Pengaruh Model Hermeneutik Dilthey dan Minat Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Makna Autentik Pada Pembelajaran PPKN

  • Indah Wulan Sari Universitas Negeri Medan
  • Yakobus Ndona Universitas Negeri Medan
  • Adi Sutopo Universitas Negeri Medan
Keywords: Hermeneutik Dilthey, Minat Belajar, Makna Autentik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan model hermeneutik dilthey lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. (2) pengaruh minat belajar yang tinggi akan lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. (3) interaksi antara model hermeneutik dilthey dan minat belajar dalam mempengaruhi pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajaran 2023/2024 yaitu kelas VII-A dan Kelas VII- B dengan jumlah siswa 50 orang. Penelitian ini berjenis eksperimen semu (quasi experiment). Analisis data menggunakan bantuan program IBM SPSS Versi 25 for windows. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, test, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model hermeneutik dilthey lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn; (2) Terdapat pengaruh minat belajar yang tinggi akan lebih tinggi dibandingkan dengan minat belajar rendah terhadap pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn; (3) Terdapat interaksi antara model hermeneutik dilhey dan minat belajar dalam mempengaruhi pemahaman makna autentik pada pembelajaran PPKn.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ade, P. A. P., Gusti, A., & Jayantika, N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Deepublish.

Asmara, Y., & Firman, F. (2023). Implementasi Konsep Fenomenologi , Hermeneutika, Berpikir Kritis Dan Multikulturalisme Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 240–252. https://doi.org/10.31540/jpp.v17i2.2606

Halawa, E. E. (2023). KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENILAIAN AUTENTIK. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2).

Hamalik, O. (2017). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.

Hulu, F. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Education and Development, 9(2), 651–655.

Jaya, H. W., & Wanda, P. E. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Efata Serpong. Formosa Journal of Science and Technology, 1(6), 723–738. https://doi.org/10.55927/fjst.v1i6.1519

Maani, S. (2022). Pembelajaran Kooperatif Model Role Playing untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 266. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4834

Malik, A. (2016). Keefektifan Metode Hermeneutik Dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Konfiks : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 80. https://doi.org/10.26618/jk.v1i1.163

Muslih, M., Rahman, A., Al Manaanu, Y., & Aziz, A. (2021). Pengembangan Ilmu Sosial Model Fenomenologi dan Hermeneutika. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 7(1), 1–13. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Hermeneutika/article/view/10160

Nurlaisan, E. (2022). Studi Korelasi: Kompetensi Pedagogik Guru PPKN terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKN di SMP. Journal of Social Knowledge Education (JSKE), 3(4), 103–109. https://doi.org/10.37251/jske.v3i4.416

Pardede, D. L., Pardede, L., Siahaan, M., Parangin-angin, A., & Romauli Siahaan, R. D. (2023). Peran Guru dalam Meningkaatkan Minat Belajar Siswa menggunakan Metode Resitasi dan Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 37 Medan T.A 2021/2022. Journal on Education, 5(2), 2078–2080. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.852

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Sari, A. P. (2021). Pengaruh Penilaian Autentik Terhadap Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn SMP Negeri 1 Tulang Bawang Tengah. Universitas Lampung.

Sidik, H., & Sulistyana, I. P. (2021). Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(1), 19. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i1.6224

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sumardjoko, B. (2015). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKN Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jurnal VARIDIKA, 25(2). https://doi.org/10.23917/varidika.v25i2.726

Published
28-07-2024
How to Cite
Wulan Sari, I., Yakobus Ndona, & Adi Sutopo. (2024). Pengaruh Model Hermeneutik Dilthey dan Minat Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Makna Autentik Pada Pembelajaran PPKN. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2847-2858. https://doi.org/10.58230/27454312.943