Analisis Terhadap Implementasi dan Pengembangan Sumber Belajar IPS Masa Transisi K13 Ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama

  • Hartutik Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aim Abdulkarim Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Sumber Belajar, IPS, K13, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka, dan Sekolah Menengah Pertama

Abstract

Penerapan kurikulum di suatu sekolah turut mempengaruhi bagaimana guru dalam mengimplementasikan dan mengembangkan sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa. Muncul problematika implementasi dan pengembangan sumber belajar di SMP Kartika XIX-2 Kota Bandung oleh adanya dualisme kurikulum yang berlaku. Tujuan penelitian ini memberikan gambaran secara komprehensif mengenai implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS; identifikasi terhadap permasalahan implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS dan faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan implementasi dan pengembangan sumber belajar antara kelas yang menggunakan K13 dan kurikulum merdeka, perbedaan tersebut nampak antara kelas VII dengan kelas VIII dan kelas IX. Selain dari segi kurikulum permasalahan dan faktor penyebab cukup beragam baik dari guru, siswa, sekolah, lingkungan, stakeholder dan pemangku kebijakan lain. Penelitian ini merupakan bahan evaluasi yang dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk memperbaiki implementasi dan pengembangan sumber belajar IPS kususnya dalam masa transisi K13 ke kurikulum merdeka. Penelitian berikutnya diharapkan dapat lebih berfokus pada pengembangan sumber belajar untuk kurikulum merdeka terutama dalam bentuk digital sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Atika., A., R., & Zahro., I., F., (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Seminar Online Sumber Belajar Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2). https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4085

Azis., K., Syamsiah., Saleh., A., R., Saenab., S., & Wiharto., M. (2018). Analisis Kebutuhan Siswa SMA Di Makassar Terhadap Sumber Belajar Berbasis Smartphone . Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya: Inovasi Pembelajaran dan Penelitian Biologi Berbasis Potensi Alam, Makassar, 5 Mei 2018 , hal. 647-651.

Cahyadi., A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.

Creswell, J.W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. London: Sage Publications, Inc., Thousand Oaks.

Huda, F., H., Herpratiwi., & Rosidin., U., (2015). Evaluasi Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi di SMAN 1 Bulok Kabupaten Tanggamus. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 3(1).

Samsinar., S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika : Jurnal Kependidikan, Fakultas Tarbiyah IAIN Bone, 13(2). https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959

Karsono. (2021). Implementasi Workshop Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Komputer Pada Proses Pembelajaran Di SMP Negeri 1 Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1). http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8228

Kemendikbud. (Tanpa Tahun). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemdibud.

Lasmiyati & Harta., I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077

Muhammad. (2018). Sumber Belajar. Mataram: Sanabil.

Mulyasa. (2013). Pengembangan Dan Implementasi Pemikiran Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Safira, A. N., Rakhmawati, A., & Wisnu Wardana, M. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas VII SMP Negeri 2 Batang. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 22(2). https://doi.org/10.21009/bahtera.222.01

Widiantari, L. P. Y., Irwansyah M. R. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 8 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1). http://dx.doi.org/10. 23887/jjpe.v13i1.30918

Published
29-02-2024
How to Cite
Hartutik, & Aim Abdulkarim. (2024). Analisis Terhadap Implementasi dan Pengembangan Sumber Belajar IPS Masa Transisi K13 Ke Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1091-1102. https://doi.org/10.58230/27454312.359