Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa di Madrasah Aliyah

  • Rabiatul Adawiyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yeny Nasril Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Surya Bakti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amsal Qori Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasan Asari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pendidikan Karakter, Madrasah

Abstract

Krisisnya moral peserta didik di jaman sekarang, dimana maraknya geng motor, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, pergaulan bebas, tawuran, dan lainnya, sehingga ini memicu untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam system pendidikan agar pendidikan karakter dapat diterapkan oleh peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk membentuk karakter peserta didik di MAN 1 Tanjung Morawa.  Adapun metodelogi penelitian  yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dimana peneliti dapat memperoleh pemahaman dan penafsiran mengenai fakta relevan agar dapat memahami pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu 1) karakter siswa di MAN 1 Deli Serdang menunjukkan bahwa siswa-siswa yang ramah dan sopan santun terlihat dari membantu peneliti untuk bertemu dan menunjukkan kantor kepala sekolah, dimana ada tiga karakter yang dominan ditanamkan di MAN 1 Deli Serdang yaitu membiasakan mengucapkan kata tolong, maaf, dan terimakasih, di tambah dengan 3S (senyum, sapa, salam). 2) Dalam bentuk pembinaan yang dilakukan yaitu dengan pembiasaan sholat berjamaah, adanya ekstrakulikuler seperti tilawah, KKD (khursus kader dakwah), dan kaligrafi. 3) kendala pembinaan karakter di MAN 1 Deli Serdang yaitu fasilitas kurang memadai seperti mushollah yang bisa menampung siswa yang banyak saat sholat, keadaan alam seperti hujan jadi saat sholat dilaksanakan di kelas secara bergantian, ada juga siswa yang masih melanggar peraturan sekolah. Namun, solusi yang dilakukan kepala sekolah dengan memanggil dan menasehati siswa yang melanggar aturan sekolah juga dengan memanggil orang tuanya.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dkk, Anwar Hafid, 2013. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfaberta.

Hamidi, 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Ihsan, Fuad. 2011. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Lickona, Thomas. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Majid, Abdul & Andayani, Dian. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep Dan Implementasi Kurikulum, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Rosyid, Nur. 2013. Pendidikan Karakter Wacana Dan Kepengaturan. Purwekorto: Obsesi Press.

Sahlan, Asmaun. 2012. Religiusitas Perguruan Tinggi (Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Islam). Malang: UIN MALIKI PRESS.

Sari, Anita & Sumiati, Ati. 2016. “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas X Akuntansi Di Smk Bina Pangudi Luhur Jakarta,” Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan 14, no. 2. h. 16–25, https://doi.org/10.21009/econosains.0142.02.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Suwartini, Sri. 2017. “Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan,” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An Vol. 4, no. 1.

Wiyani, Novan Ardy. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Taqwa. Yogyakarta: Teras.

Published
12-08-2024
How to Cite
Adawiyah, R., Yeny Nasril, Surya Bakti, Amsal Qori Dalimunthe, & Hasan Asari. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa di Madrasah Aliyah . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3429-3440. https://doi.org/10.58230/27454312.937