Peningkatan Kinerja Guru Melalui Implementasi Self-Assessment: Sebuah Analisis Terhadap Dampaknya pada Mutu Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penilaian, khususnya melalui konsep Self-Assessment, dalam meningkatkan kinerja guru dan dampaknya terhadap pemahaman siswa. Metode penelitian ini melibatkan analisis mendalam terhadap literatur terkait konsep Self-Assessment, karakteristik kinerja tinggi, dan sertifikasi guru. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis berbagai pola sertifikasi guru berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2012. Temuan penelitian menyoroti bahwa Self-Assessment memberikan kesempatan bagi guru untuk merefleksikan diri, mengidentifikasi kekuatan, dan mengenali kelemahan, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kualitas pelaksanaan tugas mereka. Selanjutnya, penelitian ini mendukung implikasi positif terhadap pemahaman siswa yang terlibat dalam penilaian diri. Analisis terhadap berbagai pola sertifikasi, seperti Pola PSPL, PF, dan PLPG, menunjukkan bahwa sertifikasi guru memiliki peran penting dalam melindungi profesi pendidik, mengevaluasi kompetensi guru secara holistik, dan meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. Dengan membahas karakteristik kinerja tinggi, multiaspek kompetensi guru, serta peran sentral Self-Assessment dan sertifikasi, penelitian ini memberikan kontribusi penting untuk pemahaman dan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Metrics
References
Adawiyah, S. R., & Haolani, A. (2021). Kajian Teoritis Penerapan Self-Assessment Sebagai Alternatif Asesmen Formatif di Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.58258/jime.v7i3.2307
Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.24239/jimpi.v1i1.898
Clara, E., & Wardani, A. A. D. W. (2020). Sosiologi Keluarga. UNJ PRESS.
Erni, E., Alber, A., Ningsih, R., Fatmawati, F., & Arsyat, R. M. (2022). Latihan dan Tutorial Dalam Rangka Optimalisasi Penilaian Diri (Self Assesment) Berbasis Google Form Bagi Guru-Guru Di Smp Nurul Falah Kulim Pekanbaru. JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA, 3(1), 149–154. https://doi.org/10.56313/jmnr.v3i1.114
Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100
H.a, I., Kessi, A. M. F., Tajuddin, I., & Abbas, M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.897
Hadi, S. (2020). Model Pengembangan Mutu di Lembaga Pendidikan. PENSA, 2(3), 321–347.
Halim, M. abdul, Mertasari, N. M. S., & Widiartini, N. K. (2020). Pengembangan Self-Assessment Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Montessori Bali. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jpepi.v10i1.3124
Haryanto, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen) (1 ed.). UNY Press.
Iskandar, D., & Anriani, N. (2023). Kajian Dampak Sertifikasi Guru dan Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Guru: Literatur Review. 6(2), 760-767). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1662
Jufrizen, J., & Rahmadhani, K. N. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Lingkungan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26533/jmd.v3i1.561
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, I. (2012). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://peraturan.bpk.go.id/Details/163816/permendikbud-no-5-tahun-2012
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, I. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 38 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Sertifikat Pendidik bagi Guru dalam Jabatan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://peraturan.bpk.go.id/Details/163813/permendikbud-no-38-tahun-2020
Kesuma, B. J., Sudrajat, A., & Purwanto, A. J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1329
Lombu, D., & Lase, F. (2023). Membangun Rasa Percaya Diri Individu Dalam Komunikasi Interpersonal. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.144
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications.
Mubarok, I. R., & Tambunan, K. (2021). Pembangunan Ekonomi Indonesia: Peran Pendidikan Sebagai Fondasi Penting Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN BISNIS TRIANGLE, 2(4), Article 4.
Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251
Muzaini, M. C. (2023). Literature Review: Penilaian Diri dan Pengaplikasian Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Madrasah Ibtidaiyah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), Article 04. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1542
Pandipa, A. K. H. (2020). Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), Article 1.
Parida, P., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Berdasarkan Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Melalui Instrumen Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1676–1683. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.632
Pemerintah Pusat, I. (2005). Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. http://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Pratama, R. M., & Susilawati, N. (2023). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Bagi Generasi Digital Native. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6, 1399–1415.
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308
Saerang, H. M., Lembong, J. M., Sumual, S. D. M., & Tuerah, R. M. S. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru di Era Digital: Tantangan dan Peluang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i1.16555
Sibuea, B., Suriyadi, S., Azmi, F., & Daulay, N. K. (2023). Penilaian Diri dan Penilaian Reflektif. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3440
Tarmo, T. (2021). Implementasi Penilaian Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta: Implementation of Teacher Performance Assessment at SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Journal of Profession Education, 1(2), Article 2.
Trinova, Z. (2020). Self assessment of freedom to learn in higher education. GLOBAL CONFERENCES SERIES: SOCIAL SCIENCES, EDUCATION AND HUMANITIES (GCSSSEH), 6. https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/382/
Wijaya, L. (2023). Peran Guru Profesional Untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1222–1230. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.273
Wulandari, H., & Nurhaliza, I. (2023). Mengembangkan Potensi Guru Yang Profesional dalam Proses Belajar Mengajar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.990
Copyright (c) 2023 Tama Erlanda Putri, Algusyairi Parisyi , Hasri Salfen, Sohiron Sohiron
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.