Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul

  • Purwoto UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Giyoto UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Islah Universitas Raden Mas Said Surakarta
Keywords: manajemen, peserta didik, madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penerimaan peserta didik baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi serta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif analitis dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penerimaan peserta didik baru  menunjukkan hasil yang positif.  Melalui perencanaan yang baik, pelaksanaan yang tertata dengan baik serta monitoring dan evaluasi yang berjalan optimal berdampak pada stabilnya jumah pendaftar. Faktor pendukung seperti sistem yang baik, kolaborasi tim serta jaringan alumni menjadi penting dalam menjada stabilitas pendaftar. Adapun faktor penghambat seperti persepsi negatif masyarakat, sarana yang terbatas, perubahan lingkungan serta pemberitaan negatif perlu dibackup agar segera teratasi dan tidak mempengaruhi animo pendaftar di MTs Al Jauhar

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adji G Rinepta. (2023, July 3). Sejumlah SMA Masih Kurang Murid di PPDB 2023, Ini Analisa Disdikpora DIY Baca artikel detikjateng, “Sejumlah SMA Masih Kurang Murid di PPDB 2023, Ini Analisa Disdikpora DIY” selengkapnya https://www.detik.com/jateng/jogja/d-6804066/sejumlah-sma-masih-kurang-murid-di-ppdb-2023-ini-analisa-disdikpora-diy. . DetikJateng.

Alwasilah AC. (2015). Pokoknya Studi Kasus Pendekatan Kualitatif (S. Amri, Ed.; 1st ed.). PT Kiblat Buku Utama.

Aziz D U M, N. M. A. U. A. (2023). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Prestasi di SMA Negeri 1 Parigi Kabupaten Pangandaran. JSTAF: Jurnal LPPM STITNU Al Farabi, 2(1), 44–54. https://doi.org/https://doi.org/10.62515/staf.v2i1.133

Badriyah S, S. S. (2024). Manajemen Penerimaan Siswa Baru MIN 7 Boyolali. Islamika, 6(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4150

Febri, H., & Wahyuni, I. (2024). Fungsi Pengawasan Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Dan Implikasinya Dalam Proses Penerimaan Peserta Didik Berbasis Zonasi Tingkat SMA Di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Jurnal Niara, 16(3), 581–589.

Fitri, E. Z., Muhammad, N., & Haq, S. (n.d.). MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 15 SURABAYA.

Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 59–66.

Habibah A, M. F. (2022). Strategi Humas dalam PSM SMA 5 Muh Yogyakarta. Edugama, 08(02), 2614. https://doi.org/10.32923/edugama.v812.2666

Haryata H. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 2 Girimulyo. JRPI: Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(8), 1070–1077. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5290

Istiqamah, N. F., Mus, S., & Irmawati, I. (2023). Pengelolaan Penerimaan Peserta Didik Baru Di Sekolah Dasar. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 84. https://doi.org/10.26858/edustudent.v2i2.38632

Junianto A & Kurniawan D. (2023, June 29). SMP di Gunungkidul Kekurangan Murid, Lebih dari 3.000 Kursi Tak Terisi. Harian Jogja.

Nurjaningsih, S. T., & Qonita, A. (n.d.). Jurnal Tata Kelola Pendidikan MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SISTEM ZONASI. https://ejournal.upi.edu/index.php/jtkp

Rachmawati, A. (2021). TREN ANGKA PARTISIPASI PENDIDIKAN SD DAN SMP DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 10(2), 62–73.

Siregar, I. (2020). Prospek Madrasah Swasta “Analisis Peran dan Fungsi Yayasan Pendidikan.” Edukasi, 18(3), 257–269.

Syafruddin S. (2021). Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di Dayah Modern Darul Ulum Banda Aceh. Jurnal Intelektualita Prodi MPI FTK UIN Ar Raniry, 10(1), 2013–2025. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/10667

Warmanto E, A. M. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Penerimaan Siswa Baru di Agam 2022. Jurnal Ilmu Pendidikan(JIP)STKIP Kusuma Negara, 14(2), 127–134. https://doi.org/http://doi.org/10.37640/jip/v14i2.1429

Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?id=GkP2DwAAQBAJ

Yuliana Y, H. E. W. A. (2022). Strategi Promosi Penerimaan Siswa Baru Di Raudhatul Athfal Perwanida 3. El-Idare:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 26–44. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Zachrofi S S, F. T. M. W. (2021). Strategi Manajemen Humas Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di MTsS Al Washliyah Simpang Marbau, Labuhan Batu Utara). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 276–283. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety

Published
12-08-2024
How to Cite
Purwoto, Giyoto, & Islah. (2024). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru di Madrasah Tsanawiyah Al Jauhar Gunungkidul. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3553-3564. https://doi.org/10.58230/27454312.956