Penerapan Strategi Menulis Terbimbing Pada Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Pembelajaran Menulis Cerita Anak Berbasis Nilai-Nilai Islam Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Abstract
Sebagai calon guru, mahasiswa perlu memiliki keterampilan menulis cerita anak yang ditanamkan melalui pembelajaran menulis dengan strategi yang tepat. Dengan demikian, mahasiswa PGSD UNISBA Blitar harus memiliki pengalaman pembelajaran menulis dengan tahapan yang tepat, yaitu melalui strategi terbimbing. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan strategi menulis terbimbing pada pembelajaran menulis cerita anak berbasis nilai-nilai Islam dan hasil menulis cerita anak mahasiswa PGSD UNISBA Blitar. Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dan kuantitatif karena terdapat dua data dalam penelitian ini, yaitu verba dan numerik. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) strategi terbimbing diterapkan dengan tahapan prapenulisan, pembuatan draft, perevisian, pengeditan, dan publikasi, serta (2) mahasiswa mampu menghasilkan cerita anak berbasis nilai-nilai Islam dengan kualitas judul, alur cerita, struktur cerita, amanat, dan penggunaan bahasa yang termasuk dalam kategori sangat baik dan baik.
Metrics
References
Abbas, Saleh.(2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Alifia, Ani Hendriani, dan Dwy Heryanto. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 9-21. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30013.
Bariah, Khairul. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Penerapan Strategi Menulis Terbimbing pada Materi Basmalah dan Q.S Al Fatihah di SDN Grong-Grong Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 40-48.
Eliya, Ixsir. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang. At-Talim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 337-348. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1923.
Gunawan, Pon. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 223-233. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4592.
Hermawan, Acep. (2011). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Laksana, Puja. (2000). Panduan Praktis Mengarang-Menulis. Semarang: Aneka Ilmu.
Moidady, Nurmila.(2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2), 78-85.
Mulia, Agus, Sutikno, dan Kartolo. (2021). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 19(2), 217-228. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037.
Rini, Refi Muftia dan Deni Wardana. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3179-3183). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10183.
Sari, Dessy Dwitalia. (2020). Peningkatan Keterampilan Mahasiswa PGSD ULM dalam Menulis Dongeng Berbasis Sosiokultural Melalui Strategi Menulis Terbimbing. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 148-155. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.593.
Sitorus, Klinton Sahputra. (2023). Penggunaan Model PJBL pada Pembelajaran Menulis Puisi dengan Pemanfaatan Media Youtube pada Peserta Didik Kelas X IPS-1 Semester II SMA Negeri 5 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Prosiding Mateandrau, 2(1), 155-170. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.227.
Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yulia, Nursyamsiar, Siti Halidjah. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Strategi Menulis Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 1-15.https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3492.
Zaenab, Siti, Suhartono, dan Moh. Salimi.(2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing pada Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141-147. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.16977.
Zainudin, Moh., Sherly Dwi Angelica, dan Luklu’ul Qurrotaayun. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah dengan Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing pada Mahasiswa S-1 Keperawatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(4), 62-70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16785.
Zubaidah, Enny. (2015). Peningkatan Kemampuan Mahasiwa Menulis Cerita Anak Melalui Strategi Menulis Terbimbing. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pendidikan, 14(1), 157-169. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4415.
Zulyadaini. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII-1 MTS Negeri Bungo Melalui Model Pembelajaran Menulis Terbimbing Strategi Inventaris Diksi. Continuous Education: Journal of Science dan Research, 3(3), 48-57. https://doi.org/10.51178/ce.v3i3.999.
Copyright (c) 2024 Sripit Widiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.