Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Sekolah Dasar

  • Sri Agustina Sibuea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Lailatun Nur Kamalia Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Keywords: Bilangan Bulat, Open-Ended, Penalaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat penalaran siswa dalam materi Bilangan Bulat sebelum dan sesudah menggunakan Pendekatan Open-Ended di kelas V SD Negeri 060877. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain control group PreTest Post-Test design. Hasil penelitian di kelas Eksperimen, Pre-Test sebanyak 64,28% siswa lulus KKN dan 35,72% tidak lulus. Setelah melakukan Pendekatan Open – Ended dan menggunakan media POBIBUL (Papan Operasi Bilangan Bulat) hasil Post-Test Penalaran Siswa Meningkat menjadi, 92,86% lulus KKM dan 7,14% tidak lulus. Sedangkan di Kelas Kontrol awalnya pada Pre-Test sebanyak 50% siswa lulus KKM dan 50% tidak lulus KKM, setelah melakukan Post-Test menjadi 71,43% Lulus KKM dan 28,57% tidak lulus KKM. dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan Penalaran Matematis yang dihasilkan dengan pendekatan Open–Ended lebih baik daripada kemampuan Pemahaman konsep siswa yang dipelajarkan dengan pembelajaran non Open–Ended.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Gani Jamora Nasution, A. A. H. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas 4 Miss Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. XII(1), 65–87.

Albina, M., Aziz, M., Sumatera, U. I. N., & Medan, U. (2021). Hakikat Manusia dalam Al-Quran dan Filsafat Pendidikan Islam. 731–746. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2414

Arida, S. F., & Ikhsan, M. F. (2023). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas v sekolah dasar di desa sukolilo pati terhadap pengerjaan soal berbasis pembuktian. Jurnal Enggang, 3(2), 124–131.

Arlina, A., Nasution, A. H., & A’yuni, N. (2023). A Model Of Cultivating Morality In Fikih Learning Strategies Course. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 385–396. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3999

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, 1, 130.

Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1–7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Fitriawan, D., Siregar, N., Bs, D. A., & Sulistyowati, E. (2023). Pemanfaatan Google Slide Dalam Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning (Scl) Pada Mahasiswa. SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 12–25.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Inayah, A., Wandini, R. R., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Miskonsepsi Pemahaman Materi Bangun Datar dengan Penerapan Teori Polya di PGMI - 3 UIN Sumatera Utara. 1(11), 843–847.

Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384.

Nasution, N. S., Jannah, M., Ramadani, N., Sazkia, N., & Hasibuan, S. (2024). Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Perencanaan Pembelajaran di SD IT An-Najah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara vital dalam mencapai tujuan pendidikan ( Widiyanto , 2020 ). Perencanaan pembelajaran yang profesionalisme guru . Hasil analisis. 2(1).

Nurdin, Z. D. C. N. D. Y. (2020). Pengaruh metode bercerita multimedia terhadap nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK IT AlFikri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 412–421.

Pane, I. P. P. (2019). Efektivitas pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa di MAN Tapanuli Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(2), 22–28. http://journal.ipts.ac.id/index.php/

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Sari, D. P., Triyogo, A., & Febriandi, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sd Negeri Sukakarya. Jurnal Ilmiah Aquinas, 1, 224–231. http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/1672%0Ahttp://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/article/view/1672/1592

Sarumaha, M., Harefa, D., Ziraluo, Y. P. B., Fau, A., Venty Fau, Y. T., Bago, A. S., Telambanua, T., Hulu, F., Telaumbanua, K., Lase, I. P. S., Laia, B., Ndraha, L. D. M., & Novialdi, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2045. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2045-2052.2022

Shelton, A. O., Ramón-Laca, A., Wells, A., Clemons, J., Chu, D., Feist, B. E., Kelly, R. P., Parker-Stetter, S. L., Thomas, R., Nichols, K. M., & Park, L. (2022). Environmental DNA provides quantitative estimates of Pacific hake abundance and distribution in the open ocean. Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, 289(1971). https://doi.org/10.1098/rspb.2021.2613

Siregar, I. K., Haq, S., Ritonga, N., Nst, M. I., Komputer, S., Tinggi, S., Informatika, M., Royal, K., Arab, P. B., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2021). PENYULUHAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT SANTRI / WATI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN PENDAHULUAN Sebelum adanya pembaruan sistem pendidikan , baik oleh kolonial Belanda maupun kaum modernis saat ini , ada beberapa Lembaga Pendidikan yang masih tetap . 4(1).

Siregar, S. F., Mardianto, M., & Ahkas, A. W. (2020). Extracurricular Implementation of Islamic Education in Character Building Students in MTs EX PGA UNIVA Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(2), 965–973. https://doi.org/10.33258/birle.v3i2.1013

Sri Ramadhani, A. S. (2023). PENGARUH KONSELING ISLAMI TERHADAP PENINGKATAN RELIGIOSITAS SISWA Sri Rahmadhani, Alfin Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. 1–12.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Suryani, R., & Antosa, Z. (2019). THE INFLUENCE OF APPLICATION OF OPEN ENDED APPROACH TO STUDENT LEARNING OUTCOMES OF CLASS V SD NEGERI 136 PEKANBARU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 136 PEKANBARU. 5, 1–14.

Trisnawati, T. (2019). Pengaruh Pendekatan Open Ended dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA. Journal of Mathematics Learning, 2(1), 45.

Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10993

Published
30-07-2024
How to Cite
Sri Agustina Sibuea, & Lailatun Nur Kamalia Siregar. (2024). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Kelas V Sekolah Dasar . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2963-2976. https://doi.org/10.58230/27454312.965