Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Berbasis Komputer Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas

  • Akbar Tanjung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Yahfizham Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Keywords: Berbasis Komputer, Kinerj Guru, Strategi Manajemen

Abstract

Penggunaan media komputer dalam pengelolaan pembelajaran sebagai penilaian kinerja guru merupakan sebagai efektivitas terhadap peningkatan pembelajaran yang lebih bermutu dalam sistem pendidikan yang dilaksanakan. Peningkatan kinerja guru dengan pemanfaatan media komputer begitu penting diterapkan dalam proses pembelajaran, hal ini tidak hanya bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan dan alat/media yang digunakan sebagai pendukung pembelajaran, namun juga sebagai bentuk pengaplikasian media pembelajaran yang lebih kompeten. Peningkatan ini tidak dapat lepas dari strategi manajemen kepala sekolah dalam mencapai kinerja guru berbasis komputer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; penerapan strategi manajemen kepala madrasah dalam mengembangkan kinerja guru dengan memanfaatkan teknologi komputer di MAN 3 Padang Lawas, kepala madrasah mengevaluasi strategi kepemimpinan yang dilaksanakan dalam mengembangkan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas, dan faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen kepala madrasah dalam mengembangkan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan alat bantu software NVivo 14. Teknik dalam uji keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari tiga metode, yaitu triangulasi sumber, metode dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Penerapan strategi manajemen kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas adalah strategi manajemen mencakup kepada diskusi (musyawarah), kerjasama dengan guru, komite dan orang tua serta lembaga lain, pengembangan kinerja guru, dan peningkatan kualitas kinerja guru bebasis komputerisasi. Langkah paling dominan adalah peningkatan kualitas kinerja guru dengan melakukan pelatihan kinerja guru-guru berbasis komputer. Kepala mengevaluasi strategi kepemimpinan dilaksanakan dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas mencakup kepada observasi kinerja guru di dalam kelas, pembinaan kinerja guru dan tindak lanjut yang dilaksanakan secara maksimal. Pada program ini terlihat jelas bahwa tindak lanjut pada program evaluasi menjadi langkah konkret kepala MAN 3 Padang Lawas dalam meningkatkan kinerja guru berbasis komputer dalam penerapan strategi manajemennya.  Faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru berbasis komputer di MAN 3 Padang Lawas yaitu faktor pendukung mencakup kepada keterbukaan, kolaboratif, dan hubungan eksternal. Faktor penghambat yang terlihat adalah kemampuan pengelolaan tenaga pendidik, kompetensi tenaga pendidik yang kurang, dan sarana prasarana. Faktor pendukung memiliki nilai postif terhadap strategi manajemen kepala dalam meningkatkan kinerja guru.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adawiah, D. R., Mu’izzuddin, M., & Febriani, I. S. (2023). Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Guru di SMAIT Bait Et-Tauhied Dalam Perspektif Al-Qur ’an. BenchmarkingL Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(02), 44–56.

Ahadiat, A. (2010). Manajemen Strategik: Tinjauan Teoritikal Multiperspektif. Pusat Penerbitan Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Amin, M. B. (2019). TIK & Aplikasi Komputer Manajemen Pendidikan Islam (Mulyadi (ed.)). IAIAN Madura Press.

An’ars, M. G., Damayanti, & Kurniawan, A. (2022). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Key Performance Indicator (KPI) dalam Mengukur Kinerja Guru. JDMSI: Jurnal Data Mining Dan Sistem Informasi, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.33365/jdmsi.v3i1.1940

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918

Anhar. (2021). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Skripsi dan Tesis. Kencana.

Arif, K. M. (2021). Strategi Membangun Sdm Yang Kompetitif, Berkarakter Dan Unggul Menghadapi Era Disrupsi. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v4i1.1300

Ariyanti, Y. (2020). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 26–35. https://doi.org/10.31942/akses.v14i1.3265

Armada. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningatkan Kemampuan Guru dengan Menggunakan Media Pembelajaran di SD Bukit Mulie. JJP: Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 411–422. https://doi.org/https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.593

Arrosit, A. M. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Di Ma Maarif Al-Falah Ngrayun Ponorogo). Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Ashlan, S., & Akmaluddin. (2021a). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Penerbit Yayasan Barcode.

