Proses Penanaman Nilai-Nilai Moral Kristiani Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Bintang Laut Teluk Dalam

  • Dominikus Doni Ola STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga
  • Megawati Naibaho STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga
  • Blasius Superma Yesse STP Dian Mandala Gunungsitoli-Keuskupan Sibolga
Keywords: Nilai-Nilai Moral, Kenakalan Remaja, Generasi Muda, Komprehensif

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu strategi untuk menanamkan nilai-nilai moral di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Starfish Teluk Dalam. Proses penanaman nilai-nilai moral Kristen sangat mendasar bagi pengembangan karakter generasi muda, khususnya bagi siswi asrama. Penelitian ini merupakan strategi untuk merenungkan fenomena kenakalan remaja yang mengancam masa depan mereka sebagai pewaris warisan bangsa. Kenakalan remaja merupakan indikasi kurangnya pemahaman dan penghargaan terhadap nilai-nilai moral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif-hermeneutik. Peneliti membatasi variabel penelitian pada Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Starfish Teluk Dalam. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi dokumen yang relevan. Tujuan jangka panjangnya adalah menciptakan generasi muda yang beriman dan memiliki nilai-nilai moral Kristen. Sasaran khusus dari penelitian ini adalah menemukan model pengembangan karakter berdasarkan pendekatan personal dan komunal sesuai dengan ajaran Kristen. Peneliti meyakini bahwa kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu program terintegrasi, terencana, dan komprehensif sebagai strategi khusus untuk membina iman dan karakter generasi muda.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anderson, L., & Glover, D. R. (2017). Building character, community, and a growth mindset in physical education: Activities that promote learning and emotional and social development. Human Kinetics.

Carr, W. (2003). 1 Educational research and its histories. The Moral Foundations of Educational Research: Knowledge, Inquiry and Values, 16.

Egonsson, D. (2012). Dimensions of dignity: the moral importance of being human. Springer Science & Business Media.

Hapgood, E. R., & Stanislavski, C. (2013). Building a Character.

Harris, S. (2010). The moral landscape: How science can determine human values. Simon and Schuster.

Ignatik, G., & Kupczak, J. (2021). Person and Value: Karol Wojtyla’s Personalistic and Normative Theory of Man, Morality, and Love. Rowman & Littlefield.

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena Bullying di Sekolah: Apa dan Bagaimana? Pedagogia Social, 17(1), 55–66.

Reed, E. D. (2007). The ethics of human rights: Contested doctrinal and moral issues. Baylor University Press.

Rich, D. (2008). MegaSkills (C): Building Our Children’s Character and Achievement for School and Life. Sourcebooks, Inc.

Romanus Cessario, O. P. (2008). The moral virtues and theological ethics. University of Notre Dame Pess.

Swanton, C. (2019). Expertise and virtue in role ethics. In Perspectives in Role Ethics (pp. 45–71). Routledge.

Published
07-02-2024
How to Cite
Doni Ola, D., Naibaho, M., & Yesse, B. S. (2024). Proses Penanaman Nilai-Nilai Moral Kristiani Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Asrama Putri St. Anna Gunungsitoli dan Asrama Putri Bintang Laut Teluk Dalam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 523-532. https://doi.org/10.58230/27454312.389