Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

  • Jumiatih Jumiatih Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Palopo
Keywords: Metode bercerita, Bahasa Indonesia, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode bercerita dalam meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan populasi penelitian sebanyak 23 orang siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Metode penarikan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus yang kedua sebesar 15%. Selain hal tersebut, fakta lain yang ditemukan adalah dengan menggunakan metode berceritadalam pembelajaran berdampak pada tumbuhnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya guru dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan metode bercerita karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali, Muhammad. (2002). Guru dalam Proses Belajar-mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Depdikbud. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta Kridalaksana.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Haling, Abdul. (2004). “Belajar Pembelajaran.” Diktat. Makassar: FIP Makassar

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hisbullah, H., Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education Volume 2 Nomor 2, Nopember 2019. (DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231)

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenada Group.

Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165-177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373.

Munawir, A. (2019). Online Game and Children’s Language Behavior. IDEAS: Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 7 (2), 337-342. Retrieved from http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/ideas/article/view/1050/784.

Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. & Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
24-02-2020
How to Cite
Jumiatih, J. (2020). Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 123-130. https://doi.org/10.58230/27454312.17