Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar

  • Fajar Farham Hikam STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Salma Karima HSG Rumah Tahfidz Ar-Rahman
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi siswa terhadap bidang stadi Pendidikan Agama Islam, pelaksanaan ini dilaksanakan di SDIT Insantama Banjar. Dengan ini di identifikasikan bahwa metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)   dinamakan sebagai variabel X sedangkan prestasi belajar PAI dinamakan sebagai variabel Y. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 23 orang yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan pengolahan data, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y = 10.412 + 1.705 X. Hasil penelitian koefisien korelasi atau hubungan ternyata menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti, diperoleh harga koefisien dan korelasi antara metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI).  Metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

A. Saepul Hamdani. (2003). “Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran PAI”, (Nizamia: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam. Vol. 6. No. 20).

Ahmad Zayadi dan Abdul Majid, Tadzkirah. (2005). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Anwar, Qomari. (2003). Pendidikan Sebagai Karakter Budaya Bangsa, Jakarta: UHAMKA Press

Asmani, Jamal. (2012). 7 Tips Aplikasi Pakem, Jogjakarta: Diva Press.

Badruzaman, Ahmad. (2006). Strategi dan Pendekatan dalam Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruuz.

Conny Setiawan. (1992). Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: PT Gramedia.

Departemen Agama RI. (2010). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Depag RI.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Konstektual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Hisbullah. Selvi, N. (2018). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar, Makassar: Aksara Timur.

Jawahir, Mochamad. (2005). Teknik dan Strategi Pembelajaran. Bandung: Cendikia Press.

Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it's here to stay (terj.). Bandung: Penerbit MLC.

Johnson, Elaine B. (2009). Contextual Teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna, Bandung: Penerbit MLC.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Edisi Ketiga.

Muhaimin, dkk. (2004). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi dan A.G. Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: UMPRESS.

Nurhadi, dkk. (2002). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang.

Poerwakatja, Soegarda. (1982). Ensiklopedia Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung.

Rochiati Wiriaatmadja. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. (2006). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Sumiati dan Asra. 2(008). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Surakhmad, Winarno. (1998). Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Wahidmurni (2008). Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktik, Malang: UM Press.

Zuhairini dan Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Malang: UM Press.

Published
14-02-2020
How to Cite
Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 48-59. https://doi.org/10.58230/27454312.11