Ashlan, S., & Akmaluddin. (2021b). Manajemen Kinerja Guru: Melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yayasan Barcode.

Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas (A. Suriansyah (ed.)). PT. Rajagrafindo Persada.

Astagini, R. A., Nadifah, N. I., & Luwihta, A. D. (2022). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Komptensi Guru. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 32–43. https://doi.org/https://doi.org/10.37348/aksi.v1i1.198

Budiana, I. (2021). Menjadi guru profesional di era digital. JIEBAR: Journal of Islamic Education Basic and Aplied Research, 02(3), 144–161. https://doi.org/10.33853/jiebar.v2i2

D, H., & Julkifli. (2021). Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dan Supervisor Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 10(2), 38–45.

Das, W. H., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.

Devi, B., Khandelwal, B., & Das, M. (2017). Application of Bandura’s Social Cognitive Theory in the Technology Enhanced, Blended Learning Environment. 3(1), 721–724.

Devita, D. M. (2016). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di Mts. Negeri Meranti Kabupaten Asahan. Universitas islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., & Hakiki, U. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukasi Nonformal, 3(1), 149–158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4009/1491

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru. Kementerian Pendidikan Nasional.

Diwyarthi, N. D. M. S., Maftuhah, R., Husaini, M., & Nelliraharti. (2022). Teori Psikologi Industri dan Manajemen Sumber Daya Manusia (A. Jibril (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Djunaid, A., Iqbal, M., & Nasution, A. H. (2023). Manajemen Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi MIN 1 Kolaka dan MI Nurul Iman Pomalaa). JKS: Jurnal Kolaboratif Sains, 6(5), 415–424. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS

Fahmi, M. I., & Sutrisno. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Di Madrasah Diniyah. Ats-Tsaqofi: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 5(2), 21–29.

Fahrudin, Ansari, & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah1, 18(1), 64–80.

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(9), 1359. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059

Fatmawati, I. (2021). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 01(01), 20–29. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i1.732

Fauzi, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Principal Leadership Management. JIEM: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 178–185. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jiem

Fauzi, M. I. F. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Al-Rabwab, XIV(2), 90–115. https://doi.org/https://doi.org/10.55799/jalr.v14i02.46

Fauzia Agustini. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia. UISU Press.

Fearnley, M. R., & Amora, J. (2020). Learning Management System Adoption in Higher Education Using the Extended Technology Acceptance Model. IAFOR: Journal of Education-Technology in Education, 8(2), 89–106.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.); Issue Maret). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Fitriawan, R., Nadriati, S., & Muharmi, Y. (2021). Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Berbasis Web di SMP Negeri 3 Kempas. Jurnal Pustaka AI: Pusat Akses Kajian Teknologi Artificial Intelligence, 1(1), 7–13.

Fuad. (2021). Perencanaan Strategis Dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia. Jurmanis Baja: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Baja, 2(02), 104–105. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/1208

Guntoro. (2020). Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada.

Hafiza, K. (2019). Manajerial Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Stabat dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Handayani, E., Lian, B., & Rohana, R. (2021). Kinerja Guru Ditinjau Dari Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah. JMKSP: Urnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3981

Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764

Hapsari, A. T. (2023). Implementasi Metode Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution (Topsis) Dalam Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Guru. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro Dan Informatika, 2(4), 76–83. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jtmei.v2i4.2960

Hartinah, S., Arbaini, W., Asril, & Hamengkubuwono. (2020). Kepala Sekolah Sebagai Motivator: Upaya Meningkatkan Kinerja Guru di MTs N 01 Kepahiang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(02), 5–24. https://doi.org/10.30868/im.v3i02.839

Huda, M. (2022). Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Iqbal, M. (2020). Kepemimpinan Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Tebing Tinggi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Jaya, N., Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi, Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393

Juhji, J., Syafe’, Z., & Gunawan, A. (2020). Kepemimpinan: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 172–186. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/219

Kemendikbud, T. P. P. B. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Kusumadewi, S. D., Puspitaloka, D., Juniyanti, L., Rahman, M. M., Purnomo, H., Tarigan, C. S. D., & Siregar, I. Z. (2024). Modul Aplikasi Analisis Jaringan Sosial dan Analisis Data Kualitatif 2023: NVivo, Kumu, Ucinet dan NetDraw. Cifor.

