Implementasi Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Tunaganda di YPAC Surabaya

  • Amelia Rizky Idhartono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: pembelajaran seni tari, anak tunaganda, anak tunagrahita, cerebral palsy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran seni tari pada anak tunaganda di YPAC Surabaya. Penelitian ini didasarkan atas observasi di yayasan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunaganda yang memiliki dua ketunaan, yaitu tunagrahita dan cerebral palsy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni tari yang dilaksanakan di YPAC Surabaya. Dalam proses pelaksanaannya, peneliti melalui beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk uji keabsahan data digunakan triangulasi waktu. Peneliti juga menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam menganalisis data. Hasil dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan memberikan pembelajaran seni tari kepada anak dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan anak baik secara sosial emosi, motorik, maupun bahasa. Anak dapat tampil percaya diri, mampu bersosialisasi dengan orang lain dan mampu menyampaikan apa yang mereka inginkan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fitriani. (2015). Model Pembelajaran Seni Tari melalui Lesson Study: Studi Kasus di SDN Jawilan, Serang. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 126-138.
Hadi, S. (2007). Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Heriastuti, C. (2019). Pembelajaran Band pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul. Computers in Human Behavior.
M. Effendi. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Firman, F., Mirnawati, M., Hisbullah, H., Usman, U., Ramadhana, M. A., & Harianto, E. (2021). How to Apply the Numbered Head Together Learning Model to Improve Indonesian Learning Outcomes of Middle School Students. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 59-70. https://etdci.org/journal/jrip/article/view/30
Putri. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video untuk pada Pembelajaran IPS bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 318-328.
Soemantri, S. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sunardi, S. &. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas
Published
31-08-2021
How to Cite
Idhartono, A. R. (2021). Implementasi Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Tunaganda di YPAC Surabaya. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 165-172. https://doi.org/10.58230/27454312.98