Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi siswa terhadap bidang stadi Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan ini dilaksanakan di SDIT Insantama Banjar. Dengan ini di identifikasikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dinamakan sebagai variabel X sedangkan prestasi belajar PAI dinamakan sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 23 orang yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan pengolahan data, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 10.412 + 1.705 X. Hasil penelitian koefisien korelasi atau hubungan ternyata menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti, diperoleh harga koefisien dan korelasi antara metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa.
Metrics
References
A. Saepul Hamdani. (2003). “Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran PAI”, (Nizamia: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Vol. 6. No. 20).
Ahmad Zayadi dan Abdul Majid, Tadzkirah. (2005). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Anwar, Qomari. (2003). Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa, Jakarta: UHAMKA Press
Asmani, Jamal. (2012). 7 Tips Aplikasi Pakem, Jogjakarta: Diva Press.
Badruzaman, Ahmad. (2006). Strategi dan Pendekatan dalam Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruuz.
Conny Setiawan. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: PT Gramedia.
Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI.
Depdiknas. (2003). Pendekatan Konstektual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Hisbullah. Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.
Jawahir, Mochamad. (2005). Teknik dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Cendikia Press.
Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it's here to stay (terj.). Bandung: Penerbit MLC.
Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Bandung: Penerbit MLC.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Edisi Ketiga.
Muhaimin, dkk. (2004). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi dan A.G. Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UMPRESS.
Nurhadi, dkk. (2002). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.
Poerwakatja, Soegarda. (1982). Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.
Rochiati Wiriaatmadja. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Sumiati dan Asra. 2(008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Surakhmad, Winarno. (1998). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Wahidmurni (2008). Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktik, Malang: UM Press.
Zuhairini dan Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UM Press.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.