Keefektifan Penggunaan Media Poster Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 430 Pandoso Kabupaten Luwu

  • Rahmatiah Rahmatiah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: media poster, kemampuan menulis, karangan narasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media poster terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 430 Pandoso Desa Padanglambe Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Pre-Experimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design yaitu pada desain ini terdapat pretest sebelum diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 430 Pandoso Desa Padanglambe Kecamatan Suli Kabupaten Luwu, berjumlah 28 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel total yaitu populasi sekaligus menjadi sampel sebanyak 28 orang dari laki-laki 16 orang dan perempuan 12 orang. Data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi.Hasil analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25 memperlihatkan bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan media poster (pretest) lebih tinggi yaitu 78,89 dibandingkan nilai rata-rata siswa yang diajar tanpa menggunakan media poster (posttest) yaitu 70,50. Adapun persentase aktivitas siswa pada saat pretest sebanyak 68 % sedangkan pada saat posttest sebanyak 89,2 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada saat posttest aktivitas siswa lebih aktif saat proses pembelajaran. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test diperoleh thitung = 11,922, df = 27, dan berdasarkan tabel distribusi diperoleh ttabel = 2,05183. Berdasarkan hasil yang diperoleh Karena thitung  ttabel (thitung = 11,922  ttabel = 2,05183), dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster efektif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 430 Pandoso Desa Padanglambe Kecamatan Suli Kabupaten Luwu.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anitah, S. (2014). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Dalman, (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Firman, F., Mirnawati, M., Hisbullah, H., Usman, U., Ramadhana, M. A., & Harianto, E. (2021). How to Apply the Numbered Head Together Learning Model to Improve Indonesian Learning Outcomes of Middle School Students. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 59-70.
Hambali (2017). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Awal. Makassar: Unismuh Makassar.
Indah, O. D., Suhardi, S., & Ramadhana, M. A. (2021). Pendampingan dan Praktek Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(1), 12-17.
Muclisoh (1996). Materi Pendidikan Bahasa Indonesia 3; 1-9; PPDG2430/5SKS. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.
Rahayu, M. (2017). Bahasa Indonesiadi Perguruan Tinggi. Grafindo.
Samad, M., & Maryati, Z. (2017). Media Pembelajaran. Makassar: Unismuh Makassar.
Solcha, T. W. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Syarif, E. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Published
31-08-2021
How to Cite
Rahmatiah, R. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Poster Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN 430 Pandoso Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 173-178. https://doi.org/10.58230/27454312.99