Tradisi Tingkeban Sebagai Etnopedagogik Etnis Jawa

  • Jenny Eviana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nuriza Dora Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Keywords: Nilai Pendidikan, Nilai Sosial, Tingkeban

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tradisi tingkeban, nilai sosial dan nilai pendidikan pada tradisi tingkeban etnis Jawa di Dusun Bantan Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber data pada penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data primer yakni data yang peneliti dapatkan secara langsung dilapangan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan data sekunder peneliti dapatkan dari studi kepustakaan. Sampel pada penelitian ini memakai teknik purposive sampling dengan jumlah informan 10 orang yang terbagi menjadi 3 informan yaitu 2 informan utama, 5 informan kunci dan 3 informan pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi tingkeban masih kerap dilakukan oleh masyarakat etnis jawa di Dusun Bantan pada kehamilan anak pertama saja dan pada usia kandungan sudah 7 bulan dengan melaksanakan serangkaian prosesinya seperti, mandi air 7 sumur, pecah telur, belah kelapa, ganti jarik, kenduri dan jual rujak cendol. Selain itu dalam tradisi tingkeban terdapat dua nilai yang terkandung didalamnya yaitu nilai sosial dan pendidikan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa nilai sosial pada tradisi tingkeban masyarakat etnis Jawa adalah nilai sosial kasih sayang, nilai sosial tanggung jawab dan nilai sosial keserasian hidup. sedangkan nilai pendidikan pada tradisi tingkeban etnis Jawa di Dusun Bantan adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, bersahabat dan komunikatif, peduli sosial, tanggung jawab, dan cinta damai.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aisah, S. (2015). Nilai-Nilai Sosial yang Terkandung dalam Cerita Rakyat “Ence Sulaiman” pada Masyarakat Tomia. Jurnal Humanika, 3(15), 1689–1699.

Aisyah, S., Jaya, S. ., & Surastina. (2016). Nilai-Nilai Sosial Novel “Sordam” Karya Suhunan Situmorang. Quarterly Journal of Knowledge and Information Management, 1(1), 37–46.

Amelia. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif terhadap kemampuan Koneksi Mayematis Siswa. (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi Terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 996–998. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6il.2294

Bratawidjaja, T. W. (1988). Upacara Tradisional Masyarakat Jawa. Jakarta: Pusat Sinar Harapan.

Falaq, Y. (2023). Nilai-nilai sosial tradisi Gusjigang sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. 10(01), 57–68.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. In ALFABETA, Bandung.

Janah, M., & Rivauzi, A. (2022). Tradisi Tingkeban Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Nagari Persiapan Limau Puruik Kecamatan Kinali. Islamika Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 541–557.

Khaerani, Alfiandra, & Faisal, E. El. (2019). Analisis Nilai-Nilai Dalam Tradisi Tingkeban Pada Masyarakat Jawa Di Desa Cendana Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 64–82.

Putri, T. S., & Agustiningsih, D. D. W. I. (2021). Karya Tere Liye Dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Apresiasi Sastra Siswa Sma. 1(1), 65–74.

Rofiq, A. (2019). Tradisi Slametan Dalam Perspektif Islam. 15(2), 93–107.

Sarbaini, W. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Tradisi Tingkeban Budaya Masyarakat Suku Jawa Ditinjau Dari Perspektif Filosofis. Journal of Education and Social Analysis, Vol 2 No 4, 77–88.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3 ed.). Alfabeta.

Susanti, E. (2015). Komunikasi Ritual Tradisi Tujuh Bulanan (Studi Etnografi Komunikasi Bagi Etnis Jawa Di Desa Pengarungan Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan). Jom FISIP, Vol 2 No 2, 1–12.

Wulandhari, R. S. (2021). Nilai Sosial dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata (Kajian Filsafat Prof. DR. Notonegoro. Bapala, 8(7), 10–19.

Published
03-08-2024
How to Cite
Jenny Eviana, & Nuriza Dora. (2024). Tradisi Tingkeban Sebagai Etnopedagogik Etnis Jawa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3157-3168. https://doi.org/10.58230/27454312.976