Pengembangan Media Pembelajaran Modul STEM dengan Model Learning Cycle 5E Pada Pelajaran IPA di Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama

  • Christina Ester Manthalina Hutabarat Universitas Katolik Parahyangan
Keywords: Media pembelajaran, Modul STEM, Learning Cycle 5E

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah perlu mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah. Guru diharapkan dapat menyiapkan dan mengadakan pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memahami bagaimana proses pengembangan modul STEM untuk materi IPA kelas 8 SMP; dan 2) menguji efektivitas modul STEM yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Learning Cycle 5E. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan metode Learning Cycle 5E menjadi salah satu cara untuk membuat suasana kelas lebih menarik. Proses pembelajaran STEM dengan metode Learning Cycle 5E juga mendukung siswa dalam belajar mandiri. Model pengembangan ini terbagi dalam tiga tahap, yaitu definisi, perancangan, dan pengembangan. Data yang dikumpulkan mencakup validasi oleh ahli media dan ahli materi dari tiga sekolah yang berbeda, dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis skor presentase menurut skala Likert menunjukkan bahwa modul tersebut dinilai sangat layak digunakan oleh ahli media (90,3%), ahli materi (92,5%) dan penilaian bahasa (92,6%). Secara keseluruhan, modul tersebut dinilai sangat layak untuk diujicobakan di kelas.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah alam sekitar: pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran biologi berkarakter untuk konservasi. Semarang: FMIPA UNNES.

Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter, P. V., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness and Application: Executive Summary. Colorado: BSCS.

Falentina, C. T., Lidinillah, D. A., & Mulyana, E. H. (2018). Mobil Bertenaga Angin: Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 152-162.

Kariawan, I. .., Sadia, I. W., & Pujani, N. M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Setting Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sidiq, U. (2018). Etika dan Profesi Keguruan. Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung.

Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.

Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Tindangen, M., Theodora, E. M., & Nuraini. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan, 2066-2070.

Published
29-02-2024
How to Cite
Hutabarat, C. E. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Modul STEM dengan Model Learning Cycle 5E Pada Pelajaran IPA di Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1063-1070. https://doi.org/10.58230/27454312.331