Satu Dekade Evaluasi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android di Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar selama satu dekade. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe meta-analisis, dengan sumber data berasal dari hasil-hasil penelitian yang relevan yang telah ditelusuri di database pengindek yang memenuhi kriteria kelayakan inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis Android mencapai 91,7%, menunjukkan bahwa media tersebut dapat diandalkan dalam menyajikan konten pendidikan yang akurat dan sesuai standar. Selain itu, tingkat kepraktisan media pembelajaran mencapai 92%, menunjukkan kemudahan penggunaan dan implementasi dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar. Tingkat keefektivan media pembelajaran berbasis Android juga tinggi, dengan nilai sebesar 90%, menandakan bahwa media tersebut dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman kita tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar. Dampak praktis dari penelitian ini terhadap praktik pendidikan adalah memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan dan implementasi lebih lanjut media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar, dengan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara signifikan.
Metrics
References
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797
Ahmad Zaid Rahman, Taufik Nur Hidayat, I. Y. (2017). Media Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 43–48.
Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2343
Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Choir, J. A., & Fitri, A. Z. (2021). The Development Of English For Beginner Through Pocketbook Media To Improve Student Learning Primary Results. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.579
Fitri, A. N., Zuliani, R., & Rini, C. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V di SDN Rama II Kota Tangerang. FONDATIA. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1816
Hardi Prasetiawan. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.
Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575
Irawan, Y. (2020). Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Dengan Menerapkan Augmented Reality (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci). Jurnal Ilmu Komputer. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss2.173
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kumala, F. N., Ibrahim, J., Anggi Ambarwati, H., Mafulah, S., & Rahayu, S. (2023). Mock Up Based on Android Through Multimedia Development Live Cycle : Science Meaningfull Learning. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.51890
Ladamay, I. (2023). Interactive Learning Media Based On “Scientific” Assisted By Android Studio For Elementary School Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13304
Lazuardi, D. R., & Kristiawan, M. (2022). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Daring. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3064
Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021). Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komputasi. https://doi.org/10.23960/komputasi.v9i1.2779
MU, N. C., Zakiah, L., & Prasetyo, L. P. (2022). The Development Of Interactive Media With Articulate Storyline With Mobile Learning Based On Civic Education For Class V Students. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education. https://doi.org/10.25134/ijete.v3i1.5617
Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231
Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2357
Pratami, I. G. A. P. S., Nitiasih, P. K., & Budiarta, L. G. R. (2023). Development of Educational Games as Learning Media for English Learning for Primary Students. Language Circle: Journal of Language and Literature. https://doi.org/10.15294/lc.v17i2.43129
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351
Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu.
Saadah, F. N. L., & Hasanah, F. N. (2023). Development of Science Learning Media Klanimal Android-Based for Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.534
Salahuddin, M., Nursidarati, N., Putra, F. P., & Ramdhani, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash berupa Alur Cerita Anime Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1431
Sang Ayu Made Krisna Dewi Natalia, I. K. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 9–19.
Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75.
Siti Deti Nurhamidah, Atep Sujana, D. A. K. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329.
Syadida, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i1.31
Syafputra, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Smart App Creator Di Sman 3 Padang Panjang. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan. https://doi.org/10.47006/er.v7i2.15525
Syaidah, N., Alwi, N. A., & Agasi, D. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.98
Tiara Melinda, & Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848
Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Yulianti, U. H., & Puspito, D. W. (2018). Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. SeBaSa. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1035
Yunikawati, N. A. (2023). “Panen Raya” Game Entrepreneurship Learning Media Development: Indonesian Context. 2023 8th International Conference on Business and Industrial Research, ICBIR 2023 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/ICBIR57571.2023.10147552
Zakiy, M. A., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education.
Copyright (c) 2024 David Hermansyah, Aqodiah Aqodiah, Vera Mandailina, Syaharuddin Syaharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.