Pendidikan Islam dan Kebangkitan Kaum Cendikiawan Muslim Indonesia

  • Muhammad Ali Universitas Islam Annur Lampung
  • AA Andari Universitas Islam An Nur Lampung
Keywords: Cendekiawan Muslim, ICMI

Abstract

Pendidikan Islam memiliki sejarah panjang di Indonesia, dengan berbagai lembaga pendidikan seperti pesantren dan madrasah. Cendekiawan Muslim memiliki peran penting dalam menjaga ajaran Islam dan membangun masyarakat yang kuat. Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) didirikan pada tahun 1990 untuk menyatukan dan memberdayakan umat Islam. Penelitian pustaka dengan analisis isi digunakan sebagai metode untuk menganalisis literatur tentang sejarah ICMI dan peran cendekiawan Muslim. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ICMI telah berkontribusi secara signifikan untuk meningkatkan peran akademisi Muslim di Indonesia. Latar belakang lahirnya ICMI termasuk ketidakpuasan rakyat Islam terhadap kebijakan Orde Baru, keinginan rakyat untuk kembali berpartisipasi dalam politik nasional, dan perbedaan pendapat antara cendekiawan Muslim tentang pembaharuan pemikiran keagamaan. ICMI menawarkan tempat bagi cendekiawan Muslim untuk berkumpul dan bertukar ide, memberi mereka akses untuk terlibat dalam pengambilan keputusan politik, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran cendekiawan Muslim, dan mendorong mereka untuk membantu pembangunan bangsa. Dari sejarah pendirian ICMI, dapat diambil pelajaran betapa pentingnya cendekiawan Muslim untuk membangun bangsa, bekerja sama dengan pemerintah, menjaga organisasi dari intervensi politik, dan terus membaharui pemikiran keagamaan Islam.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Armansyah, Y. (2017). Dinamika Perkembangan Islam Politik Di Nusantara: Dari Masa Tradisional Hingga Indonesia Modern. Fokus: Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(1), 27–46.

Azra, A. (2017). Surau: Pendidikan Islam Tradisi dalam Transisi dan Modernisasi. Kencana.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di tengah Tantangan Milenium III. Prenada Media.

Bashori, B. (2017). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 47. https://doi.org/10.22202/mamangan.1313

Cipta, S. E., & Riyadi, T. S. (2020). Perkembangan Tradisi Keilmuan Islam dan Gerakan Pemikiran: Islam Madzhab Ciputat dan Himpunan Mahasiswa Islam. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3448

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), Article 1.

El Muhtaj, M., Siregar, M. F., Pa, R. B. B., & Rachman, F. (2020). Literasi Hak Asasi Manusia dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal HAM, 11(3), 369. https://doi.org/10.30641/ham.2020.11.369-386

Fakhruddin, F., Asha, L., Nuzuar, N., Hidayat, R., & Arifin, Z. (2014, December 20). Arah Pengembangan Atmosfer Akademik Pembentukan Iklim Kampus yang Beretikan dan Bermoral [Monograph]. IAIN Curup. http://repository.iaincurup.ac.id/582/

Fathih, M. A., & Muhlis, N. K. (2023). Problematika Penerapan Manajemen Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Islam. Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.58401/dirasah.v6i1.509

Fauziah, A. (2018). Aisyah Aminy: Karier politik dan pemikirannya (1987-2004) [bachelorThesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Adab dan Humaniora, 2018]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38063

Firmandia, F. Q. (2023). Politik Islam Soeharto: Studi Tentang Respon Soeharto Dalam Pendirian ICMI [Diploma, Universitas Nasional]. http://repository.unas.ac.id/6391/

Hambali, Muh., & Mu’alimin, M. (2020). Manajemen Pendidikan Islam Kontemporer. IRCISOD.

