Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Minat Baca Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Makassar

  • Ika Zulfika Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: kefektifan, model membaca total, minat siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa dengan menggunakan model membaca total. Pentingnya meningkatkan minat baca siswa agar siswa mampu melakukan aktivitas belajar dengan baik. Model membaca total diharapkan mampu untuk mengukur keefektifan minat membaca siswa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk keefektifan ketika menggunakan model membaca total dan tidak menggunakan model membaca total. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model membaca total terhadap minat baca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi experimental design atau ekperimen semu. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dengan sumber data yakni dalam melakukan penelitian, peneliti memberikan perhatian penuh terhadap perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen perlakukan yang dimaksud yaitu model membaca total. Data tersebut dikumpulkan dengan mengikuti prosedur: tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil analisis statistik inferensial dengan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil minat baca peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model membaca total dengan hasil minat baca peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran Discovery. Sehingga penarikan kesimpulannya sama dengan uji-t.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustina. (2008). Pelajaran Keterampilan Membaca. Padang: FBSS UNP.

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, A. (2015). Teori Belajar Bahasa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Chaer, A. (2009). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Djamarah, S.B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra Indonesia. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Fajri, Z., & Senja, R.A. (2010). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Aneka Ilmu Bekerja Sama Difa Publisher.

Febriana, N. (2014). Pengaruh Model Membaca Total Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V B SD N 1 Sumberagung Jetis Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Dasar: Universitas Negeri Jogjakarta. Vol. 2. (3): 13.

Fitriyani, D. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R). Jurnal Pesona, 3(1), 43-49.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosda karya.

Nurhadi. (2010). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Malang: Sinar Baru Algesindo.

Nuryanti, L. (2008). Psikologi Anak. Jakarta: PT. Indeks.

Oktaviyani, V. (2013). Keefektifan Metode Pembelajaran Cooperative Script dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahim, F. (2009). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahman, B. (2014). Kemitraan orang tua dengan sekolah dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(2), 129-138.

Sagala, A. A. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja Pada Peserta Didik Dalam PerspektifIlmu Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 1 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teoridan Aplikasi PAIKEM. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudiati, S., & Nurhidayah, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berdasarkan Strategi Plan (Predict, Locate, Add, Note) Untuk Siswa Kelas VII. LITERA, 16(1).114-128.

Suhana, C. (2014). Konsep Srategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Tarigan, H.G. (2013). Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Walgito, B. (2010). Pengantar Umum Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Waluyo, K.F. (2016). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus Erlangga. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Published
31-08-2021
How to Cite
Zulfika, I. (2021). Keefektifan Model Membaca Total Terhadap Minat Baca Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Makassar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 146-155. https://doi.org/10.58230/27454312.95