1), 13–19. https://doi.org/doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41

Barliana, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran audio cerita pendek yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 1–7. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id

Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022, February). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 272-281).

Danandjaja, J. (1986). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Dewi, K. S. Y., Sriasih, S. A. P., & Wendra, I. W. (2023). Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” Sebagai Media Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(2).

Efendi, M. F., & Dkk. (2019). Analisis Cerita Rakyat Miaduka Ditinjau dari Kajian Sastra Anak. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 248–249.

Ernawati, & Rasna. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9(2), 133–141.

Farahiba, A. S. (2017). Eksistensi Sastra Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Tingkat Pendidikan Dasar. 1(1), 47–60.

Hairul, M. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Trikosi (Trisula Kompetensi Literasi). Prosiding Seminar Nasional 5: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622

Nurhamidah, D. Penggunaan Media Podcast Spotify Akun Dongeng Eyang Anniek dalam Pembelajaran Menyimak Unsur Intrinsik Fabel Pada Siswa Kelas VII MTSn 1 Kota Serang, Banten Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Koniyo, R., Juniarti, G., & Damity, F. (2023). Wujud Determinisme Teknologi dalam Audiobook untuk Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 28-43.

Niranjani, N. K. S., Wisudariani, N. M. R., & Nurjaya, I. G. Analisis Kanal “Dongeng Kita” sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pusposari, D. (2022). Multihost Podcast Development as Teaching Materials in Digital Literature Court. International Journal of Science and Research (IJSR), 11(1).

Rohmiasih, C., Rohmiati, C., & Sartika, S. (2022, September). Penggunaan Berbagai Media untuk Mendogeng sebagai Upaya Penerapan Sastra Anak di Era Digital. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1, pp. 427-435).

Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2).

Setiawati, Y., & Fithriyah, I. (2020). Deteksi Dini dan Penanganan Kecanduan Gawai pada Anak. Surabaya: Airlangga University Press.

Sukma, H. H., & Evitriana, N. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Komprehensif Berbasis Budaya Nusantara untuk Kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 408–416.

Wahyudi, I., & Nurhadi, Y. (2018). Implementasi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(3), 179–185.

Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan, (keenam). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zed, M. (2008). Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published
03-02-2024
How to Cite
Sumarni, Ari Ambarwati, & Moh. Badrih. (2024). Pemanfaatan Spotify Sebagai Media Dongeng dalam Upaya Digitalisasi Sastra Anak . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 251-260. https://doi.org/10.58230/27454312.408