Pemanfaatan Spotify Sebagai Media Dongeng dalam Upaya Digitalisasi Sastra Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan Spotify sebagai media dongeng terhadap perkembangan literasi anak-anak. Metode studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi sumber-sumber terkait sastra anak, media mendongeng, dan era digital. Spotify, sebagai platform streaming musik terkemuka, tidak hanya menyediakan musik tetapi juga menyajikan beragam dongeng anak-anak dalam format podcast. Pengalaman mendengarkan yang interaktif dengan musik latar, suara karakter, dan efek suara menciptakan keterlibatan mendalam bagi anak-anak. Meskipun memberikan manfaat positif, terdapat tantangan terkait ketergantungan teknologi, menekankan pentingnya peran orang tua dan pendidik dalam memastikan konten yang diakses sesuai dengan nilai dan standar pendidikan. Keselarasan konten dengan kurikulum pendidikan menjadi penting untuk memastikan pemilihan cerita yang mendukung perkembangan anak-anak. Dengan kemampuannya sebagai alat pendidikan, Spotify dapat mendukung pengembangan literasi digital, keterampilan menyimak, dan inovasi dalam pembelajaran sastra anak. Penekanan pada potensi dan tantangan penggunaan Spotify dalam pembelajaran anak-anak menggarisbawahi peran sentral orang tua dan pendidik dalam membimbing penggunaan platform ini guna mendukung perkembangan literasi dan pendidikan positif anak-anak di era digital.
Metrics
References
Amanda, R. W. Penggunaan Media Aplikasi Spotify dalam Menulis Cerita Rakyat pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Anshori, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114
Artha, B. … Az Zahra, K. (2022). Industrial Agglomeration: Suatu Studi Literatur. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 4(1), 13–19. https://doi.org/doi.org/10.36768/abdau.v2i1.41
Barliana, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran audio cerita pendek yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 4(1), 1–7. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id
Cahyani, C. D., Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022, February). Studi Literatur: Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 272-281).
Danandjaja, J. (1986). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.
Dewi, K. S. Y., Sriasih, S. A. P., & Wendra, I. W. (2023). Analisis Siniar “Dongeng Anak Masa Kini” Sebagai Media Ajar dalam Pembelajaran Cerita Fantasi di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 13(2).
Efendi, M. F., & Dkk. (2019). Analisis Cerita Rakyat Miaduka Ditinjau dari Kajian Sastra Anak. Jurnal Ilmu Budaya, 3(3), 248–249.
Ernawati, & Rasna. (2020). Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9(2), 133–141.
Farahiba, A. S. (2017). Eksistensi Sastra Anak Dalam Pembentukan Karakter Pada Tingkat Pendidikan Dasar. 1(1), 47–60.
Hairul, M. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Trikosi (Trisula Kompetensi Literasi). Prosiding Seminar Nasional 5: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121–125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.622
Nurhamidah, D. Penggunaan Media Podcast Spotify Akun Dongeng Eyang Anniek dalam Pembelajaran Menyimak Unsur Intrinsik Fabel Pada Siswa Kelas VII MTSn 1 Kota Serang, Banten Tahun Pelajaran 2021/2022 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Koniyo, R., Juniarti, G., & Damity, F. (2023). Wujud Determinisme Teknologi dalam Audiobook untuk Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 28-43.
Niranjani, N. K. S., Wisudariani, N. M. R., & Nurjaya, I. G. Analisis Kanal “Dongeng Kita” sebagai Bahan Materi Teks Cerita Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP.
Nurgiantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Pusposari, D. (2022). Multihost Podcast Development as Teaching Materials in Digital Literature Court. International Journal of Science and Research (IJSR), 11(1).
Rohmiasih, C., Rohmiati, C., & Sartika, S. (2022, September). Penggunaan Berbagai Media untuk Mendogeng sebagai Upaya Penerapan Sastra Anak di Era Digital. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1, pp. 427-435).
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Samosir, R. R. Y. B. (2021). Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 10(2).
Setiawati, Y., & Fithriyah, I. (2020). Deteksi Dini dan Penanganan Kecanduan Gawai pada Anak. Surabaya: Airlangga University Press.
Sukma, H. H., & Evitriana, N. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Menyimak Komprehensif Berbasis Budaya Nusantara untuk Kelas III Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 408–416.
Wahyudi, I., & Nurhadi, Y. (2018). Implementasi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(3), 179–185.
Wellek, R., & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan, (keenam). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Zed, M. (2008). Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Copyright (c) 2024 Sumarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.