Lumbangaol, S. K., Nababan, E. B., & Lydia, M. S. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Selama Pembelajaran Daring menggunakan Metode Vikor. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 1153–1158. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3798

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. In M. Choiroel Anwar (Ed.), Penerbit Zifatama Publisher. Zifatama Publisher.

Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator dalam Peningkatan Kompotensi Guru. DAWUH: Islamic Communication Journal, 1(3), 76–81. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/138

Maryani, D., Cholidah, N., Retno, A. C., & Murtiyasa, B. (2024). Principal ’ s Leadership of School in Empowering Computer-Based Teachers at SD Surakarta. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 9(1), 514–527.

Mayasari, A., Supriani, Y., & Arifudin, O. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.277

Menzli, L. J., Smirani, L. K., Boulahia, J. A., & Hadjouni, M. (2022). Investigation of open educational resources adoption in higher education using Rogers’ diffusion of innovation theory. Heliyon, 8(7), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09885

Muflikha, & Haryanto, B. (2020). Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 309–323.

Mundir. (2022). Tekbologi Pendidikan: Suatu Pengantar. Edulitera.

Muslimin. (2020). Program Penilaian Kinerja Guru dan Uji Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 197–204. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4384

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101–106. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina (ed.)). CV. Haffa Creative.

Natania, Wahira, & Mus, S. (2023). Kompetensi Profesional Guru Pada Aspek Penguasaan TIK di SMAN 11 Luwu Timur. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, X(X), 1–9. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32786

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamial Learning Center.

Prasetyo, M. A. M. (2022). Pesantren Efektif: Studi Gaya Kepemimpinan Partisipatif. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.159

Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042

Prasinta, D. J., Jarkawi, & Kase, E. B. S. (2023). Strategi Kepemimpinan (E. Suncaka (ed.)). Sulur Pustaka.

Priyambodo, P. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. 2(1), 34–58.

Priyatni, E. T., Suryani, A. W., Fachrunnisa, R., Supriyanto, A., & Zakaria, I. (2020). Pemanfaatan NVivo Dalam Penelitian Kualitatif: NVivo Untuk Kajian Pustaka, Analisis Data dan Triangulasi. Pusat Pendidikan LP2M Universitas Malang.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Senjaya, P., Hadi, A. H., & Andriyani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan Keterlibatan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai Mediator. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 50–63.

Rachman, P. (2020). Implementasi Plan-Do-Check-Act (Pdca) Berbasis Key Performance Indicators (Kpi): Studi Kasus Di Smp-Sma Integral Ar-Rohmah Dau Malang. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 14–27. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.981

Rahayu, S., & Sindar, A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.54082/jiki.28

Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.

Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 165–180. https://doi.org/10.35457/konstruk.v16i1.3451

Rumengan, J. M., Kaawoan, J. E., & Sumampow, I. (2022). Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Utara dalam Pendidikan Wawasan Kebangsaan pada Generasi Muda dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal Governance, 2(1), 1–11.

Rusmadi, R. (2020). Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya. IAIN Palangkaraya.

Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239–248. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740

Salsabila, U. H., Ramandhani, D. M., Ayunissa, R., Qurrata’ayun, A., & Sadiah, H. (2023). Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Merdeka Belajar. Al-Afkar: Journal For Islamic Studies, 6(1), 260–270. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.512

Seran, C. G., Laloma, A., & Londa, V. Y. (2021). Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid -19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(99), 1–11.

