Satu Dekade Evaluasi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android di Tingkat Sekolah Dasar

  • David Hermansyah PGMI, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Aqodiah Aqodiah PGMI, Universitas Muhammadiyah Mataram, Indonesia
  • Vera Mandailina Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syaharuddin Syaharuddin Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
Keywords: Produk pengembangan, Media pembelajaran, Media android, Pendidikan dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar selama satu dekade. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif tipe meta-analisis, dengan sumber data berasal dari hasil-hasil penelitian yang relevan yang telah ditelusuri di database pengindek yang memenuhi kriteria kelayakan inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media pembelajaran berbasis Android mencapai 91,7%, menunjukkan bahwa media tersebut dapat diandalkan dalam menyajikan konten pendidikan yang akurat dan sesuai standar. Selain itu, tingkat kepraktisan media pembelajaran mencapai 92%, menunjukkan kemudahan penggunaan dan implementasi dalam konteks pembelajaran di Sekolah Dasar. Tingkat keefektivan media pembelajaran berbasis Android juga tinggi, dengan nilai sebesar 90%, menandakan bahwa media tersebut dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman kita tentang pengembangan media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar. Dampak praktis dari penelitian ini terhadap praktik pendidikan adalah memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan dan implementasi lebih lanjut media pembelajaran berbasis Android di tingkat Sekolah Dasar, dengan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2797

Ahmad Zaid Rahman, Taufik Nur Hidayat, I. Y. (2017). Media Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 43–48.

Akbar, R. R. A., & Komarudin, K. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2343

Anita Adesti, & Siti Nurkholimah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash Cs 6 Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952

Choir, J. A., & Fitri, A. Z. (2021). The Development Of English For Beginner Through Pocketbook Media To Improve Student Learning Primary Results. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.579

Fitri, A. N., Zuliani, R., & Rini, C. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V di SDN Rama II Kota Tangerang. FONDATIA. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1816

Hardi Prasetiawan. (2017). Optimalisasi Multimedia Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.

Hutabri, E., & Putri, A. D. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575

Irawan, Y. (2020). Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Dengan Menerapkan Augmented Reality (Studi Kasus: SDN 005 Makmur Pangkalan Kerinci). Jurnal Ilmu Komputer. https://doi.org/10.33060/jik/2020/vol9.iss2.173

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kumala, F. N., Ibrahim, J., Anggi Ambarwati, H., Mafulah, S., & Rahayu, S. (2023). Mock Up Based on Android Through Multimedia Development Live Cycle : Science Meaningfull Learning. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v7i1.51890

Ladamay, I. (2023). Interactive Learning Media Based On “Scientific” Assisted By Android Studio For Elementary School Students. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13304

Lazuardi, D. R., & Kristiawan, M. (2022). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Daring. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3064

Megawaty, D. A., Damayanti, D., Assubhi, Z. S., & Assuja, M. A. (2021). Aplikasi Permainan Sebagai Media Pembelajaran Peta Dan Budaya Sumatera Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komputasi. https://doi.org/10.23960/komputasi.v9i1.2779

MU, N. C., Zakiah, L., & Prasetyo, L. P. (2022). The Development Of Interactive Media With Articulate Storyline With Mobile Learning Based On Civic Education For Class V Students. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education. https://doi.org/10.25134/ijete.v3i1.5617

Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra. https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.231

Nurbani, N., & Puspitasari, H. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Matematika di SMA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2357

Pratami, I. G. A. P. S., Nitiasih, P. K., & Budiarta, L. G. R. (2023). Development of Educational Games as Learning Media for English Learning for Primary Students. Language Circle: Journal of Language and Literature. https://doi.org/10.15294/lc.v17i2.43129

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu.

Saadah, F. N. L., & Hasanah, F. N. (2023). Development of Science Learning Media Klanimal Android-Based for Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.534

Salahuddin, M., Nursidarati, N., Putra, F. P., & Ramdhani, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash berupa Alur Cerita Anime Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v6i2.1431

Sang Ayu Made Krisna Dewi Natalia, I. K. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 9–19.

Savitri, D., Karim, A., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75.

Siti Deti Nurhamidah, Atep Sujana, D. A. K. (2022). Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329.

Syadida, Q. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i1.31

Syafputra, Z. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Smart App Creator Di Sman 3 Padang Panjang. Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan. https://doi.org/10.47006/er.v7i2.15525

Syaidah, N., Alwi, N. A., & Agasi, D. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Youtube Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.98

Tiara Melinda, & Erwin Rahayu Saputra. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran Ipa Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.848

Widiastika, M. A., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Yulianti, U. H., & Puspito, D. W. (2018). Pengembangan Perangkat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Berbasis Aplikasi Android Sebagai Media Penguatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. SeBaSa. https://doi.org/10.29408/sbs.v1i2.1035

Yunikawati, N. A. (2023). “Panen Raya” Game Entrepreneurship Learning Media Development: Indonesian Context. 2023 8th International Conference on Business and Industrial Research, ICBIR 2023 - Proceedings. https://doi.org/10.1109/ICBIR57571.2023.10147552

Zakiy, M. A., Muhammad, S., & Farida. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. TRIPLE S:Jourals of Mathematics Education.

Published
01-02-2024
How to Cite
Hermansyah, D., Aqodiah, A., Mandailina, V., & Syaharuddin, S. (2024). Satu Dekade Evaluasi Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android di Tingkat Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 199-210. https://doi.org/10.58230/27454312.344