Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara

  • Nasroni Nasroni UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kab. Luwu Utara
Keywords: Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik Kelas VI  UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, yaitu 66,36 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 63,64% sedangkan siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 84,09 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 90,91%, atau terjadi peningkatan sebesar 27,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhadiah, S.(1993). Bahasa Indonesia I. Jakarta: Depdikbud.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Cahyani, Isah & Hodijah. (2008). Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Eka. (2010). Model-Model Pembelajaran. Online (ekagurunesama).blospot.com diakses tanggal 21 Januari 2020.

Elearningunesa.ac.id. (2009). Pembelajaran Menurut Arends. di akses tanggal 22 Januari 2020

Firman (2016). Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Deden. (2010). Pembelajaran Talking Stick. (dedenbilaode.blogspot.com) Diakses tanggal 22 Januari 2020.

Hazan, S.H. & Zainul. (1992). Evaluai Hasil Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Resmini, N, dkk. (2008). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Bandung: UPI Press.

Resmini, N & Juanda. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Setiawan, H. (2010). Pengertian Model Pembelajaran Online (http//www/wordpress.com) diakses tanggal 22 Januari 2020.

Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Sumantri, M. (1999). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Suyatno, H. (2008). Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia VI SD. Jakarta: Depdikbud.

Waras, Kamdi. (2010). Inisiasi Pembelajaran IPA di SD. Online (http//www/wordpress.com) diakses tanggal 22 Januari 2020.

Warsidi, Edi dan Farika. (2008). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Depdiknas.

Published
24-02-2020
How to Cite
Nasroni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 147-161. https://doi.org/10.58230/27454312.19