Penerapan Strategi Menulis Terbimbing Pada Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Pembelajaran Menulis Cerita Anak Berbasis Nilai-Nilai Islam Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Sripit Widiastuti Universitas Islam Blitar
  • Ida Putriani Universitas Islam Blitar
  • Ida Putri Rarasati Universitas Islam Blitar
Keywords: strategi menulis terbimbing, cerita anak, nilai-nilai Islam

Abstract

Sebagai calon guru, mahasiswa perlu memiliki keterampilan menulis cerita anak yang ditanamkan melalui pembelajaran menulis dengan strategi yang tepat. Dengan demikian, mahasiswa PGSD UNISBA Blitar harus memiliki pengalaman pembelajaran menulis dengan tahapan yang tepat, yaitu melalui strategi terbimbing. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan strategi menulis terbimbing pada pembelajaran menulis cerita anak berbasis nilai-nilai Islam dan hasil menulis cerita anak mahasiswa PGSD UNISBA Blitar.  Jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif dan kuantitatif karena terdapat dua data dalam penelitian ini, yaitu verba dan numerik. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) strategi terbimbing diterapkan dengan tahapan prapenulisan, pembuatan draft, perevisian, pengeditan, dan publikasi, serta (2) mahasiswa mampu menghasilkan cerita anak berbasis nilai-nilai Islam dengan kualitas judul, alur cerita, struktur cerita, amanat, dan penggunaan bahasa yang termasuk dalam kategori sangat baik dan baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abbas, Saleh.(2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Alifia, Ani Hendriani, dan Dwy Heryanto. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Menulis Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 9-21. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30013.

Bariah, Khairul. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Penerapan Strategi Menulis Terbimbing pada Materi Basmalah dan Q.S Al Fatihah di SDN Grong-Grong Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 40-48.

Eliya, Ixsir. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang. At-Talim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 337-348. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v18i2.1923.

Gunawan, Pon. (2017). Penerapan Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Rambah Rokan Hulu. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 1(2), 223-233. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4592.

Hermawan, Acep. (2011). Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Laksana, Puja. (2000). Panduan Praktis Mengarang-Menulis. Semarang: Aneka Ilmu.

Moidady, Nurmila.(2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2), 78-85.

Mulia, Agus, Sutikno, dan Kartolo. (2021). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 19(2), 217-228. https://doi.org/10.26499/mm.v19i2.4037.

Rini, Refi Muftia dan Deni Wardana. (2023). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berdasarkan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3179-3183). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10183.

Sari, Dessy Dwitalia. (2020). Peningkatan Keterampilan Mahasiswa PGSD ULM dalam Menulis Dongeng Berbasis Sosiokultural Melalui Strategi Menulis Terbimbing. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 148-155. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.593.

Sitorus, Klinton Sahputra. (2023). Penggunaan Model PJBL pada Pembelajaran Menulis Puisi dengan Pemanfaatan Media Youtube pada Peserta Didik Kelas X IPS-1 Semester II SMA Negeri 5 Palangka Raya Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jurnal Prosiding Mateandrau, 2(1), 155-170. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i1.227.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yulia, Nursyamsiar, Siti Halidjah. (2013). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Strategi Menulis Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(9), 1-15.https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i9.3492.

Zaenab, Siti, Suhartono, dan Moh. Salimi.(2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing pada Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 141-147. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.16977.

Zainudin, Moh., Sherly Dwi Angelica, dan Luklu’ul Qurrotaayun. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah dengan Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing pada Mahasiswa S-1 Keperawatan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(4), 62-70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.16785.

Zubaidah, Enny. (2015). Peningkatan Kemampuan Mahasiwa Menulis Cerita Anak Melalui Strategi Menulis Terbimbing. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pendidikan, 14(1), 157-169. http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4415.

Zulyadaini. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII-1 MTS Negeri Bungo Melalui Model Pembelajaran Menulis Terbimbing Strategi Inventaris Diksi. Continuous Education: Journal of Science dan Research, 3(3), 48-57. https://doi.org/10.51178/ce.v3i3.999.

Published
03-02-2024
How to Cite
Widiastuti, S., Ida Putriani, & Ida Putri Rarasati. (2024). Penerapan Strategi Menulis Terbimbing Pada Mata Kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Pembelajaran Menulis Cerita Anak Berbasis Nilai-Nilai Islam Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 305-312. https://doi.org/10.58230/27454312.348