Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran IPS di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah

  • Shaidatul Akmal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Keywords: Strategi, Pembelajaran Aktif, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran IPS di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Ummul Qura Langkat. Strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar, serta untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep-konsep IPS yang diajarkan. Studi Kasus ini berawal dari proses pembelajaran yang dilakukan di kelas yang monoton sehingga membuat siswa bosan dan tidak aktif, rendahnya keaktifan belajar siswa di Kelas 4 MIS Ummul Qura Langkat. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran IPS Di Kelas 4 MIS Ummul Qura Langkat, penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain metode observasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yaitu berasal dari kepala sekolah guru dan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen penting, situs web, buku, dan sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, permainan peran, dan penugasan berbasis proyek, dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS. Selain itu, terlihat adanya peningkatan dalam pemahaman siswa terhadap materi IPS yang diajarkan. Kesimpulannya, strategi pembelajaran aktif efektif diterapkan dalam konteks pembelajaran IPS di kelas 4 MIS Ummul Qura Langkat. Implikasi penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dan sekolah dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS maupun mata pelajaran lainnya di tingkat yang lebih tinggi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Afandi, M., & Dkk. (2021). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.

Asnandar, A. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Agama pada Sekolah Luar Biasa Negri Parepare. Urnal Al-Qolam, 19(2).

Dimyati, & Mudjiono. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2020). Belajar dan pembelajaran. Sulawesi selatan: CV. Kaaffah learning center.

Dwijayanti, E. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessonsuntuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas Xa di SMAN 8 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Fatmawati, & Anjasari, P. (2021). STIMULUS GURU DAN RESPON SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 1(2).

Frasandy, R. N. (2017). Pembelajaran Tematik Integratif ( Model Integrasi Mata Pelajaran Umum Sd / Mi Dengan Nilai Agama ). Elementary, Vol.5 No.2, 304–352.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Hasyim, A. (2020). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Media Akademi.

Isroyati, & Dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bertanya dengan Model Pembelajaran Question Student Have pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V MI Al-Hidayah Cipayung Kota Depok. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(2).

Mulyadi. (2015). Implementasi kebijakan. Jakarta: Balai Pustaka.

Munthe, B. (2019). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Putaka Insan Madani.

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Nata, A. (2014). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesi. Kencana.

Nawawi, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu.

Ngalimun, & Dkk. (2017). Strategi dan Model Pembelajaran. Sleman, Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ni Putu Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253.

Ningrum, E. (2013). Pengembangan strategi pembelajran. Bandung: CV. Putra Setia.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Prenadamedia group.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, G. (2014). Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta: Balai Pustaka.

Silberman. (2020). Pembelajaran Aktif: 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: PT Indeks.

Sudjana, N. (2019). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suriani, D. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lessons Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Pada Siswa Kelas IV SDN 006 Muda Setia Kecamatan Bandar Seikijang. Desi Suriani. Penerapan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Susanto, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Tim Penulis. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional. Gramedia Pustaka Utama.

Ulfa, M., & Saifuddin. (2018). TERAMPIL MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN. Suhuf, 30(1), 35–56.

Usman, N. (2013). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo.

Wahidmurni. (2016). Pengembangan Kurikulum IPS & Ekonomi di Sekolah/Madrasah. Malang: UIN Maliki Press.

Wahidmurni. (2019). Metodologi Pembelajaran IPS (Pengembangan Standar Pembelajaran IPS di Sekolah/Madrasah). Ar-Ruzz Media.

Wena, M. (2018). Strategi pembelajaran inovator kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, M. (2021). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.

Wiyani, N. A. (2014). Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zaini, H., & Dkk. (2015). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.

Published
01-08-2024
How to Cite
Shaidatul Akmal, & Eka Yusnaldi. (2024). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran IPS di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2995-3004. https://doi.org/10.58230/27454312.975