Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Suryani Surakarta

  • Qurrotul A’yuni Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Joko Subando Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Muh. Fatahillah Suparman Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Indonesia
Keywords: Evaluasi, Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Pondok Pesantren Suryani Surakarta dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan penelaahan dokumen. Guru dan siswa menjadi fokus penelitian, dengan tujuan memahami fenomena pembelajaran PAI, termasuk persepsi dan motivasi siswa. Evaluasi ini diharapkan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan proses belajar mengajar di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran PAI di pesantren ini memiliki kekuatan; guru-guru memiliki latar belakang dan pengalaman mengajar yang baik, serta menerapkan metode pengajaran halaqah yang memungkinkan siswa berinteraksi aktif. Namun, ada kelemahan, seperti keterbatasan teknologi yang membatasi penggunaan media digital dan keberagaman latar belakang siswa yang perlu diakomodasi lebih baik. Rekomendasi yang diajukan meliputi peningkatan akses teknologi dalam pembelajaran PAI, pengembangan strategi pengajaran yang inklusif, dan pelatihan berkelanjutan bagi guru. Pondok Pesantren Suryani Surakarta diharapkan terus meningkatkan kualitas pendidikannya untuk membentuk karakter generasi muda dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. DOI https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394. Diakses dari https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394/1177

Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35–52. DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.511. Diakses dari https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/511/310

Choli, I. (2020). Pendidikan Agama Islam dan Industri 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 20–40. DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891. Diakses dari https://uia.e-journal.id/Tahdzib/article/view/891/489

Harahap, M. (2016). Esensi peserta didik dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(2), 140–155. DOI: https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625. Diakses dari https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/625/328

Hasan, M., Fakhruddin, F., & Wanto, D. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Dalam Tradisi Sedekah Ruwah Di Desa Pelabuhan Baru Kecamatan Curup Tengah. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Hidayat, T., Firdaus, E., & Somad, M. A. (2020). Model pengembangan kurikulum Tyler dan implikasinya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197–218. E-ISSN: 2442-5605

Hidayati, T. R. (2015). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Fenomena, 1–20

Islam, S. P. (1984). Sejarah Pendidikan Islam. Inovasi. Diakses dari https://raulina.wordpress.com/2009/12/30/m/

Jalaluddin, H. (2001). Teologi pendidikan. Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=354415. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=ED628960

Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36. Diakses dari https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112/74

Julaeha, S. (2019). Problematika kurikulum dan pembelajaran pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. Diakses dari https://www.riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/367

Manab, H. A. (2014). Penelitian pendidikan: Pendekatan kualitatif. Kalimedia. Diakses dari http://repo.uinsatu.ac.id/4919/1/scan%20Buku%20Pendidikan%20Penelitian0001.pdf

Muhammad, M., & Nurdyansyah, N. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik. Nizamia Learning Center. Diakses dari http://eprints.umsida.ac.id/306/1/BUku%20Saintifik.pdf

Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 9–27. DOI: https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556. Diakses dari https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/556/430

Nurdianti, T., Fakhruddin, F., & Karolina, A. (2019). Konsep Pendidikan Berbasis Multikultural dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. IAIN Curup. Diakses dari http://e-theses.iaincurup.ac.id/2033/1/skripsi%20%20tiara%20nurdianti.pdf

Ramayulis. (1998). Ilmu pendidikan Islam. Kalam Mulia. http://catalog.uinsby.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8648. Diakses dari http://catalog.uinsa.ac.id//index.php?p=show_detail&id=8648

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882. Diakses dari https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/882/461

Wati, F., Kabariah, S., & Adiyono, A. (2023). Subjek dan objek evaluasi pendidikan di sekolah/madrasah terhadap perkembangan revolusi industri 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 384–399. Diakses dari https://jpk.joln.org/index.php/2/article/view/47/56

Wharyanti, A. (2021). Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al Irsyad Gajah Demak. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Diakses dari http://repository.unissula.ac.id/22840/12/S1%20Tarbiyah_31501700034_fullpdf.pdf

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yunitasari, B. (2019). Realisasi Nilai-Nilai Ekologi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. UIN Raden Intan Lampung. Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/5645/1/SKRIPSI_FULL.pdf

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Published
06-11-2023
How to Cite
Qurrotul A’yuni, Subando , J., & Suparman, M. F. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Suryani Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 497-504. https://doi.org/10.58230/27454312.266