Penerapan Pendekatan Scientific dengan Metode Student Teams Achievement Divisio (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan pendekatan scientific melalui metode Student Teams Achievement Divisio (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi secara berulang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A MTs Negeri Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar IPA dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII A MTs Negeri Palopo mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan model STAD. Sebelum diadakan tindakan pembelajaran skor rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77,43 dan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan metode STAD skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 85,97 dan siklus II sebesar 89,34. Disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan scientific dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dan rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga mereka memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka.
Metrics
References
Ali, Muhammad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Djamar, SB. 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.
Eggen, Paul Don Kouchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Hisbullah. Selvi, N. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.
Hisbullah, H., Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education Volume 2 Nomor 2, Nopember 2019. (DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231)
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mohamad Nur dan Prima Retno W. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: University Press.
Muslim Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Pendekatan scientific. Surabaya : University Press
Nana Sudjana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Nasran Kartini. 2003. Penerapan Pembelajaran Pendekatan scientific Dengan Model STAD Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Peserta didik Kelas V SD Tamamaung IV Makassar. Skripsi: FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Padallingan, Y., Mufidah, A., Munawir, A. (2017). Pengimplementasian Model Pembelajaran PDOEDE (Predict-Discuss-Explain-Observe-DiscussI) untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 4 (50), 526-533. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/910/582
Sudarmi, 2005. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Peserta didik Kelas IV SDIT Wihdatul Ummah Makassar (Suatu Peningkatan Ketuntasan Pembelajaran IPA) Skripsi : FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Suherman Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran IPA Kontemporer. Bandung : JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Wahida, 2004. Penerapan Pembelajaran Pendekatan scientific Dengan Pendekatan TAI Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas II SMP. Skripsi : FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.