Dinamika dan Kontribusi Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar

  • Hotman Sugeng Ritonga Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • A Andari Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
  • Ahmad Husein Nasution Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia
Keywords: Dinamika dan Kontribusi, Pendidikan Muhammadiyah, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini  adalah untuk mendeskripsikan dinamika dan kontribusi pendidikan muhammadiyah di Indonesia khusunya di Sekolah Dasar (SD). Metode penelitian merupakan sebuah penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah guru di SD Muhammadiyah. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pendidikan muhammadiyah di sekolah dasar diinternalisasikan pada setiap proses pembelajaran dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. SD Muhammadiyah memberikan pelayanan pendidikan serta mengembangkan keterampilan, minat dan bakat anak melalui program ekstrakurikuler. Program ekstrakurikuler diantaranya adalah Pramuka dan Pencak silat. SD Muhammadiyah juga sangat mengedepankan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan melalui kegiatan-kegiatan Baca Tulis Al- Qur”an, Hafalan Hadist, Bahasa Arab, Doa Harian, Shalat Dhuha, Shalat Berjamaah, Peringatan Hari Besar Muhammadiyah dan Islam.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. 2019. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514-1519.

Yahya, S. 2021. Strategi Guru PAI Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar. Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2).

Aminu, N. 2021. Usaha Guru PAI dalam Membina Akhlak Melalui Pembelajaran Daring Di SD Negeri 1 Kaobula. Taksonomi Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2).

Akbar, dkk. 2021. Muhammadiyah dalam Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edumaspul, Vol. 5 – No. 2, year (2021), page 898-902 ISSN 2548-8201 (Print) 2580-0469 (Online).

Ali, M. 2016. Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika, Jurnal Studi Islam. Peran Organisasi Islam Dalam Pengembangan dan Penerapan Hukum Islam di Indonesia.

Pakkanna. 2021. Jangan Tergesa-gesa Menjadi Orang Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah.

Andari, dkk. 2023. Dinamika Organisasi Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah. Vol 4 No 3 (2022): Pendidikan Islam dan Multikulturalisme.

Moleong, L. J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yusra, N. 2018. Muhammadiyah: Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam. Potensia Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). http://ejournal.uin Yusra, N. (2018). Muhammadiyah: Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam. Potensia Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Aydrus, N. Al. 2022. Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1).

Firmansyah, Eka. Wardati, Novita Asna. Implementasi Pendidikan Muhammadiyah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 6 Kota Batu IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman ISSN 0216-4949 (Print) || ISSN 2615-4870 (Online) Volume 17, Nomor 02, Juli 2022.

Sinar. 2018. Metode Active Learning. Jakarta: Deepublish.

Indrijati, Herdina. 2017. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Yuliani, M et al. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori Dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Susilo, Joko. 2020. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan.

Pedoman Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2020. Tentang Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Nomor-01-PED-I.0-B-2018.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pasal 1 butir 19.

Published
26-11-2023
How to Cite
Ritonga, H. S., A Andari, & Ahmad Husein Nasution. (2023). Dinamika dan Kontribusi Pendidikan Muhammadiyah di Indonesia: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 731-738. https://doi.org/10.58230/27454312.291