Analisis Penyebab dan Strategi Untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

  • Reni Hartanti Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Endarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Aulia Kholifatul Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Wahyu Marpaung Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Fitria Hidayati Universitas W.R. Supratman
  • Kurniasari Universitas W.R. Supratman
Keywords: Miskonsepsi, IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Pemahaman konsep pada  pembelajaran IPA penting dimiliki untuk  menghindari adanya miskonsepsi, namun peserta didik sekolah dasar saat ini masih mengalami miskonsepsi tersebut. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis penyebebab miskonsepsi serta strategi untuk mereduksi miskonsespsi IPA di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Tujuan penelitian metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi, meninjau dan mengenali penelitian yang relavan sehingga mampu menjawab pertanyaan pada penelitian yang ditentukan. Hasil penelitian dari menganalisis ini bahwa masalah yang paling sering dihadapi adalah terjadinya miskonsepsi mahasiswa terhadap materi, konsep dalam pembelajaran yang cukup banyak, sumber berbahasa Indonesia yang minim, masih kurang mampu mengonstruksi pembelajaran IPA, serta guru belum memahami konsep IPA dengan baik, dan faktor internalnya adalah siswa kurang minat dan motivasi dalam pembelajaran sehingga terkesan kurang pemahaman. Strategi yang digunakan untuk mereduksi akibat miskonsepsi adalah menggunakan pembelajaran yang baru dan variatif utamanya menggunakan metode mindscaping karena dapat mengurangi miskonsepsi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustin Wulandari, Sumarno, & Joko Siswanto. (2022). Analisis Kemampuan Kognitif Dan Miskonsepsi Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa Materi Fotosintesis. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 19–26. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol3.iss2.45

Agustina, T., Hamdu, G., & Putri, A. R. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2024(4), 859–868. https://doi.org/10.5281/zenodo.10537272.

Andini, S. A., & Kurniawati, W. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Dan Penyebab Miskonsepsi Terhadap Materi Sifat-Sifat Cahaya Pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Natural Science Educational Research, 7(1), 14–19.

Anggraini, R. D., Ibrahim, M., Hidayat, T., & Rulyansah, A. (2023). Profil Konsepsi pada Konsep-Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8492–8495. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2636

Arif, M. badrus S., Dewi, N. D. L., Darmayanti, V., & Nurdianasari, N. (2024). Analisis Miskonsepsi Gaya Gesek pada Buku BSE Kelas 4 Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 8(1), 729–738. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7157

Arruum, N. L., & Desstya, A. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gaya dan Gerak Menggunakan Certainty of Respons Index ( CRI ) di Sekolah Dasar. 7, 34–48.

Ayuni, A., & Arif, S. (2023). Analisis Miskonsepsi Ditinjau dari Gaya Belajar dengan Certainty of Response Index. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(1), 69–82. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i1.837

Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 523–534. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4566

Danil, A. N., Hamdu, G., & Alia, D. (2023). Analisis Miskonsepsi Terhadap Materi Gaya Dan Gerak Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 65–75.

Dewi, N. P., Martini, & Purnomo, A. R. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Materi Sistem Pernapasan Manusia. Pendidikan Sains, 9(3), 422–428.

Dwilestari, D., & Desstya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi pada Materi Fotosintesis dengan Menggunakan Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3343–3350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2611

Fabilla, W., Wijayanti, A., & Cahyadi, F. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas Iv Pada Pembelajaran Ipa Melalui Metode Three Tier Test Di Sd Negeri Wonowoso 1 Demak. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(2), 129–142. https://doi.org/10.35706/judika.v11i2.8725

Fadhilah, A. N., Atmojo, I. R. W., & Saputri, D. Y. (2022). Analisis miskonsepsi materi ipa pada tema panas dan perpindahannya. Didaktika Dwija Indria, 10(2), 19–26. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i2.65019

Faisal, T. A., Hasanah, R. U., & ... (2024). Systematic Literatur Review (SLR): Analisis Problematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real. Student Scientific …, 2(3), 42–51. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/3129%0Ahttps://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/download/3129/2417

Febrianti, A. W., Hamdu, G., & Putri, A. R. (2023). Analisis Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Siswa Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 24–34.

Mubarok, N. N. (2023). Pengembangan Media Couple Card untuk Memperbaiki Miskonsepsi dalam IPA pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 11, 802. file:///C:/Users/62831/Desktop/7. PROPOSAL/7. DAFTAR RUJUKAN/53162-Article Text-107288-1-10-20230621.pdf

Nurfiyani, Y., Putra, M. J. A., & Hermita, N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SD Kelas V Pada Konsep Sifat-sifat Cahaya. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 77. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9303

Permatasari, K. G. (2021). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar Matematika Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Ilmiah Pedagogik, 16, 210–228.

Prastika, A. D. (2019). Miskonsepsi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Kelas V Di Sekolah Dasar. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 29–34. https://doi.org/10.30595/dinamika.v9i1.3857

Rohani. (2022). Penerapan Metode Mindscaping dalam Pembelajran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPN 16 Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 3(1), 335–342.

Rohmah, M. M., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2023). Analisis Miskonsepsi Pada Materi Pesawat Sederhana Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5741–5751.

Saputri, F. I. I., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rulyansah, A. (2023). Studi Tentang Konsep-Konsep IPA Dalam Buku Pelajaran Sekolah Dasar Yang Mengalami Miskonsepsi. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(4), 1035–1048.

Setyaputri, D. V. A., & Destya, A. (2022). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pernapasan Hewan Berbasis Peta Konsep pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3775–3782. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2692

Setyarini, R., & Admoko, S. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gelombang Bunyi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(3), 40–55. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n3.p40-55

Sinta, P. P., Nisa, A. F., Supadmiyati, & Himawanti, R. (2023). Analisis Miskonsepsi Ipa Sd Pada Materi Pencernaan Manusia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).

Sofianto, E. W. N., & Irawati, R. K. (2020). Efforts to mediate the concept of physics in temperature and heat matter. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2), 107–120.

Sri Rahmadani Pulu, & Abd. Haji Amahoru. (2023). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran IPA menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 478–486. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1039

Subayani, N. W., & Nugroho, A. S. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Mereduksi Miskonsepsi Sains Mahasiswa Calon Guru Sd. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(2), 143. https://doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.753

Surya, A. D., Tajqiyah, L., & Siswanto, J. (2023). Universitas PGRI Semarang , STKIP Nasional , Indonesia menghindari terjadinya miskonsepsi yang lebih jauh pada diri peserta didik SD maka dalam pembelajaran IPA dengan tepat dan benar . Diperlukan suatu upaya untuk. Journal Ilmiah Aquinas, 6(1), 60–67.

Trisnawati, E. (2019). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Dasar IPA Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI). Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 9(2), 210–228.

Tulljanah, R., & Amini, R. (2021). Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review. Jurnal Basicedu, 5(6), 5508–5519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1680

Wirastuti., F., & J. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V Upt Sd Negeri 226 Gresik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Pembelajaran Ipa. Jurnal PGSD, 11(7), 1566–1580.

Published
17-08-2024
How to Cite
Reni Hartanti, Sri Endarwati, Aulia Kholifatul Khasanah, Dian Wahyu Marpaung, Julianto, Fitria Hidayati, & Kurniasari. (2024). Analisis Penyebab dan Strategi Untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3657-3668. https://doi.org/10.58230/27454312.938