Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Menggunakan Media Kitab at-Tijan fi Syu’ab al-Iman kepada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas

  • Daud Akhyari Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
  • Joko Subando Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta, Indonesia
Keywords: Penerapan Pedoman Akhlak Terpuji, Kitab at-Tijan fi syu'ab al-iman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya akhlak mulia yang dimiliki peserta didik di lingkungan pendidikan. Dalam berbagai program dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan SMA Al-Islam 1 Surakarta, banyak hal yang dapat ditiru, dimodifikasi, dan dapat dijadikan bahan dalam melakukan proses penanaman akhlak siswa di lingkungan sekolah. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai implementasi penanaman nilai moral dengan media kitab at-Tijan fi syu'ab al-iman pada siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta dan identifikasi kendalanya. ditemukan di dalamnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif studi kasus. Peneliti memanfaatkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mencari perolehan data yang valid untuk menunjang kebutuhan penelitian. Teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data merupakan teknik analisis data yang digunakan peneliti. Selanjutnya menggunakan triangulasi dalam menentukan keabsahan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi penanaman nilai-nilai akhlak terpuji dengan media kitab at-Tijan fi syu'ab al-Iman pada siswa SMA Al-Islam 1 Surakarta dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Sedangkan faktor yang memberikan kelancaran dan penghambat terbagi menjadi dua hal, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Hamid, Abdul. 2016. “Metode Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak.” Palu: Ta’lim 14, no.2.

Hidayat, N. 2015. “Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam.” Ta’allum 3, no. 2.

Karolina, Asri. 2017. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Berbasis Pembentukkaan Karakter dari Konsep Menuju Internalisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an.” Curup: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri 11, no.2.

Khadafi, M. 2010. “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlak Melalui Pembelajaran AlQur’an dan Hadist di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta.” Tajdida 9, no.2.

Kristiawan, Muhammad. dkk. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Manan. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Islam-Ta’lim 15, no.1.

Nata, Abuddin. 2012. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Noveriyanto. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Melalui Kegiatan Mentoring pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.” An-Nizom 4, no.1.

Prabowo. 2014. Implementasi Niai-Niai Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta didik di MTsN Sumeragung Baitul. l Yogyakarta: Skripsi: UIN Suka.

Priatmoko. 2018. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0.” Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2.

Riami, R., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2021). Penanaman Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 10-22.

Salim, Anwar. 2018. “Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial.” Jurnal UIN Raden Intan Lampung 9, no. 2.

Setiawan. 2015. “Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Melalui Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” Jupis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 5, no. 2.

Sitompul. 2016. “Metode Keteladanan dan Pembiasaan dalam Penanaman NilaiNilai dan Pembentukkan Sikap pada anak.”Jurnal Darul ’Ilmi 4, no.1. Sugiyono. 2018. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Published
04-10-2023
How to Cite
Akhyari, D., & Subando, J. (2023). Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Terpuji Menggunakan Media Kitab at-Tijan fi Syu’ab al-Iman kepada Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 403-416. https://doi.org/10.58230/27454312.251