Pengembangan Metode Permainan Lempar Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyusun Struktur Kalimat Bahasa Arab

  • Mawardi Mawardi IAIN Palopo
  • Mubassyirah Bakri IAIN Palopo
  • Nur Mila IAIN Palopo
Keywords: pengembangan, media, lempar dadu, menyusun kalimat bahasa Arab

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pengembangan metode Permainan Lempar Dadu Untuk Meningkatkan kemampuan Siswa Dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab pada Siswa Kelas VII MTs.N palopo. penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui rancangan permainan lempar dadu untuk siswa kelas VII dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab; 2) Mengetahui kelayakan media lempar dadu dalam menyusun struktur kalimat bahasa Arab di dalam kelas VII di MTs.N Palopo semester I. Desain penelitian ini digunakan dalam penelitian adalah model penelitian dan pengembangan R&D yang diusulkan oleh sugiyono. Pengembangan media lempar dadu ini menggunakan model 4D yaitu, 1) Pendefinisian, 2) Perancangan, 3) Pengembangan dan 4) penyebaran. Penelitian dilakukan di MTsN Palopo dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII semester I. Untuk tingkat kevalidan produk yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh validator materi dan validator ahli media, sedangkan untuk mengetahui keefektifan produk, peneliti membagikan angket untuk siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media lempar dadu adalah sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari penilaian ahli materi (92%) dengan kategori sangat valid, penilaian ahli media (90%) dengan kategori sangat valid, penilaian praktisi (guru mata pelajaran bahasa Arab) (86) dengan kategori sangat valid dan respon siswa dengan skala kecil (84%) dan skala besar (90%) dengan kategori sangat efektif.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Mawardi Mawardi, IAIN Palopo

 

 

Mubassyirah Bakri, IAIN Palopo

 

 

Nur Mila, IAIN Palopo

 

 

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Alfani, M. I., & Huda, N. (2019). Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A MTs Negeri 10 Sleman. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.42-05

Baroroh, R. U., & Mardliyyah, A. (2019). Development of The Ladder Snake Game Media in Arabic Learning/ Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v2i1.5445

Dara, N., Khatimah, H., & Fitriani, L. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Fun Learning dengan Media Permainan Ular Tangga di MI Al-Muhtadin Arso VI. Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i2.82

Daulae, T. H. (2019). Langkah-Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Menuju Peningkatan Kualitas Pembelajaran. FORUM PAEDAGOGIK, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1778

Hudri, M., Sopian, A., & Nursyamsiah, N. (2022). Implementasi Model Lagu dalam Peningkatan Pemahaman Materi Bahasa Arab (Studi Eksperimen pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Yapis Pattiro Bajo). AL-WARAQAH Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/awrq.v2i2.2561

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), Article 1.

Istaqam, N. (2021). Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v5i2.331

Mafaza, A. M. (2020). Media Kementa (Kembara Pengetahuan) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Sekolah Dasar. International Conference of Students on Arabic Language, 4(0), Article 0.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332

Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Published
22-11-2022
How to Cite
Mawardi, M., Bakri, M., & Mila, N. (2022). Pengembangan Metode Permainan Lempar Dadu untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Menyusun Struktur Kalimat Bahasa Arab . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 251-262. Retrieved from https://ssed.or.id/contents/article/view/202