Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Pendekatan Brain-Based Learning dalam Mewujudkan Iklim Belajar yang Menyenangkan

  • Siska Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Karim Suryadi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Brain Based Learning, Pendidikan Pancasila, Iklim Belajar Menyenangkan

Abstract

Pendidikan Pancasila memegang peran cukup sentral dalam pembentukan generasi muda Indonesia, namun seringkali dihadapkan pada tantangan dalam peminatan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa metode pengajaran konvensional cenderung kurang menarik dan tidak memadai untuk mencapai tujuan pendidikan yang holistik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menerapkan konstruksi pembelajaran Pendidikan Pancasila berbasis pendekatan Brain-Based Learning guna menciptakan iklim belajar yang tidak hanya mendidik, tetapi juga menyenangkan. Riset ini adalah kualitatif dengan metode deksriptif, analisis data dilakukan dengan pengumpulan, reduksi, display data, serta penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Brain-Based Learning secara efektif meningkatkan minat, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila. Pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menyenangkan, menciptakan suasana kelas yang dinamis dan merangsang perkembangan kognitif, afektif, serta psikomotorik siswa. Implikasi dari temuan ini dapat mendukung perbaikan kurikulum dan pedagogi pembelajaran Pendidikan Pancasila, serta menyumbang pada pengembangan strategi pembelajaran inovatif untuk memenuhi tuntutan pendidikan abad ke-21. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman lebih mendalam mengenai integrasi pendekatan pembelajaran berbasis otak dalam konteks nilai-nilai kebangsaan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arianti. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar yang Kondusif dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1). https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Damayanti, S., Khairunisa, W., & Fajriani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran VCT dan Implikasinya terhadap Teori Belajar Humanistik dalam Membentuk Nilai Moral Peserta Didik. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(2), 183–195. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.20422

Damayanti, S., & Suryadi, K. (2023). Teori Sibernetik dan Implikasinya terhadap Model Pembelajaran Brain-Based Learning pada Pembelajaran PKn. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.33061/jgz.v12i2.9243

Given, B. K. (2007). Brain Based Teaching. Kaifa.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21 : Kepemimpinan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning; The New Science of Teaching & Training. Corwin Press.

L.N., S. Y., & Sugandhi, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. PT RajaGrafindo Persada.

Mayasari, E. (2022). Konsep Contextual Teaching and Learning Dalam Upaya Menciptakan Iklim Belajar Mengajar Menyenangkan dan Bermakna. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 58–66. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen

Nanggala, A., & Damayanti, S. (2023). Membangun Smart and Good Young Citizens Melalui Program Organisasi Kepemudaan Berbasis Civic Literacy. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 10(01), 97–108. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.21073

Noor, A. F., & Wangid, M. N. (2019). Interaksi Energetik Guru dan Siswa pada Pembelajaran Abad 21. Anterior Jurnal, 18(2), 107–112. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i2.456

Rulyansah, A., Hasana, U., & Wardana, L. A. (2017). Model Pembelajaran Brain-Based Learning bermuatan Multiple Intelligences (S. Lestari, Ed.). LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Titin, Irfani, F., & Sutisna. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Brain-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMPN 1 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4644.

Usmaedi, Sapriya, & Mualimah, E. N. (2021). Optimalisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Dasar. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 16(1), 100–107. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20405

Utama, A. W., Zulela, & Solihatin, E. (2018). Penerapan Pendekatan Brain-Based Learning sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar dalam Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V. 395–399.

Published
09-02-2024
How to Cite
Damayanti, S., & Suryadi, K. (2024). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Pendekatan Brain-Based Learning dalam Mewujudkan Iklim Belajar yang Menyenangkan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 693-706. https://doi.org/10.58230/27454312.367