Efektivitas Penggunaan Aplikasi GeoGebra pada Materi Vektor Terhadap Hasil Belajar dan Self-Efficacy Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar materi Vektor dengan menggunakan aplikasi GeoGebra dengan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi-eksperimen dengan pretest–posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang mengambil mata kuliah Matematika 4 pada Tahun Akademik 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Kelas A dan Kelas C yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, di mana kelas A sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar dan angket self-efficacy. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test (α = 5%) menggunakan program IBM SPSS V.25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada data posttest hasil belajar diperoleh sig(2-tailed) = 0,021 dan pada data angket self-efficacy diperoleh sig(2-tailed) = 0,018. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra; dan (2) terdapat perbedaan self-efficacy antara mahasiswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan mahasiswa yang belajar tanpa menggunakan aplikasi GeoGebra.
Metrics
References
Akbar, J. S., Ariani, M., Zulhawati, Haryani, Zani, B. N., Husnita, L., . . . Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Alhaddad, M. L. (2021). Skripsi: Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran Sistem Daring selama Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 5 Tangerang. Jakarta.
Alminingtias, F. M., Soro, S., & Handayani, I. (2018). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 7 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1, hal. 365-371. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka.
Annisa, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Apriani, W., & Hayati, R. (2022). Pengaruh Aplikasi GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Geometri Transformasi. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika, dan Sains, 6(2), 281-292. doi:https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i2.3456
Bandura, A. (2010). Self-Efficacy. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1-3.
Barron, B., Martin, C. K., & Roberts, E. (2007). Sparking Self-Sustained Learning: Report on A Design Experiment to Build Technological FLuency and Bridge Divides. International Journal of Technology and Design Education, 17(1). doi:10.1007/s10798-006-9002-4
Firdayanti, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar SIswa Melalui Discovery Learning dengan GeoGebra pada Materi Transformasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3). doi:http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2899
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793-2801. doi:https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803
Gallagher, M. W. (2012). Self-Efficacy. Dalam Encyclopedia of Human Behavior (Second Edition) (hal. 314-320). Elsevier Inc.
Hadi, M. S., Fattah, A. H., & Rizta, A. (2018). Penggunaan GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Program Linear. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (INDIKTIKA), 1(1), 65-74. doi:https://doi.org/10.31851/indiktika.v1i1.2236
Hasan, M., Harahap, T. K., Anwari, A. M., & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.
Herbiadi, A., Sahala, S., & Arsyid, S. B. (2015). Hubungan antara Sikap dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1-10. doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10207
Islami, R. C. (2015, November 27). Dasar Aplikasi Vektor dalam Teknik Sipil. Diambil kembali dari Slideshare: https://www.slideshare.net/RizkyIslami/materi-vektor-dalam-aplikasi-teknik-sipil
Mahmudi, A. (2010). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Nurak, Y. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang pada Ssiwa Kelas X-A SMA Negeri 8 Kupang. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Pasco, J. C. (2020). Students' Self-Efficacy in Mathematics with Mathematical Modelling Integrated with Dynamic GeoGebra Approach. International Journal of Multidiciplinary Approach, 7(5), 52-61. doi:10.13140/RG.2.2.12252.21128
Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9-22. doi:https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v8i1.211
Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self-Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166-173. doi:http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663
Puspitawati, N. M., Santyasa, I. W., & Agustini, K. (2018). Pengaruh Media GeoGebra Terhadap Motivasi dan Kreativitas Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 1 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(3). doi:https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i3.2286
Rahmatulloh, M. J., Deharsena, F. N., Valino, L., Cahyo, R. D., & Fuadin, A. (2023). Pengaruh Transisi Pembelajaran Pasca Pandemi: Dari Pembelajaran Online ke Pembelajaran Offline. IJM: Indonesian Journal of Multidisiplinary, 1(2), 552-562.
Ramadhani. (2017). Perbedaan Peningkatan Self-Efficacy Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan GeoGebra dengan Tanpa Berbantuan GeoGebra Di SMPN 22 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 2(1), 159-165. Diambil kembali dari https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/142/134
Rizki, A. A., & Sugiyo. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar pada Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 13(2). doi:https://doi.org/10.23887/jibk.v13i2.35667
Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 39-46.
Saputro, B. A., Prayito, M., & Nusyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 33-38. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4471
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). GeoGebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics Conference Series, 1613(1). doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Slavin, R. E. (2021). Education Psychology: Theory and Practice, 13th Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sudihartinih, E., & Wahyudin. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan GeoGebra Berbantuan E-Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 87-103. doi:https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944
Suhaifi, A., Rufi'i, R., & Karyono, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 220-230. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.45080
Suhartini, & Nufus, H. (2021). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran Langsung Berbantuan Software geoGebra Terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy Siswa. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 4(1), 26-34. doi:https://doi.org/10.33578/prinsip.v4i1.99
Tanton, J. (2005). Encyclopedia of Mathematics. New York: facts On File, Inc. Diambil kembali dari https://encyclopediaofmath.org/index.php?title=Vector
Zetriuslita, Nofriyandi, & Istikomah, E. (2020). The Effect of GeoGebra-Assisted Direct Instruction On Students' Self-Efficacy and Self-Regulation. Infinity; Jurnal of Mathematics Education, 9(1), 41-48. doi:https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p41-48
Copyright (c) 2024 Arfin, Melania Eva Wualnningtyas, Veven
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.