Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Active Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Mode True Or False di SMA Swasta Mujahidin Pontianak

  • Iwan Ramadhan Univeritas Tanjungpura
Keywords: Pembelajaran Sosiologi, Model active learning, Quizizz, Mode true or false

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil implementasi pembelajaran Sosiologi menggunakan model Active Learning berbasis Quizizz mode True or False di kelas 11 IPS 3 SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Pemanfaatan aplikasi Quizizz untuk melibatkan siswa secara efektif dan berperan aktif dalam kegiatan belajar. Hasil prariset yaitu kelas 11 IPS 3, guru menghadapi masalah pasifnya siswa dalam pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sampel penelitian terdiri dari bebera siswa dan guru Sosiologi. Data diperoleh selanjutnya dianalisi berdasarkan tahapan reduksi, presentasi, gambaran kesimpulan dan verifikasi secara sistematis untuk mengidentifikasi pola atau hubungan siswa dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Active Learning melalui aplikasi Quizizz mode True or False memberikan dampak positif, sejalan dengan pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), terutama terkait dengan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sosiologi. RPP memuat runtutan dari pembukaan, kegiatan inti, hingga penutup yang terdiri dari 3 aspek penilaian yaitu kognitif, sikap, dan keterampilan. Siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi dan kemampuan mereka untuk memahami konsep-konsep sosiologi meningkat. Selain itu, interaksi antarsiswa juga terstimulasi melalui penggunaan model pembelajaran ini. Harapannya, penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang berharga bagi para pelaku pendidikan, terutama dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan tuntutan siswa di era digital saat ini. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi landasan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan penerapan model pembelajaran serupa dalam konteks pendidikan yang berbeda.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Imran, I., Okianna, O., Ramadhan, I., Al Hidayah, R., Ismiyani, N., Prancisca, S., ... & Solidah, S. N. 2022. “Penerapan Literasi Berbasis IT Dalam Pembelajaran Melalui Media E-Book Di SMPN 7 Sungai Raya.” Jurnal Kewarganegaraan 6(2): 5018–20.

Mardiyanti, Lisa Ranti et al. 2022. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Model Blended Learning Berbasis Media Google Classroom.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 1349–58.

Nugraha, Taufan Jaya, Nuraini Asriati, and Iwan Ramadhan. 2023. “Efektivitas Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kahoot! Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 2 Pontianak.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 6(2): 319–31.

Nurdin, Ahmad Ali, Aprillia Eka Saptaningrum, and Heny Kusmawati. 2023. “Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah.” Journal of Student Research (JSR) 1(1).

Pratama, Surya et al. 2023. “Merdeka Curriculum: Learning Systems and Challenges at Islamic Schools in Pontianak City.” In 3rd Borneo International Conference on Islamic Higher Education (BICIHE) 2023, , 90–96.

Purnama, S., Adlika, N. M., Wiyono, H., Ramadhan, I., Firmansyah, H., & Budiman, J. 2022. “Analisis Pemahaman Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru-Guru IPS.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 32(2): 263–79.

Ramadhan, I., Prancisca, S., & Imran, I. 2022. “Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 10 Pontianak.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5(1): 76–88.

Ramadhan, I., Wiyono, H., Adlika, N. M., Firmansyah, H., & Purnama, S. 2022. “Strategi Mempersiapkan Dan Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas Selama Masa Pendemi Covid-19 Di SMA.” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(4): 5213–27.

Ramadhan, Iwan. 2021. “Penggunaan Metode Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas XI IPS 1.” Ilmu Pendidikan 4(3): 358.

Ramadhan, Iwan. 2022. “Proses Perubahan Pembelajaran Siswa Dari Daring Ke Luring Pada Saat Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah.” EDUKATIF: JJurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 1783–92.

Ramadhan, Iwan. 2023a. “DINAMIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH PADA ASPEK PERANGKAT DAN PROSES PEMBELAJARAN.” Academy of Education Journal 14(2): 622–34.

Ramadhan, Iwan. 2023b. “INDEPENDENT CURRICULUM: IMPLEMENTATION OF SOCIAL SCIENCE AND ARTS AND CULTURE LEARNING THROUGH P5 AT SMA NEGERI 10 PONTIANAK.” Jurnal Scientia 12(02): 1859–66.

Ramadhan, Iwan. 2023c. “INDEPENDENT CURRICULUM ASSESSMENT AT MA NEGERI 2 PONTIANAK.” Jurnal Scientia 12(04): 767–75.

Ramadhan, Iwan. 2023d. “Kurikulum Merdeka: Proses Adaptasi Dan Pembelajaran Sosiologi Di Sekolah Menengah Atas.” Journal of Education Research 4(4): 1846–53.

Ramadhan, Iwan. 2023. “PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT BELAJAR ANAK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA DI YAYASAN.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2): 972–81.

Sari, Pitri, Warneri Warneri, and Iwan Ramadhan. 2021. “DAMPAK PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA PERILAKU SISWA KELAS XIDALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI MA AL-IKHLAS KUALA MANDOR B.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 10(9).

Utami, Mamik Dwi, Waspodo Tjipto Subroto, and Hendratno Hendratno. 2023. “Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Quiziz Dalam Pembelajaran IPS Kelas V.” Journal of Education Research 4(4): 2420–25.

Published
13-02-2024
How to Cite
Ramadhan, I. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Active Learning Berbasis Aplikasi Quizizz Mode True Or False di SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 847-856. https://doi.org/10.58230/27454312.390