Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

  • Andi Hajar STKIP Muhammadiyah Bone
Keywords: Model Pembelajaran, Learning Partner, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam; Menghormati Orang Tua Pada peserta didik kelas VII6  SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone yang diajarkan dengan menerapkan model Learning Partner. Manfaat penelitian ini adalah untuk memotivasi peserta didik dalam belajar agar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dengan jumlah peserta didik 30 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang Perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu untuk memprediksi apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar peserta didik . Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata pada siklus I hasil belajar dari 65,7 dan pada siklus ke-II rata-rata meningkat menjadi 81,66. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Partner dapat meningkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alquran dan Terjemah. (2007). Tangerang: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Achmad Sugandi. (2000). Teori Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

A.Rahman Getteng. (1997). Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Yayasan al-Ahkam

Akmal Hawi. (2014). Dasar-dasar Studi Islam. Cet. 1; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

------------------. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Cet.II; Jakarta: Rajawali Pers.

Bukhari Umar. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Cet. 2; Jakarta:Amzah.

Fatmawati. (2014). Diktat Pengembangan Program Pembelajaran dalam Ruang Lingkup STKIP Muhammadiyah Bone.

Hamzah B.Uno, dkk. (2012). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Cet.II; Jakarta:Bumi Aksara.

Hisbullah. Nurhayati, Selvi. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.

Hisbullah, H., Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education Volume 2 Nomor 2, Nopember 2019. (DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.231)

Istarani. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Jihad dan Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (2014). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Cet.II Edisi Revisi; Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.

Kementerian Agama RI. (2013). Alquran al-Karim dan terjemahnya. Surabaya: Anggota IKAPI.

Kusumah Wijaya dan Dwitagama. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: Indeks.

Melvin L.Silberman. (2017). Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Cet.XIII; Bandung:Penerbit Nuansa Cendekia.

Mohammad Daud. (2015). Pendidikan Agama Islam. Cet.13; Jakarta: Rajawali Pers.

Monica Juniasari dan Sarwinda. (2014). Menghormati Orang Tua. IAIN Lampung; Komunikasi Penyiaran Islam Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sarifa Suhra. (2014). Metode pembelajaran pendidikan agama Islam dari Klasik hingga modern. Cet. 2; Makassar: Gunadarma Ilmu.

Solihan Titin Sumanti. (2015). Dasar-dasar Materi Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Cet.1; Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. 3; Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sahabuddin (1999). Mengajar dan Belajar; Dua Aspek dari suatu proses yang disebut pendidikan. Ujung Pandang,: UNM Ujung Pandang.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Cet. II; Jakarta: PT Bumi Aksara.

Teguh Triwiyanto. (2017). Pengantar Pendidikan. Cet.III; Jakarta:Bumi Aksara.

Tim Dosen, Metodologi Pengajaran Agama, diterbitkan atas kerjasama Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar.

Tim Pengemban MKDP. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. 4; Jakarta: Raja Grasindo Persada.

W.James Popham dan Eva L.Baker. (2003). Teknik Mengajar Secara Sistematis. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta.

Zainuddin, dkk. (1999). Seluk Beluk Pendidikan dari Al-Gazali. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara.

Published
14-02-2020
How to Cite
Hajar, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 60-76. https://doi.org/10.58230/27454312.12