Hasbullah, M., & Rahman, M. T. (2016). Islamisasi, politik dan transformasi pendidikan:Analisis atas Perkembangan Politik Nasional dan Manifestasinya pada Pengembangan Pesantren di Jawa Barat [Monograph]. LP2M UIN SGD Bandung. https://etheses.uinsgd.ac.id/13100/

Hidayat, M., Fuadi, M., & Alhaddad, M. R. (2022). Konstrbusi Pendidikan Islam terhadap Kebangkitan Cendikiawan Muslim di Indonesia. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53649/taujih.v4i1.106

Iqbal, I. (2017). Konflik Etno-Religius’ di Indonesia Kontemporer Dalam Pandangan Orde Baru. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 9(1), Article 1.

Khasanah, L. (2019). Dampak Kebijakan Pendidikan Islam (Study Tentang Lahirnya Kelas Elit Muslim di Indonesia). ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.8

Khoiri, M. (2014). Peran Icmi dalam perkembangan politik Islam Indonesia ( Analisis tahun 1990-2000 ) [Masters, Pascasarjana UIN-SU]. http://repository.uinsu.ac.id/2808/

Kurniyat, E. (2018). Memahami Dikotomi Dan Dualisme Pendidikan Di Indonesia. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/rf.v14i1.669

Mahanum, M. (2021). Tinjauan Kepustakaan. ALACRITY : Journal of Education, 1–12. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.20

Mubarak, H. Z. (2020). Wacana Islam Dalam Politik Praktis Di Indonesia. Jurnal Widya Citra, 1(2), 18–36.

Mubarak, M. Z., & Bakar, M. Z. A. (2018). Politik Islam Mahathir Mohammad Di Malaysia Dan Soeharto Di Indonesia. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 15(1), 27–58. https://doi.org/10.22515/ajpif.v15i1.1292

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01), Article 01. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347

Nur, F., Anita, & Sunaryo, U. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter. Unisan Jurnal, 1(5), Article 5.

Nursaid, N. K. (2019). Islamic Education Reorientation In Growing The Fitrah Goodness In The Era Of Globalization. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.33477/alt.v4i1.755

Rahmawati, R. F. (2016). Kaderisasi Dakwah Melalui Lembaga Pendidikan Islam. 1(1).

Ridwan, N. K., & Rozaki, A. (2015). Gerakan Kultural Islam Nusantara: Vol. Vol. 1 (No. 1; Issue No. 1). Jamaah Nahdliyin Mataram (JNM) bekerjasama dengan Panitia Muktamar NU Ke-33. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25395/

Rosi, B. (2017). “Kalimah Sawa” Sebagai Konsep Teologi Inklusif Nurcholish Madjid [bachelorThesis]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36520

Rusdiana, & Nasihudin. (2021). Peran Pimpinan PTKIS: Dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis KKNI Menuju Akuntabilitas Perguruan Tinggi. Pusat Penelitian Dan Penerbitan Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ruslan, F. (2019). Politik Hukum Islam Masa Orde Baru Dan Produk Perundang-Undangannya. Al Qisthas Jurnal Hukum Dan Politik, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.37035/alqisthas.v10i2.2347

Sunarko, A. (2015). IPTEK Dalam Perspektif Al-Qur’an. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 15(1), Article 1.

Tang, M. (2018). Kajian Religius-Historis Pendidikan Islam di Indonesia. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.54180/elbanat.2018.8.1.52-74

Tohet, M. (2017). Pemikiran Pendidikan Islam Kh. Abdurrahman Wahid Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.747

Wijaya, A. (2014). Demokrasi dalam Sejarah Ketatanegaraan Republik Indonesia. Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam, 4(01), Article 01. https://doi.org/10.15642/ad.2014.4.01.136-158

YUDHYARTA, D. Y. (2013). Pembaharuan Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam Di Indonesia (Telaah Kritis Pemikiran Harun Nasution) [Thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/2576/

Zulmuqim, Z., Samad, D., & Tabrani, T. (2023). Pendidikan Islam Dan Kebangkitan Cendekiawan Muslim. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2261

Published
29-02-2024
How to Cite
Ali, M., & AA Andari. (2024). Pendidikan Islam dan Kebangkitan Kaum Cendikiawan Muslim Indonesia . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1351-1360. https://doi.org/10.58230/27454312.401