Peningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Tema Panas dan Perpindahannya dengan Pendekatan Berbasis Masalah Kontekstual Pada Siswa Kelas V MI Datuk Sulaiman Palopo

  • Radhiah Radhiah MI Datuk Sulaiman Palopo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Tematik, Pendekatan berbasis masalah, Kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V A MI Datuk Sulaiman Palopo setelah dilakukan pembelajaran tematik dengan pendekatan berbasis masalah yang kontekstual tema panas dan perpindahannya, dan untuk mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran yang meliputi kerjasama, bertanya dan berkomunikasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MI Datuk Sulaeman Palopo dengan subjek penelitian berjumlah 29 siswa yang dibantu oleh 1 orang rekan sejawat sebagai pengamat. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dan tahapan di setiap siklusnya yaitu Tahap perencanaan, Tahap implementasi tindakan, Tahap pengamatan, assesmen authentik , assesmen kinerja dan terakhir Tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan tes. indikator keberhasilan penelitian apabila penilaian tes mencapai skor rata-rata 85, dan penilaian non tes berupa keaktifan siswa mencapai persentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan berbasis masalah yang kontekstual hasil belajar tematik pada tema panas dan perpindahannya siswa kelas V MI Datuk Sulaiman palopo dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa ditas 85 dan keaktifan siswa dari kemampuan kerjasama, bertanya dan berkomunikasi di angka 85%.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Radhiah Radhiah, MI Datuk Sulaiman Palopo, Indonesia

 

 

References

Aswar, N., Hasbi, H., & Ilham, D. (2022). Improving Indonesian Language Learning Outcomes for Elementary School Students through the Use of Picture Media. Jurnal Sinestesia, 12(1), 178–189.

Firman, F., Nurqalbi, N., & Hisbullah, H. (2022). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbasis Pelatihan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Jurnal Sinestesia, 12(1), 152–164.

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 5(1), 61–72.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Hasriadi, H. (2022a). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Hasriadi, H. (2022b). STRATEGI PEMBELAJARAN. Mata Kata Inspirasi.

Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., Firman, F., Hasriadi, H., & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Datuk Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737–744.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat baca siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98–112.

Mujahid, A., Aderus, A., Mirnawati, M., & Firman, F. (2022). Humanistic Education and the Concept of" Merdeka Belajar" in Indonesia: A Perspective of the Qur’an. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4).

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 1–7.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61.

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip desain pembelajaran: Disesuaikan dengan kurikulum 2013 edisi Kedua. Kencana.

Published
22-11-2022
How to Cite
Radhiah, R. (2022). Peningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Tema Panas dan Perpindahannya dengan Pendekatan Berbasis Masalah Kontekstual Pada Siswa Kelas V MI Datuk Sulaiman Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 227-236. https://doi.org/10.58230/27454312.170