Pengembangan Media Pembelajaran Modul STEM dengan Model Learning Cycle 5E Pada Pelajaran IPA di Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah perlu mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah. Guru diharapkan dapat menyiapkan dan mengadakan pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memahami bagaimana proses pengembangan modul STEM untuk materi IPA kelas 8 SMP; dan 2) menguji efektivitas modul STEM yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Learning Cycle 5E. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan metode Learning Cycle 5E menjadi salah satu cara untuk membuat suasana kelas lebih menarik. Proses pembelajaran STEM dengan metode Learning Cycle 5E juga mendukung siswa dalam belajar mandiri. Model pengembangan ini terbagi dalam tiga tahap, yaitu definisi, perancangan, dan pengembangan. Data yang dikumpulkan mencakup validasi oleh ahli media dan ahli materi dari tiga sekolah yang berbeda, dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis skor presentase menurut skala Likert menunjukkan bahwa modul tersebut dinilai sangat layak digunakan oleh ahli media (90,3%), ahli materi (92,5%) dan penilaian bahasa (92,6%). Secara keseluruhan, modul tersebut dinilai sangat layak untuk diujicobakan di kelas.
Metrics
References
Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah alam sekitar: pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran biologi berkarakter untuk konservasi. Semarang: FMIPA UNNES.
Bybee, R. W., Taylor, J. A., Gardner, A., Scotter, P. V., Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness and Application: Executive Summary. Colorado: BSCS.
Falentina, C. T., Lidinillah, D. A., & Mulyana, E. H. (2018). Mobil Bertenaga Angin: Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 152-162.
Kariawan, I. .., Sadia, I. W., & Pujani, N. M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Setting Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1-11.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sidiq, U. (2018). Etika dan Profesi Keguruan. Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung.
Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Surabaya: Prestasi Pustakaraya.
Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Tindangen, M., Theodora, E. M., & Nuraini. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry dan Permasalahan Siswa Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Pendidikan, 2066-2070.
Copyright (c) 2024 Christina Ester Manthalina Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.