Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi di Sekolah Dasar

  • Nurafifah IAIN Palopo
  • Firman IAIN Palopo
  • Mirnawati IAIN Palopo
  • Jumardin La Fua IAIN Kendari
  • Munir Yusuf IAIN Palopo
Keywords: Video Animasi, Pembelajaran Online, Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan video animasi serta mengetahui kelebihan dan kekuragan penggunaan video animasi dalam pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas III SDN 12 Langkanae. Subjek dan objek kajian pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 12 Langkanae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun sumber data yang diperoleh dari guru dan siswa serta data-data sarana-prasarana sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi dalam pembelajaran online  mata pelajaran tematik, pjok dan agama menggunakan aplikasi whatsapp. Adapun pembelajaran online menggunakan video animasi guru mengambil video langsung dari youtube. Tahap-tahap pelaksanaan penggunaan video animasi dalam pembelajaran online yaitu perencanaan pembelajaran dengan mempersiapkan RPP, persiapan video animasi guru mendownload video dari youtube, sedangkan proses pembelajaran mempunyai tahap pendahuluan, pertengahan atau inti dan penutup. Kelebihan dari penggunaan video animasi pada pembelajaran online yaitu memudahkan pemhaman siswa terhadap materi pembelajaran, meningkatkan minat siswa dalam belajar dan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Kekurangan penggunaan video animasi yaitu jaringan yang tidak stabil dan memerlukan penyimpanan atau memori yang cukup besar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.Universitas Sanata Dharma.

Helmiansyah Zaki Al Fuad, Aprian Subhananto, Melva Agustina. (2020) Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Laboratorium Aceh.

Fahmi Nugraha, Mohammad. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher.

Iftitah, Selfi Lailiyatul. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Institut Agama Islam Negeri Madura.

Jerry Radita Pnza, Putu. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha.

Munawar, Badri. (2020). Pemanfaatan Bahan Ajar Digital Berupa Animasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini.

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. UIN Antasari Banjarmasin.Damayanti, I. (2014).

Sari, Intan Novita, Bukman Lian , Khermarinah. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 27 Palembang Program Pascasarjana Univ. PGRI Palembang12, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu3.

Swanda, I Made Suwanda. (2018). Penggunaan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dawarblandong, Mojokerto.

Siyo, Sandu dan M Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media

Published
01-05-2022
How to Cite
Nurafifah, Firman, Mirnawati, La Fua, J., & Yusuf, M. (2022). Penggunaan Video Animasi dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi di Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 57-66. https://doi.org/10.58230/27454312.139