Efektivitas Penggunaan Aplikasi GeoGebra pada Materi Vektor Terhadap Hasil Belajar dan Self-Efficacy Mahasiswa

  • Arfin Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Melania Eva Wulanningtyas Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
  • Veven Universitas Tanjungpura, Pontianak
Keywords: GeoGebra, Hasil Belajar, Self-Efficacy, Vektor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar materi Vektor dengan menggunakan aplikasi GeoGebra dengan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-eksperimen dengan pretest–posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang mengambil mata kuliah Matematika 4 pada Tahun Akademik 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Kelas A dan Kelas C yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, di mana kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket self-efficacy. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test (α = 5%) menggunakan program IBM SPSS V.25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada data posttest hasil belajar diperoleh sig(2-tailed) = 0,021 dan pada data angket self-efficacy diperoleh sig(2-tailed) = 0,018. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra; dan (2) terdapat perbedaan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., . . . Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Alhaddad, M. L. (2021). Skripsi: Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran Sistem Daring selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 5 Tangerang. Jakarta.

Alminingtias, F. M., Soro, S., & Handayani, I. (2018). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 7 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1, hal. 365-371. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka.

Annisa, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Apriani, W., & Hayati, R. (2022). Pengaruh Aplikasi GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Geometri Transformasi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, dan Sains, 6(2), 281-292. doi:https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3456

Bandura, A. (2010). Self-Efficacy. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1-3.

Barron, B., Martin, C. K., & Roberts, E. (2007). Sparking Self-Sustained Learning: Report on A Design Experiment to Build Technological FLuency and Bridge Divides. International Journal of Technology and Design Education, 17(1). doi:10.1007/s10798-006-9002-4

Firdayanti, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar SIswa Melalui Discovery Learning dengan GeoGebra pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3). doi:http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793-2801. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Gallagher, M. W. (2012). Self-Efficacy. Dalam Encyclopedia of Human Behavior (Second Edition) (hal. 314-320). Elsevier Inc.

Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (INDIKTIKA), 1(1), 65-74. doi:https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236

Hasan, M., Harahap, T. K., Anwari, A. M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.

Herbiadi, A., Sahala, S., & Arsyid, S. B. (2015). Hubungan antara Sikap dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10207

Islami, R. C. (2015, November 27). Dasar Aplikasi Vektor dalam Teknik Sipil. Diambil kembali dari Slideshare: https://www.slideshare.net/RizkyIslami/materi-vektor-dalam-aplikasi-teknik-sipil

Mahmudi, A. (2010). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Nurak, Y. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang pada Ssiwa Kelas X-A SMA Negeri 8 Kupang. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Pasco, J. C. (2020). Students' Self-Efficacy in Mathematics with Mathematical Modelling Integrated with Dynamic GeoGebra Approach. International Journal of Multidiciplinary Approach, 7(5), 52-61. doi:10.13140/RG.2.2.12252.21128

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9-22. doi:https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.211

Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self-Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166-173. doi:http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663

Puspitawati, N. M., Santyasa, I. W., & Agustini, K. (2018). Pengaruh Media GeoGebra Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). doi:https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2286

Rahmatulloh, M. J., Deharsena, F. N., Valino, L., Cahyo, R. D., & Fuadin, A. (2023). Pengaruh Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi: Dari Pembelajaran Online ke Pembelajaran Offline. IJM: Indonesian Journal of Multidisiplinary, 1(2), 552-562.

Ramadhani. (2017). Perbedaan Peningkatan Self-Efficacy Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan GeoGebra dengan Tanpa Berbantuan GeoGebra Di SMPN 22 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 2(1), 159-165. Diambil kembali dari https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/142/134

Rizki, A. A., & Sugiyo. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar pada Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 13(2). doi:https://doi.org/10.23887/jibk.v13i2.35667

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39-46.

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nusyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 33-38. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). GeoGebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics Conference Series, 1613(1). doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Slavin, R. E. (2021). Education Psychology: Theory and Practice, 13th Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan GeoGebra Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 87-103. doi:https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944

Suhaifi, A., Rufi'i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220-230. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.45080

Suhartini, & Nufus, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Langsung Berbantuan Software geoGebra Terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 4(1), 26-34. doi:https://doi.org/10.33578/prinsip.v4i1.99

Tanton, J. (2005). Encyclopedia of Mathematics. New York: facts On File, Inc. Diambil kembali dari https://encyclopediaofmath.org/index.php?title=Vector

Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Effect of GeoGebra-Assisted Direct Instruction On Students' Self-Efficacy and Self-Regulation. Infinity; Jurnal of Mathematics Education, 9(1), 41-48. doi:https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48

Published
24-01-2024
How to Cite
Arfin, Melania Eva Wulanningtyas, & Veven. (2024). Efektivitas Penggunaan Aplikasi GeoGebra pada Materi Vektor Terhadap Hasil Belajar dan Self-Efficacy Mahasiswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1-14. https://doi.org/10.58230/27454312.328