Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Gerak Benda dan Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara

  • Nursyamsi Amin MTsS. Manongkoki, Indonesia
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, Kreatifitas siswa

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kreativitas siswa jika diterapkan pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu dengan pokok bahasan gerak benda dan makhluk hidup dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Adapun alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi berbasis masalah untuk guru, lembar observasi sikap kreatif untuk siswa, dan lembar observasi berpikir kreatif untuk siswa. Selain itu digunakan juga lembar evaluasi hasil siswa berupa tes tertulis dan angket refleksi untuk melihat perilaku belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, tes dan angket. Sementara untuk analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh simpulan bahwa pembelajaran berbasis masalah yang telah dilaksanakan di kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara dapat meningkatkan kreativitas siswa, hal ini dapat terlihat dari skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa dari siklus I adalah 2, 67 sedangkan pada siklus II adalah 2, 76.

 

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biography

Nursyamsi Amin, MTsS. Manongkoki, Indonesia

 

 

References

Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 453–459.
Firman, F., Nurqalbi, N., & Hisbullah, H. (2022). Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbasis Pelatihan Kepramukaan di Sekolah Dasar. Jurnal Sinestesia, 12(1), 152–164.
Hakim, L. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Lembaga Pendidikan Islam Madrasah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 37–56.
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Origami. Elementary: jurnal ilmiah pendidikan dasar, 5(1), 61–72.
Hasriadi, H. (2020). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 59–70.
Hasriadi, H. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN. Mata Kata Inspirasi.
Jufri, W. (2013). Belajar dan pembelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & ayu Indrawati, G. (2017). Penerapan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis multimedia untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13–22.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.
Salam, S., Firman, F., & Mirnawati, M. (2022). How to Improve Learning Outcomes of the Indonesian Language in Elementary Schools through the Implementation of Problem-Based Learning Methods. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 131–144.
Sukirman, S., Firman, F., Aswar, N., & Mirnawati, M. (2021). Pengaruh Beberapa Faktor Determinan terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 46–61.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Erlangga.
Published
22-11-2022
How to Cite
Nursyamsi Amin. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pokok Bahasan Gerak Benda dan Makhluk Hidup Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII.3 MTsS Manongkoki Palombangkeng Utara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 171-178. https://doi.org/10.58230/27454312.161