Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gerak Lurus pada Siswa Kelas VII MTsN Palopo

  • Mahdiyah Muchtar MTs Negeri Palopo
Keywords: Problem Based Instruction, Hasil Belajar, Gerak Lurus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak lurus dengan menggunakan model problem based instructional. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dimana tahapannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatam dan refleksi. Subyek penelitian ini berjumlah siswa 40 orang dengan penentuan subjek penelitian menggunakan random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Palopo yang berlokasi di Jl. Andi Kambo, Kec. Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang terdiri dari afektif, kognitif dan psikomotorik. Data diperoleh dari hasil prites, postes, dan hasil observasi prilaku belajar siswa. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dengan membandingkan hasil sebelum dan sesudah pemberian perlakuan kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan. Sebelum penerapan Problem Based Instruction, hasil tes pada siklus I sebesar 69 menjadi 76 pada siklus II dan pembelajaran klasikal dari 70% menjadi 87%. Dari aspek afektif sebesar 75 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II, dan hasil klasikalnya dari 90% menjadi 100% pada siklus II. Dari aspek psikomotorik, dari 73 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II dan klasikalnya 70% pada siklus I menjadi 78 pada siklus II.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Mahdiyah Muchtar, MTs Negeri Palopo

 

 

References

Astuti, T. P. (2019). Model problem based learning dengan mind mapping dalam pembelajaran IPA abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Fakhriyah, F., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2022). TPACK dalam Pembelajaran IPA. Penerbit NEM.

Firman, F., Nurqalbi, N., & Hisbullah, H. (2022). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbasis Pelatihan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Jurnal Sinestesia, 12(1), 152–164.

Hasriadi, H. (2022a). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Hasriadi, H. (2022b). Model Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Konsepsi, 11(1), 85–97.

Hasriadi, H. (2022c). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.

Kartini, K., Syamsuddin, N., Mustafa, M., Pamessangi, A. A., Nurmiati, N., Sukirman, S., Firman, F., Hasriadi, H., & Chaeril, M. (2022). Pelatihan Penerapan Media Inovatif Dalam Pembelajaran di Pondok Pesantren Putra Dato Sulaeman. Madaniya, 3(4), 737–744.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). MEDIA SAHBAT CENDEKIA.

Salam, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2022). How to Improve Learning Outcomes of the Indonesian Language in Elementary Schools through the Implementation of Problem-Based Learning Methods. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 131–144.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5, 1–7.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61.

Sulaiman, S., & Neviyarni, S. (2021). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 220–234.

Syamsudin, S. (2020). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 81–99.

Tamrin, M. I. (2019). Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Agama Non Formal Di Era Global. Menara Ilmu, 13(2).

Published
22-11-2022
How to Cite
Muchtar, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Instruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Gerak Lurus pada Siswa Kelas VII MTsN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 209-216. https://doi.org/10.58230/27454312.167