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Sidik, A., & Mulya, B. W. (2012). Pendekatan Analisis Data Menggunakan NVivo-software untuk Penelitian Desain Logo Museum Nasional Jakarta. Nirmana, 13(1), 2–5. https://doi.org/10.9744/nirmana.13.1.1-4

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidin (ed.); Vol. 53). CV. Nata Karya.

Silviani, A., Rahman, A., & Asy’ari, H. (2022). The Principal’s Strategy for Improving the Professionalism of Public Madrasah Aliyah School Teachers. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 233–244. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.6743

Siregar, W., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Manajemen Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3867–3874. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2766

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415

Sudaryati. (2020). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Digital (Daring) Melalui Supervisi Klinis Di SD Negeri Geritan Kecamatan Pati Kabupaten Pati Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 156–191. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar

Sudjiman, P. E. S., & Sudjiman, L. S. (2018). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan. Jurnal TeIKa, 8(2), 55–67. https://doi.org/https://doi.org/10.36342/teika.v8i2.2327

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April). Penerbit Alfabeta.

Sugiyanto, E. (2016). Pengendalian Dalam Organisasi. LPU-Unas.

Supartilah, & Pardimin. (2021). Peran Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4 . 0 dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. MMP: Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 138–149.

Suryadi, I., Wisnu Prio Pamungkas, R., Satriyawan Wahyudi, F., & Setiawan Wibowo, T. (2023). Peran Kepemimpinan Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan. Banjarese: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(2), 129–145. https://doi.org/https://doi.org/10.62504/n7ww8a59

Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio, 7(4), 2036–2043. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1250

Syafaruddin, & Erawadi. (2020). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam: Praktik Terbaik Manajemen dan Kepemimpinan di Lembaga Pendidikan Islam Zaman Baru. Perdana Publishing.

Syahputra, Dwi, R., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Markeju: Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 51–56.

Syaifi, M. (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA N 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. IAIN Palangkaraya.

Tanjung, A. A. R., Wijaya, C., & Zein, A. (2020). Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru Di Mts Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.47006/er.v4i1.8111

Tsauri, S. (2013). MSDM: Manajemen Sumber Daya Manusia. STAIN Jember Press.

Tsauri, S. (2014). Manajemen Kinerja: Performance Management. STAIN Jember Press.

Ulandari, W., & Santaria, R. (2020). Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Pendidikan Dan Pelatihan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1412

Uzuegbu, C. P., & Nnadozie, C. O. (2015). Henry Fayol’s 14 Principles of Management: Implications for Libraries and Information Centres. JISTaP: Journal of Information Science Theory and Practice, 3(2), 58–72. https://doi.org/10.1633/jistap.2015.3.2.5

Wardhana, A., Sari, A. P., Limgiani, Gunaisah, E., Suroso, Muhksin, M., Yanti, N., Siagian, A. O., Herawati, M., Sattar, Rinda, R. T., Harto, B., Fardiansyah, H., Hasmin, & Saluy, A. B. (2023). Manajemen Kinerja: Konsep, Teori, dan Penerapannya (Hartini (ed.)). CV. Media Sains Indonesia.

Wijaya, C., & Hidayat, R. (2022). Manajemen Kinerja: Pengelolaan, Pengukuran & Implementasi di Lembaga Pendidikan. CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Wijaya, C., Suhardi, & Amiruddin. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru (N. S. Chaniago (ed.)). UMSU Press.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yuliana, L. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif. UNY Press.

Yuliarti, N., & Sasongko, R. N. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru. Jurnal Manajer Pendidikan, 17(1), 45–50.

Yusutria, Hopid, A., Febriana, R., Amalia, N., Kohlifah, Urbaningrum, S. M., & Abid, D. F. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah (Yusutria (ed.)). Jivaloka Mahacipta.

Published
02-08-2024
How to Cite
Akbar Tanjung, Mesiono, & Yahfizham. (2024). Strategi Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Berbasis Komputer Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Padang Lawas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3143-3156. https://doi.org/10.58230/27454312.966