Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk

  • Syamsu Alam MTsS Batusitanduk, Indonesia
Keywords: Supervisi Klinis, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pelaksanaan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk Lamasi, dan Faktor Penghambat dalam Implementasi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk Lamasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau naturalistik karena dilakukan padakondisiyang alamiah. Prosedur penelitian meliputi persiapan, pelaksanaan, dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dari penelitan ini adalah guru yang mengajar di MTsS Batusitanduk Lamasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar dokumentasi dan lembar wawancara. Teknik pengolahan data dimulai denagn mereduksi data, kemudian mengurai hasil penelitian dalam bentuk uraian singkat dan terakhir menarik kesimpulan. Supervisi Klinis merupakan suatu pembimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas guru secara sengaja yang dimulai dari pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan yang di analisis secara cermat, teliti, dan obyektif untuk mendapatkan perubahan perilaku mengajar yang diharapkan. Tahap implementasi pelaksanaan supervisi klinis untuk meningkatkan kinerja guru di MTsS Batusitanduk Lamasi meliputi pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan. Faktor Penghambat dalam Implementasi Pelaksanaan Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk Lamasi yaitu tidak semua guru mengikuti dan memahami supervisi klinis dengan baik. Hambatan yang dominan juga terkait masalah waktu karena tidak sesuai dikarenakan banyaknya guru yang harus dibina dalam teknik proses pembelajaran sedangkan waktu yang tersedia terbatas dalam memberikan supervisi klinis yang mengakibatkan pelaksanaan supervisi klinis tidak maksimal, sehingga dalam hal ini membutuhkan waktu yang cukup banyak.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Syamsu Alam, MTsS Batusitanduk, Indonesia

 

 

References

Azizudin, A. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis di SMP Negeri 6 Mataram. Jurnal Paedagogy, 9(1), 94–100.

Firman, F., Nurqalbi, N., & Hisbullah, H. (2022). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbasis Pelatihan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Jurnal Sinestesia, 12(1), 152–164.

Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.

Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136–151.

Hasriadi, H. (2022). Strategi Pembelajaran. Mata Kata Inspirasi.

Isnaini, E. (2022). Supervisi Klinis Pemanfaatan Pmm Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Kelas IV SDN Sisir 01 Kecamatan Batu Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(3), 398–419.

Musdalipa, M., Mustaming, M., Taqwa, T., & Wiratman, A. (2021). Peranan Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 10(2), 106–112.

Salam, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2022). How to Improve Learning Outcomes of the Indonesian Language in Elementary Schools through the Implementation of Problem-Based Learning Methods. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 131–144.

Sarjana, K. (2022). Penerapan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. Inovasi Jurnal Guru, 7(18), 56–64.

Sastradiharja, E. J., Tanrere, S. B., & Dzulfah, F. (2022). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Model Supervisi Klinis Terhadap Kreativitas Mengajar Guru. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 1083–1104.

Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61.

Yusuf, M., Rahmah, N., Nursyamsi, N., Mirnawati, M., & Firman, F. (2022). Values in The Book of Islamic Religious Education and Characteristics For First High School In Curriculum 2013: A Content Analysis. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Published
22-11-2022
How to Cite
Syamsu Alam. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTsS Batusitanduk. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 179-188. https://doi.org/10.58230/27454312.163