Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

  • Anis Salsabila Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari
Keywords: Implementasi, Student Centered Learning

Abstract

Student Centered Learning (SCL) merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan metode pengajaran yang berfokus pada penciptaan hubungan dengan minat siswa dan hal-hal yang mereka pelajari di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi student centered classroom dalam meningkatkan prestasi siswa MTsN 1 Bondowoso. Metode penelitian   yang   digunakan   adalah   kualitatif   deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi selama 1 bulan di MTsN 1 Bondowoso. Subjek penelitian adalah adalah siswa MTsN 1 Bondowoso dipilih menggunakan konsep student centered classroom, Hasil penelitian ini adalah guru mampu menggerakan kemandirian siswa dengan pengelolaan kelas yang asyik dan menyenangkan, guru guru hanya menjadi pengarah dan memberikan saran jika ada siswa yang keluar dari prinsip-prinsip mata pelajaran yang sudah di sepakati guru disini akan berperan sebagai pendamping atau fasilitator untuk siswanya pada saat pembelajaran. 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anam, K., Raden Sudarwo, & Gunawan Wiradharma. (2020). Sistem Pendidikan Jarak Jauh Berbasis e-Learning Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika I: Studi Kasus di Universitas Terbuka. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 388–395. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.276

Enoh, M. (2004). Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 1–14.

Febriyana, M., & Winarti. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal EduTech, 7(2), 231–235.

Handoko, Yudo, Hansein Arif Wijaya, dan A. L. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=G_HvEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+kualitatif&ots=AlrvgheTIy&sig=LzfZtC76sb7AbopmtOaUEqmsITM

Ilmiah Nurlaili, G. F. (2023). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 [UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30035

Loveless, B. (2023). Developing a Student-Centered Classroom. https://www.educationcorner.com/developing-a-student-centered-classroom/.

Ma’rifah, H. (2023). THE USE OF ENGLISH SONGS TO MEMORIZE ENGLISH VOCABULARY AT THE SEVENTH GRADE STUDENTS OF MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BONDOWOSO [UIN KIAI HAJI ACMAD SIDDIQ JEMBER]. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30137

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141.

Naway, F. A. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran. In Ideas Publishing.

Rohmah, A. N., Sari, I. J., Rohmah, N. L., Syafira, R., Fitriana, F., & Admoko, S. (2023). Implementation of the “Merdeka Belajar” Curriculum in the Industrial 4.0 Era. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.58706/ijorce.v1n1.p22-28

Sabaruddin. (2022). Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347

Saputra, B. H., Lihawa, W., Chairofta, A., Arman, A., & Yudi, Y. (2023). Implementasi Program Kampanye Hemat Energi pada Aspek Efisiensi Energi PROPER Beyond Compliance. SWAGATI : Journal of Community Service, 1(2), 81–86. https://doi.org/10.24076/swagati.2023v1i2.1129

Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Jauhara Dian Nurul Iffah, Asri Widiatsih, Edy Setiyo Utomo, Ifdlolul Maghfur, dan M. S. S. (2022). Metode penelitian kualitatif. unisma press.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Wakijo, W., & Suprihatin, S. (2016). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 43–49. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.637

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Pendahuluan Madrasah Ibtidaiyah / Sekolah Dasar di Indonesia adalah jenjang paling. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 41–60.

Published
31-08-2024
How to Cite
Anis Salsabila. (2024). Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4057-4066. https://doi.org/10.58230/27454312.958