Penerapan Qr Code dalam Media Pembelajaran Terintegrasi Big Data Berbasis Smart And Green untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Identifikasi Tumbuhan di Sekolah

  • Ahmad Fauzan MTsN 6 Tulungagung
  • Aldila Intan Maharani MTsN 6 Tulungagung
  • Nazida Wahyu Dyah Pramesti MTsN 6 Tulungagung
  • Candra Ar Roziq I Pranoto MTsN 6 Tulungagung
Keywords: Penerapan, Quick Response, Smart and Green

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh penggunan quick response code di dalam media pembelajaran. Metode penelitian quasi eksperiment dengan kombinasi model sequential explanatory design. Pengujian normalitas menggunakan chi-square. Uji normalitas kelompok eksperimen 5,710    = 11,070, data terdistribusi secara normal. Metode untuk menguji apakah kelompok kontrol terdistribusi normal menggunakan uji normalitas 10,665   = 11,070, data terdistribusi secara normal. Metode untuk menguji apakah data homogen menggunakan uji F,     , data terdistribusi secara homogen. Metode pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t, dan diperoleh  = 2,980 serta  = 1,684 dengan taraf signifikansi 5% serta derajad kebebasan (db = 38)  >  (2,980 > 1,684), maka terdapat pengaruh penggunaan qr code berbasis SMART and GREEN ke dalam media pembelajaran terhadap hasil belajar IPA. Buku menggunakan acuan identifikasi morfologi tumbuhan serta buku flora, plantamor species search dan inaturalis. Menulis deskripsi tumbuhan dengan ciri morfologi daun, batang, bunga mencocokkan hasil ke plantamor species search dan inaturalis. Hasil identifikasi menghasilkan data yang dintegrasikan big data melalui qr code creator.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Afifah, R. N. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Metode Percobaan. Universitas PGRI Yogyakarta., 1–8. http://repository.upy.ac.id/227/1/Jurnal Rohmatun Nurul Afifah.pdf

Al-amin, D. I. M., Sartini, M., Suryawan, N., & Sudhita, I. W. (2020). SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII.

Asry, L. (2020). Hubungan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal Biram Samtani Sains, 4(1), 40–50. file:///C:/Users/Gallery/Downloads/046.SK MAGANG ARAH HIMMPAS 2021.pdf

Bambang Warsita, B. W. (2014). Landasan Teori Dan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XV, 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91

Edi Santoso, R., Prawiyogi, A. G., Rahardja, U., Oganda, F. P., & Khofifah, N. (2022). Penggunaan dan Manfaat Big Data dalam Konten Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 88–91. https://doi.org/10.34306/abdi.v3i2.836

Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6379–6386. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3269

Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40

Mansyur, Z. (2018). Hakikat Transfer Of Learning dan Aspek-Aspek yang Mempengaruhinya Z ulkifli Mansyur Pendahuluan Kajian Teori. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12, 146–159.

Rahmadhani, V., & Widya Arum. (2022). Literature Review Internet of Think (Iot): Sensor, Konektifitas Dan Qr Code. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 573–582. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1120

Sugiyono. (2016). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi (A. Nuryanto (ed.); 4th ed.). CV. Alfabeta.

Supardi, U. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (2nd ed.). change publication.

Published
01-02-2024
How to Cite
Fauzan, A., Aldila Intan Maharani, Nazida Wahyu Dyah Pramesti, & Candra Ar Roziq I Pranoto. (2024). Penerapan Qr Code dalam Media Pembelajaran Terintegrasi Big Data Berbasis Smart And Green untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Identifikasi Tumbuhan di Sekolah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 145-154. https://doi.org/10.58230/27454312.342