Pengaruh Penggunaan Media Counting Box Dalam Mengatasi Kesulitan Memahami Konsep Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas Rendah

  • Vira Dwi Nanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Operasi hitung perkalian, Kotak Berhitung, Matematika

Abstract

Tingkat pemahaman matematika siswa di SD IT Al-Hijrah 2 menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini. Hal itu disebabkan ketidakmampuan siswa dalam menguasai setiap indikator yang terdapat pada pemahaman konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman operasi hitung matematika dari indikator-indikator pemahaman konsep matematika dengan menggunakan media  counting box pada siswa kelas III sekolah dasar. Peneliian ini menggunakan peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 60 siswa kelas III SD IT Al-hijrah 2. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling untuk menenmukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan datan yang digunakan berupa lembar tes yang diberikan kepada siswa dan disertai dokumentasi. Berdasarkan hasil pergitungan uji statistik antara variabel penggunaan media counting box terhadap pemahaman operasi hitung perkalian siswa diperoleh nilai thitung didapat sebesar 11.771 sedangkn nilai ttabel dengan df 44 pada taraf signifikan 1,68023 dan nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari nilai alpa 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian, dapat dipahami bahwa terdapat adanya pengaruh yang sangat signifikan terhadap pengaruh penggunaan media counting box dalam mengatasi kesulitan memahami operasi hitung perkalian matematikan kelas rendah siswa kelas III SD IT Al-Hijrah Kecamatan Percut Sei Tuan tahun ajaran 2023/2024. Hal ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan yang tinggi dikarenakan siswa sudah memahami materi operasi hitung perkalian melalui treatment berupa alat peraga berhitung counting box.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adisel, Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022). Komponen-Komponen Pembelajaran dalam Kurikulu 2013 pada Mata Pelajaran IPS. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5(1), 298–304. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(3), 4173–4181. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Ardian, N., Hutasuhut, M. A., & Rohani. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation dalam Pembelajaran Biologi Kelas XI Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1098–1107. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/bioscientist

Banat, A., Febrianti, M., Martiani, Juwita, & Gustini. (2022). Pendampingan Penggunaan Teknologi Media dan Internet Bagi Pengurus Bumdes Teratai Indah Desa Nanti Agung Ilir Talo Kabupaten Seluma. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(1), 33–36.

Diah, R., & Siregar, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1033–1042.

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Khoirinisah, D. (2023). Pegaruh Kotak Berhitung “Menghitung Telur” terhadap Tingkat Pemahaman Materi Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas I. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 2957–2967.

Jamora, A. G. N. (2019). Pendidikan Anak Berwawasan Lingkungan Persfektif Islam. Jurnal Basicedu, 1(1), 33–45.

Khaesarani, I. R., & Maysarah, S. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa Kelompok atas dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal Prima dan Ideal Maksimal. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 4(September), 108–120.

Ningrum, P. P., & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pad a Mata Pelajaran IPS Dı Kelas V I Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–261. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363

Nur Kamalia, L. siregar, Antika, J., & Rustam. (2023). Kesulitan Siswa Kelas 3 Dalam Pemecahan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Datar Di Sekolah MIN 9 Medan. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(5), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/pendekar.v1i5.403

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Muhammad Ari Syahrial. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Menciptakan Pemelajaran Aktif di Kelas. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07(1), 514–522.

Pratiwi, A., & Yusnaldi, E. (2022). Analisis Pengaruh Game Online terhadap Kegiatan Sosial dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4524–4530. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29–32.

Sukma, E., Yahfizham, & Andhany, E. (2022). Pengaruh Metode BCCT dan Brainstorming terhadap Kemampuan Penalaran dan Berfikir Kreatif. RELEVAN : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(6), 768–772.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2020). Pembelajaran berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56.

Published
01-08-2024
How to Cite
Nanda, V. D., & Rora Rizky Wandini. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Counting Box Dalam Mengatasi Kesulitan Memahami Konsep Operasi Hitung Perkalian Matematika Kelas Rendah . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2977-2986. https://doi.org/10.58230/27454312.972