Desain Kurikulum Terpadu dengan Pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience)

  • Ficky Uwais Alqarny Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Mujiburrohman Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Keywords: Desain kurikulum, Kurikulum Terpadu, Pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami kurikulum terpadu dengan pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience), yang menerapkan pola kurikulum terpadu dengan mengintegrasikan konten dari mata pelajaran umum dan studi Islam. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan Pembelajaran Aktif dan Pembelajaran Mendalam ke dalam proses pembelajaran, dengan harapan memberikan pengalaman belajar yang aktif dan mendalam bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Data penelitian didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian di analisa dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain kurikulum yang ada di SDIT Nur Hidayah Surakarta lebih menekankan pada internalisasi nilai-nilai Islam dalam setiap muatan kurikulum nasional. Kurikulum Terpadu mengacu pada 7 pilar Pendidikan, Prinsip-prinsip Kurikulum Terpadu, Standar mutu pendidikan Kurikulum Terpadu, Hakikat pembelajaran Kurikulum Terpadu yang meliputi tiga tahap, yaitu : penyajian, internalisasi, dan penerapan. pembelajaran "TERPADU" dapat di jabarkan menjadi: telaah, eksplorasi, rumusan, presentasi, aplikasi, keterkaitan dengan dunia nyata, dan keterkaitan dengan akhirat.

Kata kunci: , , 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Noor, T. (2018). rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(01).

Putri, A. L., Charista, F. D. F., Lestari, S., & Trisiana, A. (2020). Implementasi Pancasila Dalam Pembangunan Dibidang Pendidikan. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 13-22.

Abdullah, M. Y., Hastuti, W., & Karmila, A. (2016). Lego (puzzle bingo) games: media edukatif berbasis pendidikan karakter pada anak usia sekolah dasar dalam mewujudkan generasi indonesia emas (Doctoral dissertation, Muhammadiyah University Makassar).

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyatno. (2016). Sekolah Dasar Islam Terpadu dalam Konsepsi Kelas Menengah

Muslim Indonesia, diakses dari http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/viewFile/213/196

Tim JSIT. (2006). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT

Indonesia.

Hikmah, A. A., Subando, J., & Effendi, A. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Terhadap Alam Pada Santri Di Pondok Pesantren Muhammadiyah Green School Wonogiri Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(1), 153-160.

Bahgat, M. M. (2018). FIRST Framework, 5 Domains 15 Principles: Design & Facilitate Active Deep Learner eXperience (Volume 1) (Vol. 1). Mohamed M. Bahgat.

Kompri. (2015). Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wahab, R. (2013). Konsep Sekolah Islam Terpadu. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/rochmat-wahab-mpd-madr-prof/konsep-sekolah-islam-terpadu.pdf

Fanani. (2013). 7 Pilar Pendidikan Islam Terpadu (pendidikan berbasis tauhid).

Yogyakarta: Yayasan SPA Indoensia.

Raafi, R. (2020). Studi Implementasi Manajemen Kurikulum Sekolah Islam Terpadu di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang (Doctoral dissertation, Tesis, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Aziz, R. A. (2022). Manajemen kurikulum berorientasi ADLX (Active Deep Learner Experience) dengan pendekatan Terpadu: Studi kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Bahgat, M., Elsafty, A., Sharawy, A., Elsamman, K., Samir, R., & Said, T. (2017, November). Facilitating Active Deep Learner eXperience, Using FIRST Framework Transforming Role of Teacher in the Classroom. In Proc. 5th International Conference on Islamic Education (ICIE 2017) (Vol. 21, p. 23).

Published
21-11-2023
How to Cite
Ficky Uwais Alqarny, & Mujiburrohman. (2023). Desain Kurikulum Terpadu dengan Pendekatan ADLX (Active Deep Learner eXperience). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 719-730. https://doi.org/10.58230/27454312.290